Malaysia Lanjut Lockdown, 1 Mobil Cuma Boleh Diisi 1 Orang

31/03/2020

Event - Promosi

3 menit

Malaysia Lanjut Lockdown, 1 Mobil Cuma Boleh Diisi 1 Orang
Malaysia akan meneruskan kebijakan lockdown fase kedua. Pada fase ini pemerintah membuat aturan baru yakni 1 mobil yang keluar rumah hanya diisi 1 orang.

Negeri jiran Malaysia telah memberlakukan kebijakan lockdown untuk menekan angka penyebaran virus corona sejak 18 Maret. Namun tampaknya hal itu belum cukup menghentikan laju penyebaran wabah corona di Malaysia. Pemerintah Malaysia berencana untuk memperpanjang masa lockdown. 

Ada aturan baru yang dicanangkan dalam rangka menjaga jarak antar masyarakat yakni 1 mobil hanya bisa diisi oleh satu orang. Aturan itu mulai berlaku besok, 1 April 2020. 

Jalanan Malaysia

Jalanan Malaysia yang kini sedang diberlakukan kebijakan lockdown

>>> Dealer Mobil Ikut Tutup karena Malaysia Lockdown

"Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, untuk kendaraan pribadi meskipun mereka masih diperbolehkan untuk pergi keluar membeli makanan dan kebutuhan penting lainnya, pemerintah telah memutuskan bahwa satu mobil hanya bisa diisi satu orang," ujar Menteri Senior Datuk Seri Ismail Sabri Yakoob dikutip dari Malaymail, Selasa (31/3/2020). 

Masih Banyak Warga yang Tak Taat Peraturan Lockdown

Jam operasional swalayan, restoran, dan pom bensin juga kini dibatasi yakni buka mulai jam 8 pagi hingga 8 malam. Semua aturan baru terkait kebijakan lockdown itu berlaku efektif per 1 April 2020. 

>>> Mazda CX-30 Meluncur di Negeri Jiran, Indonesia Kapan?

Saat ini di Malaysia ada 1.520 jalan ditutup dan dijaga kepolisian, kemudian ada 257.287 kendaraan diperiksa di jalan. Polisi Malaysia juga tak segan-segan untuk menangkap mereka yang kedapatan melanggar kebijakan lockdown ini. 

"Kami mengamati angka pelanggar yang ditangkap semakin meningkat. Artinya pihak kepolisian mengambil tindakan  lebih tegas dari biasanya," sebut Ismail. 

Malaysia perpanjang lockdown hingga 14 April 2020

Malaysia terapkan lockdown fase kedua

"Target kami bukanlah menambah jumlah orang yang ditangkap, melainkan mengurangi jumlah penangkapan. Semakin banyak yang ditangkap berarti masyarakat belum patuh akan aturan ini," sambung Ismail. 

>>> Pilihan mobil terbaik bisa Anda temukan di sini

Lockdown Diperpanjang hingga 14 April 2020

Rencananya kebijakan fase kedua lockdown Malaysia akan diperpanjang hingga 14 April 2020. 67.774 petugas kepolisian sudah tersebar untuk menjaga jalanan Malaysia. 

Adanya kebijakan ini membuat sejumlah aktivitas di Malaysia harus dihentikan sementara waktu. Dealer-dealer mobil pun ikutan terkena imbasnya. Setidaknya dealer-dealer mobil di Malaysia tak akan menjual mobil serta menerima servis untuk sementara waktu.

Meski begitu, bagi warga Malaysia masih bisa menggunakan layanan home service yang disediakan oleh masing-masing dealer agar mobil bisa tetap terawat meskipun banyak berdiam diri dan terparkir di garasi rumah. 

>>> Kabar seputar mobil terbaru dapat Anda lihat di sini

 

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top