Like Father Like Son, Myka Berpotensi Jadi Penerus Rifat Sungkar

03/08/2020

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Like Father Like Son, Myka Berpotensi Jadi Penerus Rifat Sungkar
Dalam dunia motorsport cukup banyak anak yang mengikuti jejak ayahnya di karir balap, salah satu yang kita bahas kali ini adalah Myka anak dari Rifat Sungkar

Dalam dunia motorsport cukup banyak anak yang mengikuti jejak ayahnya di karir balap, mulai dari Nico Rosberg seorang juara dunia balap Formula 1 tahun 2016 yang mengikuti jejak Keke Rosberg. Lalu ada lagi Valentine Loeb mulai diperkenalkan ayahnya Sebastien Loeb yang juga seorang juara dunia World Rally Championship 9 kali ke kancah otomotif. Di Tanah Air sendiri juga ada, dan salah satu yang kita bahas kali ini adalah Myka anak dari Rifat Sungkar.

Gambar Nico Rosberg dan Keke Rosberg

Nico Rosberg dan Keke Rosberg jadi contoh utama 'like father like son'

Rifat Sungkar yang merupakan pereli ini sudah berhasil menorehkan prestasi di Tanah Air maupun di kancah Internasional. Berbagai prestasi yang berhasil diraihnya termasuk menjadi juara nasional reli sebanyak 8 kali serta keluar sebagai juara 1 Rally Class di putaran World Rally Championship (WRC) yang digelar di Perancis. Seiring berjalannya waktu, Rifat menyadari bahwa dirinya sudah tidak muda lagi dan perlu mempersiapkan generasi penerus di dunia olahraga otomotif.

Gambar Sebastien Loeb dan Valentine Loeb

Bahkan pereli dunia sekaliber Sebastien Loeb saja sudah mempersiapkan generasi penerusnya

Saat ini, putra sulungnya, El Mayka Rifat Sungkar yang berusia 6 tahun tengah mempersiapkan dirinya untuk terjun dalam dunia balap pada usia 7 tahun nanti. Mayka terus giat berlatih gokar di Sirkuit Sentul dengan tekad ingin selalu mempertajam catatan waktunya sendiri. “Saya paham kita tidak bisa melewati dua tikungan sekaligus artinya semua itu ada prosesnya dan proses itu perlu waktu dan kesabaran,” papar Rifat sapaan akrabnya.

Gambar Rifat Sungkar dan M Redwan di dalam kopkit mobil reli AP4

Rifat (kiri) tak mau ketinggalan dalam mempersiapkan generasi penerusnya

>>> Begini hasil tes Mistubishi Xpander AP4 yang dikendarai Rifat Sungkar di trek aspal

Hal Besar Butuh Proses (Besar) Juga

"Nambah satu detik tiap latihan juga enggak apa-apa, gue paham sesuatu yang besar itu butuh proses (slow but sure). Proses yang cepat hasilnya juga (jatuhnya) bisa cepat juga," tambah Rifat seperti yang Cintamobil.com kutip dari YouTube pribadinya di channel Rifato. Terjunnya Mayka ke dunia balap, tak dipungkiri Rifat bahwa nantinya akan banyak orang menaruh harapan kepada anaknya ini.

Gambar El Myka Rifat Sungkar latihan gokart

Hal besar itu membutuhkan effort yang besar pula

Harapannya tentu agar anaknya akan dapat sehebat prestasi seperti ayahnya. Orang mengharapkan prestasi yang instan, tapi semua butuh proses. “Ini menjadi keuntungan dan kerugian Mayka saat terjun di dunia balap. Kerugiannya adalah nama belakangnya Rifat Sungkar, orang selalu berharap dia akan tiba-tiba bisa berprestasi seperti saya. Keuntungannya Insya Allah, nama ayahnya kelak nantinya bisa membimbing dia menjadi seseorang yang berprestasi,“ ujar Rifat.

YouTube Sebagai Dokumentasi

Gambar El Myka Rifat Sungkar dan Rifat Sungkar

Bukan tidak mungkin 20 tahun lagi lagu Indonesia Raya bergema di salah satu trek WRC

Sebagai perasaan bahagia sekaligus terharu Rifat akhirnya mendokumentasikan perjalanan Mayka di dunia balap ini dalam Youtube channelnya. Hal ini dimaksudkan supaya kelak tak akan sulit mencari seluruh dokumentasi seperti awal karir Rifat Sungkar sampai sekarang. Dengan segudang pengalamannya di dunia olahraga otomotif, Rifat juga selalu berbagi di youtube channel miliknya. Ia berharap dengan pengalaman-pengalaman yang bagikan akan memberi kesempatan kepada generasi mileneal untuk berprestasi di dunia olahraga otomotif. 

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Bertanding di Selandia Baru Tepat di HUT ke-74 RI, Rifat Sungkar Kibarkan Merah Putih

19/08/2019

Event - Promosi

3 menit

Rifat Sungkar selaku pereli Tanah Air bersama XPANDER Rally Team berhasil menyelesaikan balap di ajang NZRC Goldrush Rally of Coromandel yang digelar di Moewai Park, Selandia Baru pada Sabtu (17/8) kemarin atau bertepatan dengan Hari Ulang Tahun  ke -74 Republik Indonesia. Bertanding di Selandia Baru Tepat di HUT ke-74 RI, Rifat Sungkar Kibarkan Merah Putih

Lihat juga

Memahami Pentingnya Asuransi Mobil Ala Rifat Sungkar

22/07/2018

Pengemudian

Banyak yang dari Anda mungkin merasa mengeluarkan dana untuk asuransi mobil adalah hal sia-sia dan cenderung merugikan.

Lihat juga

Toyota GR Yaris WRC 2021 Resmi Di Uji Coba, Segera Perkuat Skuad Toyota WRC?

27/02/2020

Mobil baru

3 menit

Seorang natizen yang juga penggemar reli dunia (world rally championship) mengabadikan Toyota GR Yaris WRC, akankah mobil ini segerab perkuat skuad Toyota WRC?

Lihat juga

Telah Hadir, Tamiya Mini 4WD Yaris WRC

07/04/2019

Pasar mobil

Setelah TS-050 versi mainan tahun lalu, Tamiya merilis model Mini 4WD Yaris WRC. Seperti apa penampakan mobil pengantar juara konstruktor reli dunia bagi Toyota ini?

Lihat juga

Kemenangan Penuh Drama Hyundai Di WRC Tour De Course 2019

04/04/2019

Event - Promosi

Jujur saja, tidak ada yang menyangka Thierry Neuville menjadi jawara di kejuaraan dunia reli seri ke-4, kemenangannya bisa dibilang mengejutkan banyak pihak. Lantas apa yang sebenarnya terjadi?

Lihat juga
 
back to top