Lincoln John F Kennedy Ini Terjual dengan Harga Fantastis

19/10/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Lincoln John F Kennedy Ini Terjual dengan Harga Fantastis
Lincoln John F Kennedy ini merupakan tipe limusin dengan atap terbuka yang digunakan oleh mantan presiden Amerika Serikat (AS) tersebut dihari yang sama saat ia tertembak.

Memburu mobil-mobil bersejarah di seluruh dunia untuk dijadikan koleksi memang menjadi momentum yang paling ditunggu para kolektor mobil klasik. Karena cukup sulit untuk menemukan mobil-mobil dengan latar belakang cerita yang begitu istimewa, namun dalam kondisi masih begitu terawat.

Dan beberapa waktu lalu perhatian sejumlah kolektor mobil tertuju pada Balai Lelang Bonhams. Karena belum lama ini ditempat lelang itu menyedot perhatian publik lantaran mendaftarkan satu unit Lincoln Continental limousine. Mobil tersebut bukan sembarang mobil limusin klasik dengan kondisi sangat terawat. Karena ini adalah mobil Lincoln John F Kennedy (JFK) yang pernah dinaiki mantan prsiden tersebut sebelum tertembak.

>>> Balai Lelang Andalkan Pelelangan Online di Tengah Pandemi Covid-19

Saksi Bisu Kematian John F Kennedy

Lincoln Continental Limousine JFK

Mobil yang dipinjamkan di hari yang sama dengan kematian JFK

Dikutip dari Carbuzz, Senin (19/10/2020), yang membuat mobil ini jadi berita utama di sejumlah media di Amerika adalah, mobil tersebut pernah digunakan JFK, Jackie, dan Gubernur Texas John Connally menuju Pangkalan Angkatan Udara Carswell di Fort Worth pada 22 November 1963, hari yang sama ketika JFK tewas ditembak.

Mobil ini digunakan untuk ditunggangi JFK bersama istirnya di Fort Worth sebelum ia beralih ke SS-100X sebagai kendaraan resmi kepresidenan saat itu. Sebenarnya limusin Lincoln John F Kennedy ini bukanlah mobil yang pernah dimiliki mantan presiden negara adidaya itu. Namun mobil tersebut dipijamkan oleh Bill Golightly untuk keperluan konvoi presiden di hari bersejarah tersebut.

Mobil itu tercatat diproduksi 3 November 1963 dan diberi nama "Limo One". Kini mobil Lincoln beratap terbuka ini sudah direstorasi secara totol oleh spesialis Lincoln, yakni Baker Restoration of Putnam, di Connecticut.

>>> Cari yang Jual Mobil Sport 2 Pintu Klasik? Pertimbangkan 8 Model Ini

Harganya Mencapai Lebih dari Rp 5 Miliar

Lincoln Limousine JFK

Kondisinya sudah melalui tahap restorasi total

>>> Review Bugatti La Voiture Noire 2019: Perpaduan Klasik dan Modern Termahal Sejagad

Limusin Lincoln John F Kennedy yang bersejarah ini ditawarkan oleh pihak Bonhams divisi American Presidential Experience Auction. Harga yang dipatok saat mobil ini didaftarkan untuk dilelang yaitu USD 250.075 atau kurang lebih Rp 3,6 miliar. Bagi pemenang lelang akan mendapatkan pula jaket bomber Air Force One bekas milik JFK pula.

Dan ternyata prediksi Bonhams pun diluar dugaan. Adalah Dadid Powers yang berhasil memenangkan mobil bersejarah itu dalam acara lelang. Ia memberikan penawaran tertinggi senilai USD 375.075 atau kira-kira setara Rp 5 miliar.

"Kami senang dengan kegiatan penjualan mobil yang historis ini, dan kami senang mobil itu menghasilkan penawaran yang sangat antusias," kata Darren Sutherland, Specialis Senior Bonhams Fine Printed Books and Manuscripts.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top