MotoGP Algarve 2021: Bagnaia Menang, Ducati Jawara Konstruktor

08/11/2021

Event - Promosi

4 menit

Share this post:
Meski Francesco Bagnaia tak mampu menjadi juara dunia MotoGP, ia berhasil mempersembahkan gelar juara konstruktor pada Ducati di seri balap MotoGP Algarve 2021.

Ducati kembali membuktikan bahwa motor besutan mereka adalah yang terbaik. Mereka mengamankan gelar juara konstruktor ketiga selama berlaga di MotoGP, sekaligus yang titel yang kedua secara berturut-turut.

Sang juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo tak mampu mempersembahkan gelar triple crown kepada Yamaha karena mengalami crash pada seri balap ini. Di sisi lain, Francesco Bagnaia kembali tampil cemerlang dengan finish di urutan pertama.

>>> MotoGP San Marino 2021: Francesco Bagnaia Menang Back to Back

Tampil Dominan Dari Awal Lomba

Francesco Bagnaia mengawali balapan dari pole position, meski begitu ia sempat kehilangan posisi terdepan. Namun, memasuki tikungan pertama Pecco bisa kembali mengambil alih posisi tersebut dari rekan setimnya, Jack Miller.

Gambar Francesco Bagnaia

Pecco Bagnaia kembali tampil dominan di Sirkuit Portimao

Sementara itu, Fabio Quartararo kembali melakukan start yang buruk di atas YZR-M1 dan harus turun ke posisi sembilan. Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar menjelma sebagai lawan berat bagi Bagnaia. Ia beberapa kali melancarkan tekanan pada beberapa lap awal.

Di lap ke-5, Mir bahkan mampu memangkas jarak dengan pemimpin lomba hingga 0,161 detik. Namun, motor yang ditunggangi oleh Mir nampaknya bukan lawan sepadan bagi Ducati karena Bagnaia berhasil memperlebar jarak setelah ia kembali mendapatkan pace-nya.

Memasuki pertengahan balapan, Mir sudah kesulitan untuk mengejar sang rider Ducati. Ia pun memilih untuk main aman dan mengamankan posisi kedua. Di saat yang sama, Alex Marquez mulai mengejar barisan pebalap terdepan dan membayangi Jack Miller di posisi ketiga.

Penampilan dominan Bagnaia membuat persaingan antara Miller dan Marquez menjadi tontonan yang lebih seru. Kedua pebalap memperlihatkan manuver-manuver agresif untuk melakukan overtaking untuk mendapatkan tempat di podium.

>>> Volkswagen Group Pertahankan Lamborghini dan Ducati

Gambar Fabio Quartararo

Sang juara dunia terjatuh dan harus memupus mimpi Triple Crown musim ini

Nasib sial dialami sang juara dunia MotoGP 2021, Quartararo, yang terjatuh di tikungan 13 saat balapan menyisakan 5 putaran. Dua lap setelahnya, Miguel Oliveira dan Iker Lecuona mengalami tabrakan hebat di tikungan yang sama. Karena kejadian tersebut, perlombaan pun terpaksa dihentikan dengan kibaran Red Flag.

Bagnaia di podium pertama, Mir di posisi kedua, diikuti dengan Jack Miller yang mengamankan posisi ketiga. Dengan hasil ini, Ducati pun unggul 34 poin atas Yamaha dan berhasil mengamankan gelar juara konstruktor mereka.

Berikut hasil balap MotoGP Algarve 2021:

Gambar Hasil Balap MotoGP Algarve 2021

Hasil balap MotoGP Algarve 2021

Dominasi Ducati tak Hanya di Tim Pabrikan

Berbeda dengan Yamaha yang praktis hanya mengandalkan Quartararo, semua pebalap yang menunggangi Ducati turut berkontribusi dalam perebutan gelar juara konstruktor ini.

Selain Bagnaia dan Jack Miller, pebalap Pramac Racing, Johann Zarco dan Jorge Martin, serta Enea Bastianini dari Esponsorama Racing juga membantu untuk mengemas poin.

>>> Intip Pilihan Mobil Bekas Berkualitas dengan Harga Menarik di Sini

Gambar All Ducati Riders

Semua pebalap Ducati yang menyumbang poin sama-sama berjasa untuk mendapatkan gelar ini

Pencapaian ini membuktikan bahwa Ducati memiliki motor dengan keseimbangan tepat karena bisa dikendarai dengan baik oleh semua pebalapnya, baik itu di tim pabrikan maupun tim satelit. Secara keseluruhan, Ducati mengumpulkan 21 podium dari enam motor yang diturunkan pada MotoGP musim 2021.

Meski begitu, perjuangan Francesco Bagnaia dan Jack Miller belum berakhir. Masih ada gelar juara tim antara Ducati Lenovo dan Monster Energy Yamaha yang belum diamankan oleh kedua tim.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top