Lewis Hamilton Diselidiki FIA karena Pakai Baju Bermuatan Politik

16/09/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Lewis Hamilton Diselidiki FIA karena Pakai Baju Bermuatan Politik
Pembalap Formula Satu (F1) dari tim Mercedes AMG, Lewis Hamilton, pasca balapan di Sirkuit Mugello, Italia harus diselidiki pihak FIA karena menggunakan kaus bertuliskan provokatif.

Lewis Hamilton memang mengantongi gelar paling bergengsi saat laga di Grand Prix (GP) Tuscan. Namun pembalap kulit hitam itu kini tengah dalam penyelidikan formal oleh pihak FIA. Hal ini karena insiden kaus yang digunakan Hamilton saat usai balapan.

Hamilton diselidiki oleh FIA lantaran menggunakan baju yang dianggap bermuatan politik srrta provokatif. Mengingat penampilannya yang juga sebagai public figure, FIA menilai jika ajang olahraga jangan pernah dijadikan panggung politik.

>>> Hamilton Menangi Balapan Penuh Insiden di F1 GP Tuscan

Lewis Hamilton Diselidiki karena Gunakan Kaus Membela Kulit Hitam

Kaus Lewis Hamilton GP Tuscan

Kaus dengan tulisan inilah yang dipermasalahkan FIA

Hal yang menarik dari penyelidikan yang akhirnya dijalani tim independen FIA adalah tulisan pada kaus yang dikenakan Hamilton. Sesaat setelah memenangi balapan, Hamilton terlihat berfoto dengan cara berlutut dan mengenakan baju bertuliskan 'Arrest Cops Who Killed Breonna Taylor' pada bagian.

Yang artinya tangkap polisi yang membunuh Breonna Taylor. Sementara pada bagian belakangnay terpampang wajah tenaga medis berkulit hitam dengan tambahan tulisan 'Say Her Name'.

Perlu diketahui, Breonan Taylor tewas dalam penggerebekan polisi yang dinilai tanpa surat penggeledahan. Taylor saat itu berada di tepat tidur dan langsung diciduk polisi. Karena dinilai melawan polisi, Taylor pun akhirnya ditembak mati.

>>> Mobil Off-road Terbaik, Jeep Wrangler, Land Rover Defender, atau Mercedes-Benz G-Class?

Sudah Lama Direncanakan Lewis Hamilton

Lewis Hamilton FIA

Jika terbukti melanggar, FIA akan memberikan sanksi kepada Hamilton dan timnya

>>> Review Mercedes-AMG GT 53 4MATIC 2020: Otot Kuat Di Balik Keanggunan

Dikutip Cintamobil.com dari Autoevolution, Rau (16/09/2020), ternyata juara F1 enam kali itu mengaku sudah lama berkeinginan mengenakan kaus tersebut.

"Butuh waktu lama bagi saya mendapatkan baju itu, dan sudah lama saya ingin memakainya," kata Hamilton.

Namun keputusan Hamilton untuk mengenakan T-shirt berwarna dasar hitam dengan tulisan putih ini dianggap melanggar peraturan FIA. Ini akibat Hamilton dianggap melakukan gerak tubuh politik selama balapan.

Saat ini FIA terus melakukan penyelidikan atas kejadian ini. Jika diputuskan terjadi pelanggaran, maka Lewis Hamilton akan dikenai sanksi. Namun sampai saat ini prosedur formal belum diumumkan oleh pihak FIA.

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Lewis Hamilton Tak Pernah Lagi Nyetir Supercar Koleksinya

11/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Punya banyak supercar dengan nilai jutaan dolar tak membuat Lewis Hamilton menggeber mobil kesayangannya itu setiap hari. Ia justru jarang menyetir supercar.

Lihat juga

Lewis Hamilton Resmikan Tim untuk Balapan Extreme E

08/09/2020

Pasar mobil

2 menit

Sebagai salah satu cara menggalakkan perubahan iklim, Lewis Hamilton membuat sebuah tim yang akan berlaga pada kompetisi balapan Extreme E tahun depan.

Lihat juga

Tim Scuderia AlphaTauri yang Disokong Honda F1 Pakai HondaJet

11/09/2020

Event - Promosi

3 menit

Salah satu tim balap Formula Satu yang disokong Honda F1 yakni Scuderia AlphaTauri gunakan HondaJet Elite sebagai alat transportasi udara untuk timnya

Lihat juga

F1 GP Italia: Mercedes Tercecer, Gasly Sensasional

07/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Gelaran F1 GP Italia menghadirkan pertarungan menarik. Duo Mercedes terlempar dari persaingan dengan Pierre Gasly mencatat kemenangan pertamanya di Formula 1 bersama Scuderia Alpha Tauri-Honda.

Lihat juga

Coupe Empat Pintu Mercedes AMG GT nan Melesat di Geneva Motor Show

10/03/2018

Mobil baru

Mercedes-Benz menarik perhatian pecinta otomotif yang menyambangi Geneva Motor Show 2018 minggu ini. Produsen mobil mewah tersebut meluncurkan seri Mercedes-Benz AMG GT Coupe 4 pintu.

Lihat juga