Max Verstappen Dominan Di GP Austria, Bottas Ungguli Hamilton

05/07/2021

Event - Promosi

3 menit

Max Verstappen berhasil memenangkan F1 GP Austria dan menggenapkan kemenangannya menjadi tiga kali berturut-turut. Bottas juga sukses ungguli rekan setimnya.

Start dari pole position, pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen berhasil memenangkan seri balap F1 Austria 2021 setelah tampil dominan sepanjang balapan. Dengan hasil ini, Mad Max semakin nyaman bertengger di puncak klasemen dengan selisih 32 poin dari sang juara bertahan, Lewis Hamilton. Red Bull Racing juga memuncaki klasemen konstruktor, unggul 40 poin dari Mercedes-AMG Petronas F1 Team.

Safety Car di Lap Pertama

Verstappen melakukan start yang baik diikuti oleh Lando Norris yang menjalani kualifikasi dengan brilian dan Sergio Perez. Lewis Hamilton yang berusaha mengejar ketertinggalan di klasemen pembalap harus start dari urutan keempat.

>>> Kualifikasi F1 Austria 2021: Max Verstappen Pole, Lando Mengejutkan

Gambar Verstappen Lead

Max Verstappen memimpin jalannya lomba

Tak lama berselang, terjadi insiden yang melibatkan beberapa pembalap di kelompok belakang. Eseteban Ocon yang start dari grid 17 mengalami kerusakan suspensi akibat terjepit oleh mobil dari Antonio Giovinazzi dan Mick Schumacher. Safety Car pun harus keluar untuk mengamankan balapan, Ocon tidak bisa melanjutkan balapan dan Giovinazzi langsung masuk pit stop untuk melakukan perbaikan dan penggantian ban.

Begitu balapan dimulai kembali, Verstappen langsung melesat ke meninggalkan rombongan pembalap di belakangnya. Posisi Lando Norris langsung terancam oleh Sergio Perez yang tampil ngotot untuk mengamankan posisi satu dan dua untuk Red Bull Racing.

Gambar Sergio Perez

Agresivitas Perez membuatnya keluar lintasan

Sayangnya agresivitas Perez membuat RB16B yang ia kemudikan harus melaju ke gravel dan kehilangan banyak posisi. Hilangnya Perez di baris depan memberikan ruang bagi Lewis Hamilton untuk mengejar Max Verstappen.

Sayangnya, Lando Norris yang memulai pekan dengan baik akhirnya harus diganjar penalti 5 detik karena manuver agresifnya ke Perez. Ia pun harus merelakan posisi kedua kepada Hamilton.

>>> Catat! Ini Titik Penyekatan di Jalan Tol Selama PPKM Darurat

Memasukki lap 31, Norris harus menjalani penaltinya saat melakukan pit stop. Pada saat yang sama, Valtteri Bottas yang diam-diam menghanyutkan mampu melewati Norris saat keduanya melakukan pit stop.

Sergio Perez yang terus agresif selama balapan akhirnya harus diganjar penalti 5 detik setelah memaksa Charles Leclerc melebar keluar lintasan di lap 41. Lucunya, meski sudah dipenalti, Perez masih nekat melakukan manuver agresif ke Leclerc pada lap-lap berikutnya sehingga harus kembali diganjar penalti saat akhir balapan.

Hamilton Kehilangan Kecepatan

Pada lap 46, Hamilton yang berada di belakang Max Verstappen mulai mengeluhkan kecepatan mobilnya berkurang drastis. Rupanya, Mercedes W12 yang ia kemudikan mengalami masalah pada grip belakang yang membuatnya sang juara bertahan tak bisa memacu mobilnya dengan maksimal.

Hal tersebut membuka kesempatan bagi Valtteri Bottas yang dengan mudah melewatinya untuk posisi kedua. Mercedes yang awalnya sempat melarang Bottas untuk menyalip Hamilton akhirnya memberi izin untuknya.

Gambar Bottas pass Hamilton

Lewis Hamilton harus merelakan posisinya pada sang rekan

Angin segar pun berhembus ke Lando Norris. Pembalap muda dari tim McLaren ini juga bisa melewati Hamilton dengan cukup mudah untuk posisi ketiga. Hamilton akhirnya menyerah untuk mendapat podium di Austria dan langsung melakukan pit stop kedua untuk memperbaiki pace-nya. Tak berselang lama, Max Verstappen yang unggul jauh di depan juga melakukan pit stop kedua untuk memakai ban yang lebih segar pada 10 lap terakhir.

Dengan pit stop tersebut, Verstappen akan berusaha untuk terus mencetak fastest lap hingga akhir balapan demi mengamankan poin bagi Red Bull Racing. Hingga akhir balapan, Mad Max terus menjaga dominasi dan akhirnya berhasil mengamankan posisi pertama saat chequered flag dikibarkan.

Podium 2 didapatkan oleh Valtteri Bottas dan Lando Norris yang menjadi driver of the day versi pemirsa F1 berhasil mengamankan posisi ketiga. Hamilton harus puas di posisi 4, dan Perez yang finish di urutan 5 harus merelakan posisinya pada Carlos Sainz akibat penalti.

>>> Tips Bikin Mobil Kinclong Selama PPKM, Tak Perlu ke Salon Mobil!

Berikut hasil balapan F1 Austria 2021

Gambar hasil balap F1 Austria

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top