Menjawab Keraguan Masa Lalu, All New Nissan Livina Ambil Rute Terjal Surabaya-Trawas

10/08/2019

Event - Promosi

10 menit

Share this post:
Menjawab Keraguan Masa Lalu, All New Nissan Livina Ambil Rute Terjal Surabaya-Trawas
Tanpa percobaan sebelumnya, Nissan Surabaya mengambil langkah optimis untuk menjajal All New Livina di area terjal, rute menuju Trawas. Mobil bergenre Multi Purpose Vehicle (MPV) ini memang diklaim sangat nyaman untuk area perkotaan, tapi bagaimana dengan performanya di medan perbukitan atau pegunungan? Berusaha menjawab rasa penasaran itu, Nissan Surabaya mengadakan Media Test Drive All New Nissan Livina di rute Surabaya-Trawas.

Keraguan Masa Lalu

Memang, jika mengaca pada generasi Nissan Livina sebelumnya, banyak para pengguna mengklaim performanya kurang menggigit di medan tanjakan. Hal serupa juga diakui oleh Yusea Kurnia Abadi selaku Branch Head Nissan Ahmad Yani, “Generasi Nissan Livina yang dulu banyak disebut kurang bertenaga di medan berat, tapi beda dengan All New Nissan Livina terbaru saat ini yang kami percaya siap menjawab keraguan tersebut.”

Nissan Surabaya Ahmad Yani melakukan Briefing terkait Media Test Drive Nissan Livina di Trawas

Briefing segenap jajaran Nissan Surabaya yang optimis ingin menguji ketangguhan All New Livina di medan menanjak

Rute Surabaya-Trawas dipilih, yang memang dikenal memiliki jalanan curam khususnya di area Cangar, Malang. Bayangkan saja, kemiringan jalan beragam, rata-rata miring lebih dari 45 derajat dan berliku curam. Mungkin sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) seperti New Nissan Terra, bukan jadi masalah besar, karena memang dibuat tangguh di segala medan. Tapi rasa penasaran justru jatuh pada mobil All New Nissan Livina, tertantang untuk menjawab keraguan di masa lalu.

>>> Baca juga: Perbedaan Dimensi Nissan Grand Livina dan All New Nissan Livina, Bagaimana Kapasitas Bagasinya?

Tol Surabaya Porong

Selama perjalanan menuju Trawas, tim Cintamobil.com cukup terpukau dengan All New Nissan Livina. Apalagi ketika melewati jalan tol Surabaya-Porong. Mesin 1.499 cc yang diusungnya terasa sangat responsif baik di putaran rendah dan menengah. Urusan transmisi pun begitu. Meski belum mendukung Continuous Variable Transmission (CVT), tapi transmisi 4 percepatan otomatis sangat enteng mengayun, tak ada masalah sama sekali.

Nissan Livina Di Jalan Tol Porong memberi hasil yang sangat memuaskan

All New Nissan Livina memberikan sensasi berkendara yang sangat nyaman meski berada di kecepatan tinggi, khususnya ketika melewati tol Porong

Bahkan, keasyikan semakin bertambah ketika melalui lalu lintas tol yang sedikit sepi. Meski digeber hingga mencapai 120 Km/Jam, All New Nissan Livina tak mengalami rasa limbung sama sekali. Kami rasa alasannya terletak pada teknologi kestabilan yakni Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Traction Control System (TCS), yang hanya ditemui pada tipe VE dan VL saja.

Tanjakan Curam Cangar

Pemilihan rute ini sejatinya sudah siapkan. Yusea Kurnia sudah menentukan rute terbaik yang mana punya paket lengkap seperti melewati tol, perkotaan macet Surabaya serta tanjakan curam di area Cangar. Dalam tes kali ini, All New Nissan Livina benar-benar dicoba hingga ke titik maksimal. Setidaknya, jika tes kali ini berhasil, maka keraguan di masa lalu bisa terjawab sepenuhnya. Diharapkan dapat memberi kepercayaan lebih bagi konsumen yang ingin meminang All New Nissan Livina.

Eksterior Nissan Livina terlihat sangat mengesankan, modern dan juga agresif

Persiapan sebelum menanjak, seluruh tim berhenti sejenak di Masjid Cheng Ho

>>> Info menarik: Tampilan ala SUV, Berikut Tips Lengkap Membeli Nissan Grand Livina X-Gear Bekas

Seketika sampai di area perbukitan Prigen, tanjakan demi tanjakan menyambut kami. Cukup ngeri memang, mengingat banyak jalur pembatas di pinggir jalan rusak akibat kelalaian pengguna jalan. Entah itu mengantuk, rem blong atau faktor lainnya.

