Korea Selatan Mulai Terapkan SIM Digital, Bisa Diakses Lewat Ponsel

27/08/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Korea Selatan Mulai Terapkan SIM Digital, Bisa Diakses Lewat Ponsel
SIM Digital ini bisa diakses menggunakan aplikasi mobile yang bekerja sama dengan operator selular. Bahkan untuk perpanjangan SIM juga bisa lewat aplikasi itu.

Kewajiban membawa SIM (Surat Izin Mengemudi) saat nyetir mobil sudah diatur dalam undang-undang lalu lintas. Bahkan bukan cuma di Indonesia, seluruh dunia pun memiliki peraturan lalu lintas seperti ini. Karena SIM menjadi satu acuan jika seseorang sudah tersertifikasi sebagai pribadi yang layak untuk mengendarai kendaran bermotor. Karena itulah SIM juga wajib diperbaharui setiap periode waktu tertentu.

Lalu bagaimana jika suatu ketika Anda terlupa membawa SIM? Mungkin akibat dompet atau tas tertinggal atau terjatuh di suatu tempat, atau bahkan hilang dicuri? Pastinya repot karena harus mengurus SIM baru. Mungkin Anda berandai-andai apabila ada SIM Digital yang bisa diakses secara online pasti akan lebih mudah dan praktis.

>>> Catat! Masa Berlaku SIM Kini Bukan Lagi dari Tanggal Lahir

Korea Selatan Sudah Terapkan SIM Digital

SIM Digital di Korea Selatan

Contoh SIM Digital di Korea Selatan

Coba tanyakan tentang khayalan Anda mengenai SIM model virtual ini pada warga di Korea Selatan. Karena ternyata negara yang terkenal dengan K-Pop-nya itu baru-baru ini meluncurkan sebuah aplikasi SIM Digital. Dengan sistem ini, SIM seseorang bisa diakses via aplikasi mobile tertentu sehingga tak perlu repot lagi membawa fisik SIM yang berupa kartu atau buku. Anda cukup membutuhkan perangkat genggam yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Dikutip Cintamobil.com dari Autoevolution, Rabu (26/08/2020), SIM Digital ini tercatat sudah bisa diakses oleh lebih dari 1 juta perangkat selular di negara tersebut. Sistem ini terintegrasi dengan aplikasi PASS, yang secara resmi telah diluncurkan pada Juli 2018 silam.

>>> Ketahui Jenis Surat Izin Mengemudi yang Berlaku di Indonesia

Bisa untuk Berbagai Keperluan Harian

Membuat SIM Baru

SIM tersebut bisa diperpanjang lewat aplikasi tanpa harus datang ke kantor kepolisian

Di awal tahun ini, ada tiga operator selular raksasa di negara tersebut, yakni SK Telecom, KT, dan LG Uplus sudah bergabung dengan PASS. Dengan bergabungnya operator selular tadi, memungkinkan penggunanya untuk bisa langsung mengakses aplikasi SIM tersebut melalui ponsel mereka.

Selain sebagai syarat mengemudi kendaraan bermotor, SIM Digital di Korea Selatan ini juga dapat diakses untuk keperluan berbagai macam hal. Misalnya untuk verifikasi usia di serangkaian toko swalayan.

Yang lebih menarik, kerjasama dengan operator selular juga memungkinkan para pelanggannya melakukan perpanjangan SIM langsung dengan menggunakan aplikasi. Sehingga tidak dibutuhkan lagi datang ke kantor kepolisian.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak berita otomotif yang hot lainnya

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Bikin SIM Internasional Cukup di Rumah Aja, Ini Caranya

15/07/2020

Pengemudian

5 menit

Bikin SIM Internasional sekarnga cukup di rumah aja. Anta dinggal mengajukan permohonan secara online, nantinya jika SIM sudah jadi akan dikirim ke rumah.

Lihat juga

Pemohon SIM Membludak, Polisi Tambah Layanan Simami

21/07/2020

Event - Promosi

5 menit

Layanan Simami merupakan kependekan dari sebutan untuk layanan SIM Malam Minggu. Layanan tambahan ini demi mengurai kerumunan pemohon SIM di Kantor Satpas.

Lihat juga

HUT ke-74 Bhayangkara, Sebanyak 4.308 Warga Ikuti Program SIM Gratis

01/07/2020

Event - Promosi

3 menit

Merayakan hari Bhayangkara ke-74, sebanyak 4.308 masyarakat Indonesia ikut berpartisipasi program SIM gratis, baik itu perpanjangan serta pembuatan SIM baru.

Lihat juga

Pelayanan SIM, STNK, dan BPKB Sudah Dibuka Lagi

01/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Keputusan memperpanjang penutupan layanan SIM, STNK, dan BPKB hingga 29 Juni 2020 dibatalkan. Dan mulai 30 Mei seluruh layanan tersebut dibuka kembali.

Lihat juga

SIM-STNK Habis Selama Masa PSBB, Bisakah Klaim Asuransi Mobil?

27/04/2020

Event - Promosi

3 menit

SIM dan STNK merupakan syarat mengajukan klaim asuransi. Lantas bisakah pengendara mengajukan klaim asuransi mobil jika SIM dan STNK habis selama masa PSBB?

Lihat juga
 
back to top