MOCI Motorsport: Kami Datang, Kami Balap, Kami Menang!

08/07/2019

Event - Promosi

10 menit

Passion mengakar pada motorsport yang dimiliki M Owners Club Indonesia kini disalurkan ke dalam jalur positif melalui MOCI Motorsport. Bagaimana perkembangan tim balap muda ini di kancah balap otomotif Indonesia?

Tema motorsport cukup melekat erat dengan dunia komunitas otomotif. Ada yang sekedar berada dalam ranah sebagai penikmat dan pendukung tim balap professional, atau sampai benar-benar secara serius turun ke ajang balap membawa bendera komunitas.

Pendekatan inilah yang dilakukan oleh komunitas BMW M Owners Club Indonesia (MOCI), dimana komunitas mobil khusus BMW M ini secara khusus mendedikasikan passion dan hobi akan motorsport yang digerakkan member komunitasnya melalui jalur dunia balap. Keseriusan ini dibuktikan saat M Owners Club Indonesia secara resmi melahirkan tim balap MOCI Motorsport, yang benar-benar fokus menyalurkan hobi motorsport ke dalam ajang balap nasional.

Momen start balap BMWCCI One Make Race

Ajang balap BMWCCI One Make Race banyak diikuti pebalap MOCI Motorsport

>>> BMW M Owners Club Indonesia (MOCI), Siap Aksi untuk Urusan Motorsport

Berdiri pada 9 Januari 2019, MOCI Motorsport saat ini menjadi wadah perkumpulan resmi para member MOCI yang turun pada beragam gelaran balap yang tergabung dalam event Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2019. Meski demikian, tim balap ini bisa dibilang "all-out" dan menjadi 'kuda hitam' di ajang balap BMWCCI One Make Race 2019. Baik pebalap rookie maupun profesional (advance) dari MOCI Motorsport secara berturut-turut sukses mencetak prestasi membanggakan di ajang balapan khusus mobil balap BMW ini.

"M Owners Club Indonesia the only one club di Indonesia yang punya passion paling dalam di dunia motorsport. Sejak 3-4 tahun terakhir, member kita ada yang ikut race di ISSOM. Banyak member kita yang minat, beli BMW E36 (basis mobil BMW yang digunakan di balap BMWCCI One Make Race) dan digunakan untuk latihan sendiri. Akhirnya dibentuk MOCI Motorsport untuk member bisa punya kesempatan terjun langsung ke balap," jelas Ryan Eka Kurniajaya, Sekjen MOCI sekaligus pebalap MOCI Motorsport. 

Passion yang dibawa oleh member MOCI memang terasa menjadi semangat tersendiri untuk MOCI Motorsport. Terbukti, pada ajang balap BMWCCI One Make Race 2019 Seri II yang bergulir di Sirkuit Sentul, 5-6 Juli 2019 lalu, MOCI Motorsport sukses mendominasi podium.

Momen podium pebalap MOCI Motorsport di BMWCCI One Make Race 2019

Pebalap MOCI Motorsport sukses dominasi podium balap BMWCCI One Make Race 2019 Seri II pada 5-6 Juli lalu

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya hanya di sini

Untuk kelas Rookie, semua podium disabet oleh pebalap MOCI Motorsport mulai dari Juara 3 (Alwin Cipto Ciputra), Juara 2 (Ryan Eka Kurniajaya), dan Juara 1 (Junus Danuatmodjo). Sedangkan di kelas Advance, giliran pebalap Charles Teo yang menyabet piala Juara 1 BMWCCI One Make Race 2019 Seri II 2019. Prestasi ini melanjutkan prestasi juara dan podium MOCI Motorsport saat di BMWCCI One Make Race 2019 Seri 1, 5-6 April 2019 lalu.

"Kalau bicara kompetisi, kita tetap berteman. Di dalam trek, ya kita balap, tapi tetap berteman dan fun. Dan sebagai klub yang paling solid dan fokus di motorsport, menarik adanya MOCI Motorsport. Jadi daripada balap di jalan, lebih baik balap di sirkuit," tambah Junus Danuatmodjo, Juara 1 Rookie BMWCCI One Make Race Seri II 2019.

