KMW, Kendaraan Desa Asli Pribumi yang Siap Meluncur di GIIAS 2018

11/07/2018

Event - Promosi
Share this post:
KMW, Kendaraan Desa Asli Pribumi yang Siap Meluncur di GIIAS 2018
Kementrian Perindustrian bersiap untuk meluncurkan mobil pedesaan yang disebut dengan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan atau AMMDes bermerek KMW pada ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) Agustus mendatang.

Dikembangkan oleh PT Kiat Mahesa Wintor dan PT Valesto Indonesia, Muhammad Yasin selaku Plant & Engineering Division Head KMWI mengungkapkan bahwa AMMDes dengan merek Kiat Mahesa Wintor (KMW) akan memiliki kapasitas dan fungsi yang lebih luas sebagai salah satu produk dari Astra Internasional.

KMW yang sedang dalam tahap finalisasi sebagai kendaraan produksi massal masih mendapatkan berbagai peningkatan, termasuk pengujian dalam menghadang berbagai rintangan. Tentunya, sebagai kendaraan ‘desa’, kondisi jalanan tidak rata dan berlumpur disebut sebagai rintangan terberat KMW.

Gambar yang menunjukan mobil baru Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) berwarna putih

Kemenperin ketika mengunjungi pabrik KMW

>>> 40 mobil baru siap meluncur dalam gelaran GIIAS 2018

"Saat pengujian mobil, kami bisa diuji dengan muatan penuh hingga 700 kg dengan sudut kemiringan 20-30 derajat. Sebetulnya kemiringan  20-30 tidak safety, tapi kita mampu, sedangkan mobil MPV saja sulit lewat sini. Bahkan kalau lewat Nagrek saja paling kemiringannya 12-17 derajat. Jadi tak perlu khawatir," jelas Yasin.

Untuk mengatasi jalanan yang licin dan berlumpur, Yasin juga menjelaskan bahwa mobil desa KMW menggunakan model ban triangle atau tipe low pressure ground tire. Konsep ban bertekanan rendah berguna untuk membantu kendaraan berjalan di tingkat kekompakan tanah yang rendah, seperti berkerikil, berpasir, hingga berlumpur.

>>> Ingin dapatkan kendaraan bekas berkualitas? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

Gambar yang menunjukan bagian rangka atau sasis dari mobil Kemenperin Kiat Mahesa Wintor

Versi rangka Kiat Mahesa Wintor yang diperkenalkan pada AMMDes Summit

Dengan dimensi 341 cm, lebar 134 cm dan tinggi 194 cm, mobil ini memiliki berat mencapai 800 kg serta daya angkut 700 kg pada jalan mendatar dan 500 kg pada jalan mendaki. Sebelumnya, saat diperkenalkan pada AMMDes Summit Maret lalu, KMW baru memiliki tampilan sasis dengan radius putar hingga 4.0 meter dan jarak roda 190 cm.

>>> Berita event otomotif paling lengkap hanya di Cintamobil

Reiza Treistanto, Direktur PT Velasto Indonesia membeberkan mobil ini dilengkapi dengan mesin diesel 500 cc yang sanggup melontarkan daya 14 tenaga kuda pada putaran maksimal 2.800 rpm dan kapasitas tangki bahan bakar 9.0 Liter.

Gambar yang menunjukan menteri perindustrian yang sedang memberikan kenang-kenangan berupa mobil mini

Menteri Perindustrian memberikan  kenang-kenangan pada PT Kiat Mahesa Wintor

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto yang kemarin mengunjungi kesiapan KMW sebelum GIIAS 2018 nanti, mengingatkan agar produsen mengoptimalkan tingkat kandungan komponen dalam negeri. Berdasarkan kunjungan Kemenperin lalu, saat ini komponen lokal AMMDes baru mencapai 70%.

>>> Dapatkan informasi berita otomotif paling lengkap hanya di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top