Kualifikasi F1 Austria 2021: Max Verstappen Pole, Lando Mengejutkan

04/07/2021

Event - Promosi

3 menit

Setelah mencatatkan waktu kualifikasi tercepat di Grand Prix Prancis dan Styria, Max Verstappen kembali menduduki posisi pole posittion di seri Austria.

Max Verstappen mengamankan pole position di Red Bull Ring setelah tampil tercepat di kualifikasi Formula 1 Grand Prix Austria pada hari Sabtu (3/7). Sang rival dari tim Mercedes-AMG Petronas F1 Team, Lewis Hamilton akan start dari P4.

Pembalap McLaren, Lando Norris akan start di belakang Verstappen. Ini pertama kalinya Norris akan memulai balapan dari baris terdepan. Yang lebih impresif, pembalap asal Inggris ini mampu mencatatkan waktu dengan margin tipis 0,048 detik dari Verstappen.

Gambar Lando Norris

Lando Norris tampil sangat impresif pada kualifikasi GP Austria

Duo Mercedes-AMG Tampil Medioker

Di awal sesi pertama, Verstappen dan Hamilton bersaing cukup ketat, diikuti oleh Valtteri Bottas. Max Verstappen menetapkan tolak ukur waktu tercepat di sesi ini dengan 1 menit 4,249 detik.

>>> Dominan Di 2021, Performa Red Bull Racing Justru Dipertanyakan

Kedua pembalap Mercedes tampil medioker di saat beberapa pembalap papan tengah dapat mempertajam waktu mereka. Norris mencatat waktu tercepat kedua dengan Fernando Alonso yang tampil cukup baik mampu mencatat waktu tercepat ketiga.

Beberapa pembalap yang tidak lolos ke Q2 di antaranya Esteban Ocon, Kimi Raikkonen, Nicholas Latifi, Mick Schumacher, dan Nikita Mazepin.

Gambar Sergio Perez

Checo mengawali sesi Q2 dengan baik

Di awal Q2, terlihat beberapa pembalap memulai sesi dengan menggunakan ban berkompon medium yang juga akan dipakai pada awal balapan besok. Sergio Perez mampu mengawali sesi dengan cukup baik dengan mencetak 1 menit 4,554 detik di awal-awal Q2.

Verstappen yang percaya diri untuk lolos ke sesi Q3, menunda keluar trek demi menunggu lintasan yang lebih longgar. Benar saja, begitu keluar dari pit Verstappen langsung mencetak waktu 1 menit 4,208 detik, unggul 0,3 detik dari Hamilton di pertengahan Q2.

>>> Bos Mercedes F1, Toto Wolff Jual Semua Ferrari Koleksinya, Ada Apa Ya?

Kualifikasi yang Mengagumkan Dari Lando Norris

Di akhir Q2, Hamilton dan Bottas berhasil mempertajam waktunya dan berhasil menempel Max Verstappen yang juga semakin cepat. George Russell akhirnya mampu menembus Q3 pertamanya bersama Williams, bahkan dengan ban medium.

Sementara itu Duo Scuderia Ferrari, Carlos Sainz dan Charles Leclerc tidak lolos ke Q3 bersama dengan Daniel Ricciardo, Fernando Alonso, dan Antonio Giovinazzi.

Gambar Charles Leclerc

Scuderia Ferrari melanjutkan hasil kurang memuaskan di Austria

Begitu Q3 dimulai, Verstappen langsung melesat ke atas diikuti Lando Norris yang mencetak lap mengagumkan. Keduanya mampu menembus 1 menit 3 detik di awal sesi diikuti Hamilton dan Bottas.

Pada akhirnya tidak ada pembalap yang bisa mengungguli catatan waktu dari Max Verstappen. Ia pun meraih pole position di F1 Austria 2021 diikuti Lando Norris di posisi kedua, sementara Sergio Perez berhasil masuk 3 besar setelah berhasil mempertajam waktunya.

Hamilton hanya sanggup meraih posisi keempat kali ini, dan posisi kelima dipegang oleh rekan satu timnya, Valtteri Bottas.

>>> Tips Bikin Mobil Kinclong Selama PPKM, Tak Perlu ke Salon Mobil!

Berikut hasil kualifikasi F1 Austria 2021

Gambar hasil kualifikasi F1 Austria 2021

Catatan waktu kualifikasi F1 Austria 2021

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

 
back to top