Modifikasi Triumph Legend TT Cafe Racer, Pakai NOS Buat Balapan

24/03/2021

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Modifikasi Triumph Legend TT Cafe Racer, Pakai NOS Buat Balapan
Ada yang unit dari hasil modifikasi Triumph Legend TT cafe racer buatan builder asal Italia yang satu ini. Sebab bukan hanya wujudnya saja yang terlihat keren, tapi juga mesinnya sudah terpasang nitrous oxide system (NOS).

Modifikasi Triumph Legend TT yang satu ini layak jadi acuan bagi yang mau bangun motor bergaya cafe racer. Pasalnya, Triumph Legend TT cafe racer yang ini bukan hanya tampangnya doang yang sudah keren, tapi jangan coba-coba diajak adu kebut.

Sebab bagi Nicola Martini, membangun sebuah motor custom memang harus yang cukup menantang. Ia tidak mau memilih bahan motor yang sudah umum dipakai untuk lantas disulap jadi model yang juga sudah banyak yang menerapkan hal serupa.

Dikutip dari Autoevolution, Rabu (24/03/2021), builder asal Italia ini pernah membangun satu motor kustom berbasis Street Tiple R yang kemudian ia juluki "Jerolamo SR". Dan yang terbaru, ia hadir dengan modifikasi Triumph Legend TT cafe racer yang kemudian diberi nama "Bob".

Triumph Legend TT cafe racer

Sudah banyak ubahan di sektor mesin

>>> Honda RC213V 2021 Diupdate untuk Hadapi Musim Balap Tahun Ini

Cafe Racer untuk Balapan

Seperti yang sudah kami singgung di awal tulisan ini, Legend TT yang awalnya berjenis motor naked diubah jadi sesosok cafe racer. Mesinnya tetap berkapasitas 885 cc tiga silinder DOHC buatan Triumph. Tapi Martini ingin mesin legendaris berpendingin cairan itu bukan hanya mampu mengeluarkan tenaga 69 hp dengan torsi 72 Nm.

Karena itulah ia meminta bantuan Fabio Marchiotto dari Hard Drag Garage untuk mengungkap potensi terkuat dari mesin Triumph tersebut. Alhasil dibuatlah satu set knalpot kustom, dipasang filter udara baru, gearbox standar diganti dengan beberapa komponen custom, radiator standar juga diganti, serta terpasang ECU dengan spek balap.

Triumph Legend TT cafe racer NOS

Disuntikkan NOS ke mesin

>>> Merawat Mesin Turbo? Ini Yang Wajib Diperhatikan

Tapi yang paling istimewa bukan semua itu, namun ada asupan nitrous oxide ke ruang mesin yang akan membuat tenaganya melonjak dahsyat secara instan. Hal ini lantaran motor tersebut ditujukan untuk balap drag. Sayangnya tidak ada keterangan berapa tenaga dari motor tersebut saat NOS diaktifkan.

Siap Balap 402 m

Selain mesin yang dioprek, sistem suspensi juga sudah tak lagi standar. Antara lain dipasang garpu depan dari Suzuki GSX-R1000, serta subframe juga sudah disesuaikan. Tentunya bodywork baru juga sudah terpasang di motor ini yang membuat sosoknya berubah jadi cafe racer berpenampilan klasik.

Triumph Legend TT cafe racer drag

>>> Review Honda Civic TCR 2018: Civic Yang Lebih 'Atletis'

Karena tenaga mesin juga sudah jauh di atas standar, maka Martini menggunakan rem cakram ganda lansiran Nissin di bagian depan untuk mengontrol laju motor. Sementara velgnya dipilih yang berbahan serat karbon supaya bobot motor lebih ringan. Velg ini lantas dibalut ban Metzeler performa tinggi dengan tapak lebih lebar di bagian belakang.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top