Modus Baru Pemudik Masuk ke Jakarta, Ganti Plat Nomor!

29/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Modus Baru Pemudik Masuk ke Jakarta, Ganti Plat Nomor!
Beragam cara dilakukan pemudik masuk ke Jakarta demi lolos petugas di pos penyekatan check point. Kini modus yang dilakukan adalah dengan mengganti plat nomor kendaraannya.

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, pasca Hari Raya Idul Fitri giliran gelombang pemudik yang berusaha masuk ke Jakarta. Ribuan kendaraan tercatat berusaha menuju Ibukota melalui ruas jalan Tol Trans Jawa.

>>> 111 Ribu Kendaraan Tercatat Menuju Jakarta pada Libur Lebaran

Namun bagi kendaraan yang tidak melengkapi diri dengan surat-surat yang diperlukan, terpaksa harus putar balik ke daerah masing-masing oleh petugas yang berjaga. Misalnya dari pantauan tim Operasi Ketupat Covid-19 2020, sejak Selasa, 26 Mei 2020 hingga Kamis, 28 Mei 2020 sudah 1.618 kendaraan yang diputarbalikkan di Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.

Pemudik Terus Berusaha Terobos Pos Penyekatan

Pemeriksaan pemudik di Tol Kalikangkung

Beragam cara dilakukan pemudik untuk bisa masuk ke Jakarta

>>> Cek harga mobil baru lengkap dengan promo dan diskon menariknya disini

Meski penjagaan di pos penyekatan telah diperketat sejak H-7 Lebaran, namun Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi menyebutkan beberapa kendaraan pemudik masuk ke Jakarta masih terus dilakukan dengan berbagai cara untuk bisa lolos dari pantauan petugas di lapangan.

"Ada yang berusaha mengakali petugas seperti setelah putar balik kemudian berusaha melintas lagi," kata Yuswanto seperti Cintamobil.com kutip dari laman NTMC Polri, Jumat (29/05/2020).

Fenomena ini, jelasnya, terlihat dari penyekatan di Tol Kalikangkung baik untuk kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Nekat Ganti Plat Nomor

Pemeriksaan mobil pemudik

Ada pemudik yang nekat mengganti plat B dengan plat daerah

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas yang paling lengkap hanya ada disini

Selain mencoba berulang-ulang, Yuswanto juga menyebutkan ada modus baru yang dipakai pemudik tujuan Jakarta dengan cara mengelabui petugas. Yaitu dengan mengganti plat nomor kendaraannya. 

"Kita temukan ada yang modusnya mengganti plat nomor Jakarta atau B dengan plat Jawa Tengah," kata dia.

Ketika tertangkap tangan, lanjutnya, pengemudi ini akan dikenai sanksi tilang karena terasuk pelanggaran tanpa plat nomor kendaraan yang sesuai.

"Kendaraan plat luar Jawa Tengah tidak boleh melintas kecuali kendaraan berat dan logistik yang mengangkut barang yang sudah lolos pemeriksaan petugas kami," tegasnya.

>>> Informasi lain yang menarik terkait otomotif bisa Anda baca disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top