Lewis Hamilton Gagal Taklukkan Verstappen di F1 Sprint Inggris

18/07/2021

Event - Promosi

3 menit

Max Verstappen kembali mendominasi di ajang F1 Sprint Inggris. Sang juara dunia dan tuan rumah, Lewis Hamilton, gagal mengkapitalisasi keunggulan posisi.

Lewis Hamilton melakukan start dari posisi terdepan pada F1 Sprint Inggris 2021 setelah mencatatkan waktu tercepat di sesi kualifikasi. Namun, Hamilton gagal mengkapitalisasi posisi tersebut menjadi kemenangan setelah Max Verstappen tampil luar biasa.

Verstappen start dari posisi kedua dan Valtteri Bottas, rekan setim Lewis Hamilton start dari posisi ketiga. Charles Leclerc berhasil membawa Ferrari yang ia kendarai untuk start di posisi keempat meski sang kuda jingkrak masih belum menemukan pace yang baik sepanjang musim.

Mayoritas Pembalap Start Dengan Ban Medium

Gambar Lewis Hamilton

Meski tampil cemerlang di kualifikasi, Hamilton tak mampu membendung Vertappen di sprint race

Karena F1 Sprint tidak memperbolehkan pit stop untuk mengganti ban, mayoritas pembalap menggunakan ban medium pada sprint qualifying F1 Inggris 2021 ini, termasuk Max Verstappen dan Lewis Hamilton.

>>> Daftar 10 Negara yang Langganan Mobil Buatan Indonesia

Meski begitu, ada beberapa pembalap yang memakai ban soft untuk bisa melesat sejak awal balapan. Bagi Anda yang belum tahu, F1 Sprint merupakan format baru dalam kualifikasi. Sehingga urutan finish pada ajang ini akan menjadi posisi grid pada Grand Prix di hari Minggu (18/7).

Start dari posisi kedua, Max Verstappen memulai balapan sprint ini dengan sangat baik. Ia pun langsung merebut posisi pertama dari Lewis Hamilton. Meski sempat  memberikan perlawanan yang alot di lap pertama, Verstappen akhirnya mampu memberi jarak sebagai pemimpin balapan.

Gambar Verstappen

Verstappen langsung membuat jarak dari Hamilton setelah menyalip di awal balapan

Hamilton sempat mencoba memperpendek jaraknya dengan Verstappen untuk masuk ke jangkauan DRS. Sayangnya, sang pemimpin klasemen masih terlalu cepat untuk dikejar. Nampaknya, peningkatan mobil dari Mercedes-AMG Petronas F1 Team masih belum cukup untuk mengejar Red Bull Racing.

Strategi Ban Soft Kurang Berhasil

Memasuki lap 5, Sergio Perez mengalami insiden dan melintir keluar lintasan setelah posisinya turun ke P7 di awal balapan. Perez bisa kembali ke lintasan namun posisinya turun sangat banyak. Mobil RB16B yang ia kendarai pun mengalami sedikit kerusakan pada bagian spoiler depan.

>>> George Russell Bakal Segera Gantikan Bottas di Tim Mercedes?

Sementara itu di papan tengah, Fernando Alonso tampil brilian dengan strategi ban soft. Pembalap asal Spanyol ini start dari P11 dan langsung melesat ke P5 di awal F1 Sprint Inggris ini.

Gambar Insiden Sergio Perez

Sergio Perez mengalami insiden di lap 5

Sayangnya, penggunaan ban soft tersebut juga membuat performa ban turun dengan cepat sehingga pace Alonso pun menurun lama kelamaan dan harus rela dilewati oleh beberapa pembalap.

Valtteri Bottas, yang juga menggunakan ban soft hanya bisa bertahan di posisi P3. Sementara di belakangnya Charles Leclerc menempel cukup dekat dengan ban medium. Setidaknya ajang F1 Sprint pertama ini menjadi pelajaran bagi para tim dalam hal strategi pemilihan ban.

Akhirnya, Verstappen pun memenangkan F1 Sprint Inggris 2021 setelah Lewis Hamilton tak mampu mengejar sang pemimpin lomba meski sempat memangkas jarak di lap terakhir.

Kemenangan di Sirkuit Silverstone ini memberikan 3 poin buat Verstappen sekaligus status pole position di Grand Prix Inggris. Valtteri Bottas melengkapi 3 besar, diikuti Charles Leclerc dan Lando Norris.

Gambar Hasil F1 Sprint Inggris

Hasil F1 Sprint Inggris 2021

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

 
back to top