Nissan Livina di Cangar memberi performa sangat nyaman melaju di setiap tanjakan

Tak terduga, All New Nissan Livina memberikan hasil signifikan melewati setiap tanjakan di area Cangar

Tapi jujur saja, paling menegangkan buat kami adalah ketika melewati tikungan dan langsung menanjak ke arah atas, kemiringan mencapai 45 derajat. All New Nissan Livina lolos begitu saja, mudah dan tak ada hambatan berarti. Putaran bawah yang cukup menggigit serta ayunan torsi cukup nyaman, membuat kami mudah melewati setiap tikungan.

Nissan Livina Melalui Tanjakan di area Cangar tanpa hambatan berarti

Saking nyamannya, kami sampai lupa sudah melalui berapa tanjakan dan tikungan di area Cangar

Tikungan demi tikungan dilewati sangat aman. Tak perlu khawatir merosot ke bawah, dikarenakan ada teknologi Hill Start Assist (HSA) yang siap mencegah hal itu terjadi. Jujur saja, meski area yang dilewati curam dan punya banyak jurang di kanan-kiri, tapi kami merasa santai menaikinya. Menyenangkan membawa Nissan Livina baru di sini.

>>> Review Dan Test Drive All New Nissan Livina VE 2019, Lebih Murah Rp. 12 Juta Bakal Dapat Apa?

Akhir Kata

Dengan cerdik, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) belajar dari generasi Livina sebelumnya. Fitur semakin diperkaya khususnya pada teknologi kestabilan semakin mumpuni dan dapat diajak menanjak. Sebagai tambahan saja, area Cangar adalah salah satu medan berat Jawa Timur yang tidak bisa dilalui oleh semua mobil. Lewat pencapaian tersebut, tim Cintamobil.com menyatakan bahwa All New Nissan Livina lulus dan mendapatkan angka 9 dari kami. Kategori ‘Topper’ untuk sekelas mobil keluarga yang sangat nyaman untuk melintasi kemacetan perkotaan dan medan sulit di perbukitan.

Nissan Livina berwarna hitam ketika difoto di area Cangar, Malang

Lulus uji di area Cangar, membuat All New Nissan Livina menjadi salah satu kandidat mobil MPV terbaik soal performa dan kenyamanan

>>> Jangan lupa untuk menyimak kabar otomotif terupdate hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Menilik Harga Suzuki APV Bekas, MPV Kompak yang Bisa Muat Banyak

20/07/2019

Jual beli

3 menit

Jika Anda ingin mencari mobil penumpang yang bisa mengangkut banyak penumpang, Suzuki APV bisa menjadi pilihan. Kenyamanan di jalan serta harga Suzuki APV bekas yang cukup murah bisa menjadi pertimbangan untuk memilih mobil ini.

Lihat juga

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli MPV Terbaik

27/06/2019

Jual beli

3 menit

MPV masih menjadi primadona pangsa pasar otomotif Indonesia. Fungsi dan harga jualnya yang sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia membuat mobil ini laris di pasar otomotif Indonesia. Namun terkadang Anda bingung mengetahui mana MPV yang cocok? Nah agar tidak menyesal, berikut tips membeli MPV terbaik.

Lihat juga

5 Langkah Mudah Memilih Mobil LMPV, Pastikan Cari Yang Mudah Dan Banyak Untungnya

20/05/2019

Jual beli

4 menit

Memilih LMPV (Low Multi-Purpose Vehicle) memang harus jeli. Karena mobil dengan jenis LMPV merupakan mobil yang dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari. Pastikan Cari Yang Mudah Dan Banyak Untungnya. Berikut ini adalah 5 Langkah Mudah Memilih Mobil LMPV, Pastikan Cari Yang Mudah Dan Banyak Untungnya yang Cintamobil.com hendak sampaikan.

Lihat juga

Perjalanan Panjang Cikal Bakal MPV di Indonesia

02/05/2019

Pasar mobil

Produk MPV sampai saat ini masih mendominasi penjualan mobil di Indonesia. Jauh sebelum mobil keluarga ini menjadi produk terlaris, ada perjalanan panjang dan bersejarah hingga membuatnya menjadi primadona konsumen otomotif di Indonesia.

Lihat juga

Memilih MPV Terbaik Sesuai Kebutuhan Keluarga

30/04/2019

Jual beli

Memilih MPV sebagai mobil keluarga tidak hanya ditentukan pada spesifikasi produk. Kebutuhan akan keluarga yang berbeda-beda maka mencari MPV terbaik menjadikan hal yang cukup sulit.

Lihat juga
 
back to top