Merakit Supercar Impian untuk Anak

25/03/2021

Event - Promosi

1 menit

Share this post:
Merakit Supercar Impian untuk Anak
Hasil kreativitas seorang pengrajin asal Vietnam yang merakit supercar Bugatti Centodieci sebagai kado untuk anak sulungnya dan mendapat sorotan dari dunia otomotif.

Salah satu cara yang paling difavoritkan untuk membangun hubungan harmonis antara orang tua dan anak adalah memiliki ketertarikan akan hobi yang sama. Dengan menggemari sebuah kegiatan atau barang yang sama, maka mudah bagi orang tua untuk menempati ruang yang istimewa di hati sang anak.

Super Car untuk Anak

Supercar ini dirakit langsung dari kardus

Ada beberapa orang tua yang cukup beruntung saat mengetahui bahwa anaknya memiliki ketertarikan atau hobi yang sama dengan mereka. Alasan inilah yang menjadi alasan dibalik video viral pengrajin Vietnam yang “merakit sendiri” supercar Bugatti Centodieci untuk anak laki-lakinya. 

Merakit Supercar: Mobil Impian Anak

Sebuah video viral di dunia otomotif tengah ramai diperbincangkan. Konten video tersebut memamerkan mobil kayu rakitan yang mirip supercar Bugatti Centodieci buatan Truong Van Dao, seorang pengrajin asal Tu Son, Bac Ninh, Vietnam. Video ini menarik banyak perhatian saat disorot oleh beberapa channel berita otomotif internasional. Bahkan, media sekaliber Supercar Blondie pun turut memviralkan video ini.

Mobil kayu yang mirip supercar Bugatti Centodieci tersebut tidak hanya sebatas untuk pameran saja, tetapi juga dapat berjalan sebagaimana mobil pada umumnya. Hal tersebut dapat terjadi karena Dao merakitnya dengan menempatkan mesin bertenaga listrik di dalamnya. Tidak hanya mesin saja, Dao juga melengkapi mobil kayu rakitannya dengan lampu sorot depan dan belakang yang mirip Bugatti.

Bugatti Centodieci berwarna cokelat yang terbuat dari kayu
Bugatti Centodieci yang terbuat dari kayu

Sang perakit, Dao, mengakui bahwa inspirasinya dalam merakit mobil kayu bertenaga listrik tersebut memang berasal dari mobil favorit supercar anaknya, Bugatti Centodieci. Adapun alasan pria berusia 30 tahun tersebut merakit mobil keren itu adalah untuk memberikan kado yang paling spesial untuk anak sulungnya.

Anak Dao lahir di akhir tahun 2019. Sejak usia dini, anaknya telah menunjukkan ketertarikannya akan dunia otomotif, khususnya mobil. Dao sering merakitkan berbagai miniatur mobil untuk anaknya, namun anak Dao cepat merasa bosan karena mobil rakitannya tidak dapat berjalan.

Hal inilah yang mencetuskan ide bagi Dao untuk mencoba merakit supercar dengan kedua tangan kreatifnya. Untuk mengerjakan proyek Bugatti kayu ini, Dao menggandeng 3 pengrajin lainnya. Pengerjaannya dilakukan di bengkel milik Dao dan memakan waktu selama kurang lebih 40 hari.

Bugatti Centodieci yang dirakit dari kayu
Mobil ini juga bisa dikendarai bersama sang anak

Langkah pertama dalam proyek ini adalah mencetak foto dari Bugatti Centodieci pada kertas yang besar. Foto tersebut menjadi patokan bagi para pengrajin untuk memotong kayu menjadi bagian-bagian detail yang terpisah. Setelahnya, kayu tersebut diolah agar siap ditempel menggunakan lem super kuat dan pin. Hampir seluruh detail pada mobil kayu tersebut menggunakan kayu sebagai bahan pembuatannya; mulai dari kerangka mobil hingga tombol-tombol hiasan.

Setelah semua bagian selesai dirakit, Dao melakukan pemahatan, pengukiran dan pemolesan pada seluruh bagian luar mobil kayu. Pemasangan lampu depan, belakang, dan lampu sen dilakukan setelahnya.

Pada Bugatti kayu tersebut, hanya bagian mesin saja yang terbuat dari logam. Motor mesin yang terpasang memungkinkan mobil rakitan Dao untuk bergerak maju dan mundur. Stir mobil yang terbuat dari kayu terkoneksi dengan apik ke roda sehingga siapapun yang mengendaraina dapat menggerakan mobil ke mana saja.

>>> Liberty Walk Buat Bodykit Lamborghini Aventador, Harganya Rp 1 Miliar Lebih

Tentang Bugatti Centodieci, Supercar yang Jadi Inspirasi

Cerita inspiratif dari pengrajin Vietnam di atas memang mendapatkan banyak sorotan. Namun jangan lupakan mobil yang juga dianggap pemeran utama dalam cerita tersebut, yaitu Bugatti Centodieci. Supercar elegan buatan produsen asal Prancis, Bugatti, tersebut memang menjadi primadona bagi para penggemar dunia otomotif. 

Bugatti Centodieci merupakan salah satu mobil sport super milik Bugatti yang termahal. Supercar tersebut diproduksi dengan mengambil Bugatti EB110 sebagai inspirasinya. Centodieci hanya membutuhkan 2,4 detik untuk mencapai mencapai kecepatan 100 kilometer per jam.

Bugatti Centodieci

Supercar Bugatti Centodieci bertenaga 1.600 PS

Akselerasi yang luar biasa dari supercar Bugatti Centodieci berasal dari mesin yang mendukung performanya. Supercar Centodieci dilengkapi dengan mesin 8.0L W16 quad-turbocharged bertenaga 1.600 PS pada 7000 rpm.

Selain itu, Centodieci juga dilengkapi dengan saluran udara tambahan pada area pendingin oli, sehingga suhu mesin dapat diatur dengan optimal. Sedangkan untuk peningkatan downforce dari unit, supercar Bugatti membekali Centodieci dnegna knalpot konfigurasi 2+2 dengan diffuser baru

Keunggulan Centodieci, apabila dibandingkan dengan Bugatti Chiron yang merupakan pendahulunya, terletak pada keseluruhan berat unitnya. Tercatat, Centodieci lebih ringan 20 kilogram dari Chiron. Selain itu, garis lekuk Centodieci juga lebih kecil dari Chiron.

Mobil yang juga diproduksi untuk menyambut ulang tahun ke-110 dari supercar Bugatti tersebut hanya tersedia sebanyak 10 unit di seluruh penjuru dunia, dan menjadikan Centodieci sebagai salah satu kendaraan paling eksklusif seantero jagad.

Salah satu pemilik Bugatti Centodieci ini adalah pesepakbola tersohor, Christiano Ronaldo. Bintang sepak bola yang saat ini membela klub asal Italia, Juventus, membeli supercar yang dibanderol dengan harga 10 juta Euro (setara Rp 142 miliar Rupiah) tersebut pada Agustus 2020 lalu untuk merayakan keberhasilannya mengantarkan Si Nyonya Tua menjuarai Liga Italia Musim 2019/2020.

>>> Cristiano Ronaldo Beli Bugatti Centodieci untuk Rayakan Kemenangan Juventus

Share this post:
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top