Sekedar informasi, ajang balap BMWCCI One Make Race 2019 mengharuskan mobil balap yang digunakan memiliki spesifikasi-spesifikasi yang sudah diregulasi oleh BMWCCI. Contohnya ialah penggunaan single tyre supplier Michelin Pilot Sport 4, regulasi spesifikasi mesin dalam kondisi stock pabrikan, penggunaaan jok khusus balap dan dukungan roll-bar maupun seatbelt spesifikasi balap di kabin, serta fungsi-fungsi standar (lampu, wiper, dll) masih berjalan normal. MOCI Motorsport membebaskan pebalap untuk membangun mobil balap di workshop atau tuner tersendiri. Mamun tetap di bawah naungan dan pengawasan MOCI Motorsport agar sesuai regulasi BMWCCI One Make Race 2019 dan tetap menjaga nama baik M Owners Club Indonesia. 

Suasan balap BMWCCI One Make Race 2019 yang diikuti MOCI Motorsport

MOCI Motorsport menggunakan mobil BMW 3 Series E36 yang dibangun berdasarkan regulasi BMWCCI untuk berlaga di BMWCCI One Make Race 2019

Dengan adanya ajang balap BMWCCI One Make Race 2019, selain menjadi sarana penyalur hobi motorsport secara resmi bagi MOCI Motorsport, juga menjadi ajang memacu mobil secara lebih yakin dan berani. Sebab sekalipun member MOCI Motorsport maupun komunitas MOCI sudah banyak mengenal trek balap Sirkuit Sentul, bisa dikatakan memacu mobil balap BMW 3 Series (E36) lawas memiliki pendekatan berbeda dengan mobil BMW M masing-masing member mobil yang sudah memiliki performa tinggi dengan teknologi BMW paling mutakhir.

"Mobil balap yang digunakan di BMWCCI One Make Race bisa dikatakan 'hardcore' banget. Let's say pakai BMW M4, mungkin belum terasa feelingnya se-hardcore ini, mengingat BMW M4 banyak teknologi dan hal teknis lain yang beda rasanya dengan mobil balap seperti ini. We have to appreciate both, karena kita pakai mobil jalanan BMW M kita di trek. Tapi mobil balap ini di gaspoll kita lebih berani, andai kena gravel atau wall kita lebih gak sayang," tambah Ryan.

>>> Dapatkan berita terupdate komunitas otomotif di Indonesia hanya di sini

Terus Membuka Potensi

Di luar dunia balap, M Owners Club Indonesia yang konsisten mengadakan kegiatan bertema motorsport dan lifestyle bagi sekitar 90 member resmi mereka juga turut memberikan kesempatan bagi member yang menikmati ajang drifting untuk bisa belajar dan bahkan menggunakan BMW M kesayangan mereka menari di atas aspal.

"Setiap tahun MOCI selalu punya kegiatan motorsport 2 kali trackday di Sirkuit Sentul dan 2 kali drifting di area Kemayoran. Biasanya member yang suka motorsport pasti akan ikut keduanya, dan kegiatan kita lebih fokus ke kebersamaan antar member. Sekarang peminat di bidang drift juga semakin banyak dan kita ada instruktur jadi buat member MOCI bisa belajar," tambah Ryan.

Momen member MOCI BMW Driving Experience di Swedia

Drifting jadi salah satu kegiatan motorsport yang kini semakin digemari member MOCI

Selain menjadi hobi, ajang drift juga menjadi sebuah 'menu' yang kini mulai dipilih oleh member MOCI saat driving course di luar negeri. Salah satu contoh ialah saat member MOCI lakukan kegiatan drifting di atas trek buatan salju di BMW Driving Experience di Arjeplog, Swedia.

Apakah tema drifting akan jadi fokus 'serius' MOCI Motorsport di samping berlaga di ajang balap touring seperti BMWCCI One Make Race dan ISSOM? "Kebetulan ini tahun pertama MOCI motorsport di ISSOM. Kita tidak pernah bilang tidak mungkin, kebetulan saya yakin ada member kami yang sudah pernah ikut balap drift. Jika ada kesempatan, why not? Mungkin kita-kita lagi yang turun," tutup Ryan

Simak obrolan khusus Cintamobil.com dengan MOCI Motorsport yang bisa dilihat dalam video instagram @cintamobilcom berikut ini

 
back to top