KTM, Honda, Yamaha, dan Piaggio Bikin Baterai Motor Listrik Portable

04/03/2021

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
KTM, Honda, Yamaha, dan Piaggio Bikin Baterai Motor Listrik Portable
Keempat produsen motor ini telh sepakat membuat konsorsium untuk memproduksi baterai motor listrik yang bisa dicabut pasang untuk memudahkan masyarakat saat menggunakan motor listrik.

Populasi kendaraan listrik terus didurong oleh seluruh dunia, bukan hanya mobil listrik tapi juga motor listrik. Dan sejumlah produsen sepeda motor pun menghadirkan teknologi yang berbeda. Satu diantaranya adalah memungkinkan untuk pada pengguna saling berbagai baterai motor listrik atau yang juga dikenal dengan istilah swappable battery system.

Sebenarnya sistem ini sudah lebih dulu diterapkan oleh produsen skuter dan motor listrik dari Cina dan Taiwan. Dengan teknologi tersebut memungkinkan baterai yang kehabisan daya dapat diisi di tempat pengisian daya baterai umum. Selanjutnya Anda bisa menggunakan baterai lain yang masih memiliki daya sembari baterai tersebut terisi penuh.

>>> Orang Indonesia Belum Terbiasa dengan Motor Listrik

KTM, Honda, Yamaha, dan Piaggio Saling Bekerja Sama

Baterai Motor Listrik Honda

Empat produsen motor akan buat baterai yang bisa saling ditukar pasang

Teknologi baterai motor listrik yang bisa di cabut pasang dan ditukar dengan baterai lain ini rupanya menggugah pula produsen motor dari negara lain. Akhirnya KTM, Honda, Yamaha, dan Piaggio pun saling bergandengan tangan. Keempat produsen lintas negara itu telah mengumumkan awal pekan ini jika mereka akan membuat sebuah perjanjian kerja sama yang dinamakan konsorsium baterai. Kerja sama ini untuk memungkinkan terjadinya sistem swappable battery terhadap motor-motor listrik yang ada.

"Untuk kendaraan roda dua yang menggunakan penggerak listrik, kendala utamanya ada pada jangkauan baterai, dan waktu pengisian daya baterai. Untuk mengatasi tantangan ini, kami akan memberikan sistem baterai yang dapat ditukar namun memenuhi standar teknis internasional," ucap Stefan Pierer, CEO KTM dikutip dari Autoevolution, Rabu (03/03/2021).

>>> Yakin Mau Beli Mobil Listrik? Simak Dulu Kajian Ini

Bisa Dipakai untuk Semua Jenis Motor Listrik

Swappable Battery System

Nantinya baterai ini bisa dipakai untuk semua motor listrik

>>> Review DFSK Gelora E 2020: Mobil Listrik Serbaguna Pertama Di Kelasnya

Keempat perusahaan sepeda motor ini sudah sepakat untuk menciptakan sistem baterai motor listrik yang bisa dicopot pasang untuk kendaraan kategori L. Artinya baterai dapat dipakai untuk motor listrik jenis skuter, motor bebek, motor sport, motor roda tiga, atau bahkan motor roda empat dengan daya maksimum tidak lebih dari 4 kW.

Para perusahaan yang bekerja sama ini akan mulai memproduksi baterai jenis swappable itu mulai Mei 2021. Dan setiap perusahaan yang ikut dalam kerjasama ini harus menyediakan produk motor listrik yang menggunakan baterai dengan spesifikasi seragam.

"Elektrifikasi akan memainkan peranan utama dalam mobilitas masa depan. Dan kami senang menjadi bagian dalam konsorsium ini untuk bisa memajukan sektor e-mobility," tukas Pierer.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top