Modus Baru Penyelundupan Pemudik, Sembunyi di Truk Molen dan Bagasi Mobil

07/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Masih ada saja berbagai modus baru yang dilakukan masyarakat dalam upaya penyelundupan pemudik. Tujuannya tentu demi lolos dari penjagaan petugas dan sampai ke kampung halaman.

Berbagai cara terus dilakukan para calon pemudik agar bisa lolos dari pos penjagaan petugas. Jika sebelumnya pemudik bersembunyi di dalam bus yang terlihat kosong atau dibalik muatan sebuah truk, maka kini ada cara lain yang dilakoni para calon pemudik. Seperti yang belum lama ini ditemukan oleh para petugas yang berjaga di pos Operasi Ketupat Covid-19 2020.

>>> Mudik Lebaran Dilarang, Kini Malah Muncul Jasa Penyelundupan Pemudik

Diungkapkan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono, petugas di lapangan mendapati adanya modus baru untuk "penyelundupan" pemudik. Yakni para pemudik bersembunyi di dalam truk molen serta masuk ke bagasi mobil.

Pemudik Terus Cari Cara Agar Bisa Lolos

Mobil diangkut ke atas truk

Mobil diangkut ke truk juga salah satu cara untuk lolos dari pemeriksaan petugas

>>> Klik disini untuk cek harga mobil baru beserta promo menariknya sambil tetap #dirumahaja

Argo menuturkan, ada beberapa masyarakat yang masih terus berusaha menggunakan berbagai cara untuk bisa mudik ke kampung halanannya dan lolos dari penjagaan petugas. "Ada juga yang beberapa yang tidak disangka, ada yang masuk ke tempat molen, ada juga yang masuk bagasi dan sebagainya," kata dia.

Ia pun mengakui, masyarakat sepertinya terus saja berusaha melakukan penyelundupan pemudik menggunakan segala cara yang bisa mereka lakukan. "Namanya pemudik mau melakukan pelanggaran, gimana caranya, gimana upayanya bisa mengibuli atau memanipulasi sehingga petugas kepolisian atau petugas yang lain tidak melihat," lanjut Argo.

Jalan Tikus Jadi Piihan untuk Hindari Petugas

Truk pemudik diperiksa

Petugas semakin gencar membongkar muatan truk demi pemeriksaan

>>> Temukan beragam pilihan mobil bekas berkualitas yang terlengkap disini

Selain bersembunyi di balik muatan truk atau bagasi bus, dirinya mengungkapkan, banyak penyelundupan pemudik dilakukan melalui "jalur tikus". Para pemudik ini memilih jalan-jalan kecil sebagai akses menuju kampung halaman mereka. Tujuannya menghindair pemeriksaan petugas.

"Jadi ada beberapa kecenderungan-kecenderungan ya, yaitu ada juga yang akhirnya lolos ke daerah mereka, baik itu melalui jalan arteri maupun jalan tikus," tutup Argo.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap cuma ada di Cintamobil.com

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top