Mitsubishi Motors Menyambut Positif Peresmian Stasiun Pengisian Listrik Oleh BPPT RI

05/12/2018

Event - Promosi
Share this post:
Mitsubishi Motors Menyambut Positif Peresmian Stasiun Pengisian Listrik Oleh BPPT RI
Mitsubishi Motors menyampaikan apresiasi tinggi atas upaya pemerintah melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dalam mendukung terwujudnya kendaraan listrik di Indonesia lewat peresmian Stasiun Pengisian Listrik atau Electric Vehicle Charging Station (EVCS).

Penantian realisasi kendaraan listrik di Indonesia makin mendekati kenyataan. Dorongan dari pemerintah pun semakin terlihat, dari regulasi kendaraan listrik yang tinggal menunggu diterbitkan, hingga dukungan lain berupa ketersediaan infrastruktur yang dibutuhkan. Yang terbaru, pemerintah melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Republik Indonesia (BPPT RI) meresmikan Stasiun Pengisian Listrik atau Electric Vehicle Charging Station (EVCS) di Gedung BPPT RI di Jakarta dan Serpong, Rabu (5/12/2018).

Foto stasiun pengisian daya kendaraan listrik yang diresmikan oleh BPPT RI

Electric Vehicle Charging Station (EVCS) di Gedung BPPT RI di Jakarta siap dioperasikan

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terus melakukan kliring teknologi terhadap inovasi pengembangan kendaraan listrik dan infrastrukturnya. Hal ini ditujukan untuk mendorong terwujudnya kendaraan listrik dan infrastrukturnya karya anak bangsa. Rekayasa teknologi terbarunya yakni menciptakan Stasiun Pengisian Listrik atau Electric Vehicle Charging Station (EVCS). Dituturkan Deputi BPPT Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM) Eniya Listiani Dewi, Stasiun Pengisian Listrik ini bakal memiliki fungsi sebagaimana stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) pada kendaraan konvensional atau berbahan bakar minyak.

>>> Profil Mitsubishi Outlander PHEV 2018, Mobil Listrik Kekinian Tercanggih Dari Mitsubishi

Foto bersama saat peresmian stasiun pengisian listrik di BPPT RI

Pemerintah terus mendorong terwujudnya kendaraan listrik di Indonesia

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang hadir dalam acara tersebut turut mendemonstrasikan pengisian daya kendaraan listrik model CHADEMO-CCS-Kabel Tipe 2, berkapasitas 50 kW untuk mobil listrik unggulannya, Mitsubishi i-MiEV dan Mitsubishi Outlander PHEV. Di kesempatan yang sama Ogi Ikematsu, Director of Coordination & Development Division PT MMKSI menyampaikan bahwa Mitsubishi Motors sangat mengapresiasi dan menyambut positif langkah BPPT dan Pemerintah Republik Indonesia dalam proses transisi dan percepatan pengembangan dan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

“Mitsubishi Motors turut berpertisipasi dalam proses sosialisasi dan studi bersama terkait pengembangan kendaraan listrik di Indonesia dengan mendonasikan 2 kendaraan listrik Mitsubishi i-MiEV dan 8 kendaraan SUV Plug-in Hybrid, Outlander PHEV dan 4 unit fasilitas pengisian daya cepat kepada pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian RI, dimana Mitsubishi i-MiEV sebagai salah satu kendaraan tersebut diterima oleh BPPT dan berpartisipasi dalam acara ini” tutur Ogi.

>>> Tertarik membeli mobil baru? Dapatkan informasi lebih lanjut di sini

Ganesha Tri Chandrasha, Ir.,M.Phil – Peneliti B2TKE BPPT dan Ogi Ikematsu, Director of Coordination & Development Division PT MMKSI berpose di depan Mitsubishi i-MiEV dan fasilitas pengisian daya kendaraan listrik BPPT

Mitsubishi menyambut positif kehadian Electric Vehicle Charging Station (EVCS) di BPPT

Seperti diketahui, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menyerahkan 10 unit mobil listrik kepada pemerintah pada 26 Februari 2018 lalu yang terdiri dari 8 unit SUV Outlander PHEV (plug-in hybrid electric vehicle) dan 2 unit mobil listrik murni i-MiEV. Tak hanya itu saja, MMC juga menyerahkan 4 unit pengisian daya (charging units). Semua unit mobil listrik tersebut diserahkan untuk diuji coba dan ditujukan untuk pengembangan kendaraan listrik di tanah air. Kendaraan-kendaraan tersebut akan disertakan dalam serangkaian studi pemodelan tentang bagaimana infrastruktur transportasi yang ada di Indonesia saat ini dapat mengakomodasi kendaraan listrik. Termasuk menilai penggunaan kendaraan listrik di berbagai lingkungan, termasuk kota, kawasan wisata dan pulau terpencil.

Usai peresmian Stasiun Pengisian Listrik atau Electric Vehicle Charging Station (EVCS) di Gedung BPPT RI kegiatan dilanjutkan dengan road trip kendaraan listrik  yang melibatkan peserta yang merupakan pengguna kendaraan listrik dan juga brand otomotif produsen kendaraan listrik dengan rute Thamrin menuju Stasiun Pengisian Listrik yang terletak di gedung B2TKE-BPPT di Serpong, Tangerang.

>>> Mitsubishi: Soal Mobil Listrik, Produk Akan Bicara

Mitsubishi i-MiEV dalam rombongan konvoi kendaraan listrik dengan rute Gedung BPPT Thamrin, Jakarta menuju fasilitas pengisian daya kendaraan listrik yang terletak di gedung B2TKE-BPPT di Serpong, Tangerang.

Mitsubishi i-MiEV yang diserahkan ke pemerintah untuk tujuan pengembangan mobil listrik di Indonesia

>>> Update berita terkini seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top