Kontrak Habis, Frankfurt Motor Show 2021 Tak Lagi Diadakan di Frankfurt

31/01/2020

Event - Promosi

2 menit

Kontrak Habis, Frankfurt Motor Show 2021 Tak Lagi Diadakan di Frankfurt
Mengusung tema dan konsep baru, penyelenggara ajang otomotif dua tahunan Frankfurt Motor Show akan memindahkan kota penyelenggara, tak lagi di Frankfurt.

Bisa disebut sebagai salah satu pameran otomotif terbesar sejagad, Frankfurt Motor Show (FMS) telah diselenggarakan sejak tahun 1951. Tapi laporan terbaru menyebutkan pameran otomotif ini akan dipindahkan dari Frankfurt. Pemilihan kota sedang dilakukan untuk penyelenggaraan tahun 2021.

Event otomotif dua tahunan ini merupakan bagian dari Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) FMS yang diselenggarakan oleh Verband der Automobilindustrie (VDA) atau Asosiasi  Industri Otomotif Jerman. Masalah FMS berawal dari habisnya kontrak penyelengaraan dengan Messe Frankfurt tahun lalu.

penyelenggaraan pertama Frankfurt Motor Show 1951
Pameran di Frankfurt telah diselenggarakan sejak 1951

>>> Ada Trek Indoor Terpasang Pada Geneva Motor Show Tahun Ini

Pada Oktober 2019, IAA mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan konsep baru untuk penyelenggaraan tahun 2021. Belum ada penjelasan rinci, tetapi IAA bermaksud untuk membuat acara lebih baik bagi pabrikan mobil. Untuk itu, organisasi mengkonfirmasi sedang mempertimbangkan lokasi alternatif.

Selama penentuan konsep baru hingga minggu lalu, tujuh kota telah mengajukan ide menjadi penyelenggara untuk IAA 2021. Beberapa kota yang dipertimbangkan adalah Berlin, Cologne, Frankfurt, Hamburg, Munich, Stuttgart, dan Hanover.

Direktur Pelaksana VDA Dr. Martin Koers memutuskan kota yang menjadi finalis termasuk Berlin, Hamburg dan Munich. Akibatnya, FMS nantinya tak akan lagi diadakan di Frankfurt. VDA menyebutkan bahwa Pembicaraan tentang kota yang terpilih akan diumumkan dalam beberapa minggu ke depan.

penyelenggaraan Frankfurt Motor Show 2019 dengan sedikit pengunjung 
Pengunjung yang semakin berkurang menjadi masalah FMS tahun lalu

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

“Keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah bagi dewan direksi VDA: [Frankfurt] adalah kota penyelenggara IAA selama hampir 70 tahun; secara internasional, jelas terlihat dari istilah yang sering digunakan, 'Frankfurt Motor Show'. VDA berterima kasih kepada kota Frankfurt dan Messe Frankfurt atas kemitraan yang lama dan sangat baik serta semua kepercayaan selama ini,” jelas pernyataan resmi VDA.

IAA menyebutkan terjadinya penurunan tajam terhadap jumlah pengunjung dan peserta pameran selama pertunjukan tahun lalu. FMS 2019 hanya mampu menarik 550.000 pengunjung. Jauh di bawah pengunjung tahun 2017 yang tercatat 810.000 orang dan 931.000 pengunjung pada 2015 silam.

>>> Temukan berita terlengkap seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top