Mantan Kepala Repsol Honda Ungkap Kendala di Tim Marc Marquez

21/07/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Mantan kepala Tim Repsol Honda Livio Suppo ungkap masalah yang saat ini tengah dihadapi tim Marc Marquez di MotoGP 2021. Apa yang sebenarnya terjadi?

Tim Repsol Honda saat ini sedang mengalami salah satu periode tergelap dalam sejarahnya di MotoGP. Tim balap MotoGP dari pabrikan asal Jepang ini belum bisa menampilan hasil yang maksimal selama dua musim terakhir.

>>> Waduh, Ternyata Kondisi Marquez Belum Pulih di MotoGP Belanda

Gambar menunjukan Mantan bos Honda

Evolusi motor RC213V dinilai hanya mengandalkan Marc

Honda Terlalu Mengandalkan Marc Marquez?

Mantan kepala Tim Repsol Honda Livio Suppo menuturkan bahwa masalah sudah mulai ada sejak tahun-tahun terakhirnya di Honda dan yang sebagian besar ditutupi oleh bakat Marc Marquez. Hingga akhirnya Marquez cedera pada Juli 2020 Tim Repsol Honda saat ini seakan kehilangan sinarnya di MotoGP.

“Tugas kami adalah mendapatkan hasil yang bagus. Itu berjalan sangat baik dengan Casey Stoner, Marc Marquez dan motornya. Kami juga memiliki Dani Pedrosa yang cepat dan Cal Crutchlow juga memenangkan beberapa balapan," kenang Livio Suppo kepada Speedweek.com.

"Saya pikir kami telah mencapai tujuan. Kami membawa Honda kembali seperti semula," tambahnya.

Livio Suppo menambahkan bahwa mulai tahun 2020 hingga saat ini, Honda mengalami penurunan yang sepertinya tidak ada jalan kembali. Ditambah evolusi motor RC213V hanya mengandalkan Marc menjadi yang tercepat semakin memperkeruh kondisi Honda di  MotoGP.

“Pada 2017 dan 2018,Dani Pedrosa mengalami masalah dengan motornya. Ini adalah tanda bahwa perkembangan hanya mengarah ke arah yang bisa ditangani Marc. Saya juga mengalaminya di Ducati bersama Casey Stoner. Itu adalah situasi yang serupa dan saya tahu bahwa jika segala sesuatunya tidak berjalan dengan benar, bahkan seorang juara akan memiliki masalah," sambung Livio.

>>> Kemenangan Marquez di Sachsenring Bukan Berarti Masalah Honda Terselesaikan

Gambar menunjukan Paul

Datangnya Pol dari KTM dinilai belum berikan dampak yang signifikan untuk Honda

Hadirnya Pol Espargarò Belum Memberikan Dampak

Marc Marquez memang perlahan kembali bangkit dari cideranya setelah menjadi yang tercepat di MotoGP Jerman 2021. Namun kondisinya saat ini belum sepenuhnya pulih. Sedangkan menurut Livio, kedatangan Pol Espargarò, sejauh ini tidak membawa manfaat apapun untuk Repsol Honda ditambah Pol telah meminta hak mempercepat pengembangan motor.

“Saya pikir itu keterlaluan. Saya pikir pendiri Soichiro Honda akan memecatnya karena membuat pernyataan seperti itu. Tapi itu mengatakan banyak tentang situasinya. Ini bukan pertama kalinya dia mengatakan sesuatu yang aneh,” tutupnya.

>>> Pahami Etika Berkendara dan Menjaga Emosi Berkendara di Jalan Raya

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top