Maverick Vinales Resmi Didepak Yamaha dan Digantikan Cal Crutchlow

22/08/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Pasca skorsing, Monster Energy Yamaha MotoGP resmi mendepak Maverick Vinales. Cal Crutchlow yang sebelumnya jadi test rider Yamaha masuk sebagai penggantinya.

Sebelumnya, Yamaha sudah memangkas kontrak Vinales menjadi satu tahun saja. Namun, rupanya pabrikan berlambang garpu tala tersebut sudah 'gerah' dengan ulah sang pebalap berusia 26 tahun tersebut.

Konflik antara Yamaha dan Maverick Vinales mulai merebak di pertengahan musim MotoGP 2021. Puncaknya, Vinales yang terbawa emosi melakukan aksi yang berisiko merusak mesin YZR-M1 yang ia tunggangi di Grand Prix Styria.

Gambar Maverick Vinales

Maverick Vinales akan merapat ke Aprilia

Akibat aksinya, Vinales harus terkena skorsing dan pada akhirnya resmi didepak dari tim. Tak menunggu waktu lama, Yamaha pun langsung mencari rider pengganti yang akan menemani Fabio Quartararo.

>>> Gara-gara Geber Motor, Maverick Vinales Dilarang Balap Oleh Yamaha

Cal Crutchlow Kembali Beraksi

Setelah musim balap MotoGP 2019, Cal Crutchlow harus tersingkir dari bursa pebalap untuk MotoGP 2020. Yamaha yang masih melihat potensi dari Crutchlow pun memberikan posisi test rider resmi untuk musim balap 2020 untuk menggantikan Jorge Lorenzo.

Kesempatan untuk kembali beraksi di MotoGP pun datang saat Franco Morbidelli mengalami cedera yang membuatnya harus beristirahat untuk pemulihan hingga September 2021.

Kini, pebalap asal Inggris berusia 35 tahun ini pun kembali mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi setelah kembali ke tim pabrikan setelah ditunjuk Monster Energy Yamaha MotoGP sebagai pengganti Maverick Vinales.

>>> Yamaha Bikin Generator Suara Canggih Untuk Kendaraan Listrik

Gambar Cal Crutchlow

Sebelumnya, Cal Crutchlow membalap untuk tim satelit Yamaha menggantikan Morbidelli yang cedera

Cal Crutchlow pun meninggalkan tugasnya sebagai test rider Yamaha untuk berkonsentrasi sebagai pebalap reguler di sisa musim 2021 untuk memastikan tim pabrikan garpu tala mendapat gelar juara konstruktor.

"Sebuah keuntungan bisa jadi bagian dari Yamaha dan melakukan pekerjaan 3 balapan untuk SRT, tapi rencana telah berubah. Aku berterima kasih kepada mereka dan aku tak sabar balapan di tim pabrikan," ungkap Crutchlow.

Siapa Tandem Valentino Rossi?

Karena Crutchlow akan memperkuat tim pabrikan, Petronas Yamaha SRT MotoGP pun harus mencari pebalap pengganti lain sembari menunggu Morbidelli pulih untuk menemani Valentino Rossi di penghujung kariernya.

>>> Aksi Unik Valentino Rossi Saat Umumkan Kehamilan Kekasihnya

Gambar Jake Dixon

Jake Dixon akan naik kelas selagi Morbidelli melanjutkan proses pemulihan

Tak menunggu lama, SRT dan Yamaha sudah menunjuk Jake Dixon yang kini membalap di Moto2 untuk naik kelas. Saat ini, Dixon memperkuat tim Petronas Sprinta SRT Moto2.

"Sudah jadi tujuan seumur hidupku ke MotoGP. Jadi mendapat kesempatan sekali, di motor yang selalu kuinginkan YZR-M1, apalagi balapan di kandang, ini sangat spesial," ungkap Dixon.

Meski hanya menadi pengganti di musim 2021, kesempatan ini bisa jadi sebuah tes untuk Dixon karena SRT masih butuh satu pembalap lagi setelah hampir memastikan nama Darryn Binder untuk musim depan.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top