Begini Tampang Mobil Balap F1 2022

16/07/2021

Event - Promosi

3 menit

Menjelang Grand Prix Inggris akhir pekan ini (18/7), Formula 1 memperkenalkan mobil balap F1 2022 yang akan digunakan musim depan. Intip tampilannya di sini.

Mobil balap yang akan mengikuti regulasi baru untuk musim balap 2022 ini diperkenalkan pada hari Kamis (15/7) sore waktu setempat. Prototipe mobil F1 2022 ini menampilkan desain yang benar-benar baru, bahkan ukuran velg yang digunakan cukup radikal.

Mobil ini diperkenalkan ke seluruh dunia melalui siaran livestream di akun YouTube resmi Formula 1. Tak hanya itu, para pembalap pun melihat langsung mobil yang akan mereka kemudikan tahun depan menjelang seri kesepuluh balap F1 Inggris 2021 di sirkuit Silverstone.

Foto-fotonya Sudah Beredar di Media Sosial

Gambar Mobil Balap F1 2022

Tampak samping mobil yang akan digunakan para pembalap di musim depan

Sebelum diperkenalkan secara resmi, sebenarnya Formula 1 sudah membocorkan foto-foto mobil F1 2022. Berbagai kanal berita otomotif pun sudah banyak membahas mengenai kehadiran mobil yang benar-benar baru ini.

>>> Tim Mercedes F1 Siap Bangkit di GP Inggris

Perubahan desain secara radikal pada mobil tersebut dilakukan demi mengakomodir regulasi baru F1 yang sempat tertunda satu tahun akibat pandemi COVID-19.

Seperti yang dapat dilihat pada foto-foto mobil F1 2022 ini, desain aerodinamika pada mobil telah dirombak total. Hal tersebut terlihat pada desain pada sayap depan dan belakang mobil yang tampil agresif.

Tak hanya itu, ukuran velg 18 inci yang digunakan juga banyak menjadi perbincangan. Mengingat sebelumnya mobil-mobil F1 menggunakan velg 13 inci, perubahan ukuran ini akan mengurangi grip dan menambah beban pada mobil.

Gambar Mobil Balap F1 2022

Perubahan ukuran velg dan aerodinamika banyak menjadi perbincangan

Penggunaan bargeboards yang rumit akan dilarang dan diganti dengan 'wheel bodywork'. Selain itu, ada winglet (sayap tambahan) di bagian roda depan.

>>> Mau Jajal Daihatsu Rocky 1.2L? Sabar, Unitnya Masih 'Langka'

Perubahan-perubahan tersebut akan membuat mobil ini lebih mudah untuk saling salip-menyalip di antara para pembalap. Namun, secara keseluruhan para tim konstruktor menyebut mobil F1 2022 akan lebih pelan sekitar 2 detik dari mobil yang digunakan pada musim ini.

Regulasi dan mobil baru ini akan membuat jarak antara tim besar dan tim kecil menyempit. Hal itu bertujuan untuk membuat Formula One lebih kompetitif dibanding musim-musim sebelumnya.

Reaksi Para Pembalap

Gambar Pembalap F1

Para pembalap sudah melihat langsung mobil ini dari dekat

Para pembalap yang melihat langsung mobil F1 2022 di Silverstone pun langsung memberikan reaksinya. Mayoritas dari mereka mengatakan bahwa mobil ini menarik, dan tentu sangat berbeda dibanding mobil-mobil yang pernah mereka kendarai sebelumnya.

"Menarik. Ini sangat berbeda dengan yang biasa kami kendarai. Yang paling penting adalah kita meningkatkan balapannya, kita bisa membalap lebih dekat dengan satu sama lain," ungkap Max Verstappen.

Daniel Ricciardo menyebut bahwa semakin sering para pembalap untuk mengemudikan mobil tersebut, mereka akan semakin terbiasa dengan perubahannya. Bagi Lewis Hamilton, perubahan ini akan baik bagi para fans dan Formula 1 itu sendiri.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top