Masa Berlaku SIM Habis Selama Darurat Corona Dapat Dispensasi

30/03/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Masa Berlaku SIM Habis Selama Darurat Corona Dapat Dispensasi
Selama masa darurat pandemi virus corona, jika masa berlaku SIM habis maka akan mendapat dispensasi diperpanjang sampai bulan berikutnya. Berikut syarat-syaratnya.

Pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polda Metro Jaya akan memberikan dispensasi bagi pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) yang habis masa berlakunya. Dispensasi ini diberikan jika masa berlaku SIM habis pada periode 17 Maret 2020 hingga 29 Mei 2020.

>>> Tekan Sebaran Pandemi Virus Corona, Mudik Gratis 2020 Batal

Jika ada pemilik SIM yang masa berlakunya usai di periode tersebut, maka Polda Metro Jaya akan memberikan kelonggaran untuk diperpanjang setelah pandemi virus corona di Indonesia berakhir. Hal tersebut dikemukakan Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara.

Sesuai Ketetapan Darurat Virus Corona

pengumuman layanan SIM ditutup

Layanan SIM akan ditutup selama pandemi virus corona di Indonesia

>>> Temukan promo mobil baru dengan diskon menarik hanya di Cintamobil.com

Menurut Kompol Lalu, dispensasi diberikan kepada pemilik SIM yang masa berlakunya habis peridoe Maret-Mei 2020. Hal tersebut lantaran penutupan sementara layanan SIM di hampir seluruh jajaran Polda yang ada di Indonesia.

"Korps Lalu Lintas Polri memberikan dispensasi bagi para pemilik SIM yang habis masa berlakunya per 17 Maret sampai 29 Mei 2020. Karena periode tersebut merupakan masa tanggap darurat yang diberlakukan pemerintah," kata Lalu dikutip Cintamobil.com dari NTMC Polri, Senin (30/03/2020).

Seperti diketahui, mulai 28 Maret 2020 sampai dengan 29 Mei 2020 unit Satpas, unit Gerai SIM dan unit SIM Keliling ditutup atau tidak melaksanakan proses mekanisme perpanjangan SIM.

Dispensasi Bagi Pasien Virus Corona

SIM keliling

Dispensasi cuma diberikan buat perpanjangan SIM bukan penerbitan SIM baru, rusak atau hilang

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas dengan harga termurah cek disini

Lebih lanjut Lalu menegaskan, dispensasi juga akan diberikan kepada seseorang yang menjadi bagian dalam (Orang Dalam Pemantauan), PDP (Pasien Dalam Pemantauan), dan suspect atau positif corona yang masa berlaku SIMnya habis namun ia harus dikarantina.

"Betul, untuk orang ODP, PDP, dan suspet atau positif corona dapat dispensasi perpanjangan SIM," kata dia. Kemudian dispensiasi juga hanya diberikan bagi pemilik SIM yang akan melakukan perpanjangan. "Perpanjangan SIM, bukan proses permohonan SIM baru," terangnya.

Syarat untuk mendapatkan dispensasi untuk perpanjangan masa berlaku SIM habis ini jelas Kompol Lalu adalah dengan membawa bukti surat keterangan sehat dari rumah sakit. Surat keterangan itu dibawa saat akan melakukan perpanjangan setelah pasien selesai masa karantina.

Namun bagi Anda yang akan mengajukan permohonan pembuatan SIM, Polda Metro Jaya tetap membuka pelayanan penerbitan SIM Baru, SIM hilang dan SIM rusak dengan pembatasan waktu sebagai berikut:

  • Senin - Jumat pukul 08.00 WIB - 13.00 WIB
  • Sabtu pukul 08.00 WIB - 12.00 WIB

>>> Berita otomotif menarik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tunggu Situasi Normal, Polisi Hentikan Sementara Layanan SIM

26/03/2020

Pengemudian

3 menit

Mempertimbangkan kondisi yang kurang kondusif, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menghentikan layanan SIM dan mobil SIM keliling di seluruh Indonesia.

Lihat juga

Pakai Tes Psikologi, Ini Biaya Bikin SIM Baru dan Perpanjangan

10/03/2020

Pengemudian

5 menit

Setelah ada tes psikologi yang harus dilakukan pemohon SIM, maka kini ada tambahan biaya bikin SIM yang wajib dibayar. Berikut ini biaya pembuatan SIM sesuai jenis SIM yang diajukan.

Lihat juga

Begini Cara Mudah Lulus Ujian Teori Pembuatan SIM

19/03/2020

Pengemudian

5 menit

Agar bisa dengan mudah lulus ujian teori pembuatan SIM ternyat tidak sulit kok. Anda hanya perlu berlatih di rumah sebelum datang ke lokasi pembuatan SIM. Contoh soal-soal ujian teori ini sudah disediaakan gratis oleh pihak Korlantas Polri.

Lihat juga

Sekarang Sudah Bisa Bikin SIM Internasional Online, Ini Caranya

29/02/2020

Pengemudian

5 menit

Adanya layanan SIM Internasional online dari Korlantas Polri, maka setiap pemohon bisa langsung mengajukan pembuatan SIM secara online dan melakukan pembayaran juga dengan cara transfer online. Tidak perlu repot serta menunggu terlalu lama di gerai SIM.

Lihat juga