Keren! Inilah Deretan Mobil Listrik Karya Kampus & SMK Di IEMS 2021

25/11/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Di ajang Indonesia Electric Motor Show 2021 Hybrid ini ada 4 mobil listrik yang cukup menarik perhatian kami, dan hebatnya ini merupakan karya kampus dan SMK!

Pada ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 Hybrid yang berlangsung di Gedung Manajemen ORPPT-BRIN, Kawasan Puspitek Serpong tanggal 24 - 26 November 2021 ini setidaknya ada 4 mobil listrik yang cukup menarik perhatian tim Cintamobil.com, dan hebatnya ini merupakan karya kampus dan SMK!

IT PLN

Kampus Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara (IT PLN) ini membawa dua mobil listrik. Pertama adalah BRAJAMUSTI yang merupakan Electric Vehicle Racin Team Braja Racing Gen 2. Dan yang kedua adalah KARLING-4R yang merupakan akronim dari Kendaraan Ramah Lingkungan 4 Roda.

>>> Ragam Promo Mobil Baru Paling Menarik di GIIAS 2021

Sekadar informasi, tim kendaraan Brajamusti IT PLN Jakarta merupakan tim formula mahasiswa pertama yang didirikan dan mewakili Indonesia dalam kompetisi mobil listrik di Indonesia. Tim Brajamusti didirikan pada 17 Desember 2017 dan meluncurkan mobil kompetisi mahasiswa pertama setahun kemudian (2018).

Mobil BRAJAMUSTI IT PLN

Meski mobil ini sederhana, tapi rem di keempat rodanya sudah cakram lho!

Tim Brajamusti berkompetisi dalam kompetisi Mobil Listrik Indonesia X (KMLI X) di Politeknik Negeri Bandung. Kompetisi ini sendiri merupakan salah satu ajang lomba terbesar di Indonesia untuk mahasiswa dan diselenggarakan oleh RISTEKDIKTI.

Sementara KARLING-4R meripakan prototype kendaraan roda 4 dengan konsep multipurpose yang bisa dikembangkan untuk kendaraan penumpang dan juga angkutan barang. Kalau Anda penasaran bisa kunjungi booth mereka di B9-B10 pada ajang IEMS 2021

UGM

Tak mau kalah dengan IT PLN, Universitas Gadjah Mada juga membawa serta mobil listrik andalannya. Tak main-main mobil listrik yang dibawa ini telah mendapatkan reputasi positif tak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri.

UGM sebagai salah satu institusi pendidikan terbesar di Indonesia membentuk Tim ARJUNA EV UGM. Yakni sebuah tim yang bertujuan untuk mendalami dunia kendaraan bertenaga listrik melalui riset dan pengembangan.

ARJUNA EV UGM, Yogyakarta

Prestasi mobil listrik racikan UGM ini tak perlu diragukan lagi

Sebagai tim riset kompetitif, yang berarti tim Arjuna fokus untuk melakukan riset dan menciptakan inovasi yang berkelanjutan, dan membuktikan hasil karya inovasinya melalui kompetisi baik skala nasional dan internasional. Hal ini membuktikan bahwa tim ini memiliki standar tinggi dan mampu bersaing dengan tim-tim luar negeri.

Hal ini dilakukan semata-mata agar semakin mewujudkan kesiapan generasi penerus bangsa dalam pengembangan teknologi mobil ramah lingkungan. Tim Arjuna terdiri dari mahasiswa yang cerdas gigih dan profesional berusaha menerapkan ilmu di bangku perkuliahan secara aplikatif.

ITS

Tim Nogogeni ITS merupakan salah satu tim peneliti kendaraan di Institut Teknologi Sepuluh (ITS) Nopember yang fokus mengembangkan kendaraan hemat energi yang ramah lingkungan untuk mengatasi permasalahan dunia yang diakibatkan oleh emisi kendaraan.

As info, tim inisedang mengembangkan dua kendaraan yang menggunakan bahan bakar etanol dan listrik. Pada pameran mobil listrik ini ITS membawa serta mobil Nogogeni VI EVO.

NOGOGENI V EVO ITS Surabaya

NOGOGENI VI EVO punya bentuk yang futuristik

Mobil ini menggunakan motor jenis brushless DC 1000W 48V yang ditenagai baterai lithium polymer (LiPO4) 48V 10Ah. Nogogeni VI EVO juga pakai paduan aluminium sebagai sasis, dan serat karbon. Tak lupa sistem kemudi rack and pinion, serta sistem rem cakram hidrolik di keempat roda.

Prestasi mobil ini pun tak bisa dianggap remeh, kendaraan ini mampu memenangkan dua kompetisi tahunan, Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) dan Shell Eco-Marathon (SEM) Asia, kami menantang diri untuk bersaing di Formula Society of Automotive Engineering (FSAE). Hebat bukan?

SMK 3 MATARAM

Terakhir yang tidak kalah menggoda adalah mobil listrik buah karya dari murid Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Mataram. Sekolah yang beralamat di Jl Pendidikan No.47 Mataram, Kota Mataram ini membawa sebuah mobil formula elektrik. Sekilas tampilannya mirip mobil balap Ariel Atom asal Inggris.

SMKN 3 Mataram membawa mobil E-Formula yang menggunakan tenaga listrik. Kami kutip dari situs LPKKI.id, diketahui bahwa riset kendaraan listrik ini didukungi oleh PLN melalui dana Corporate Social Responsibility atau CSR PLN Peduli PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara.

Mobil E-FORMULA SMK 3 MATARAM

Siapa sangka mobil ini racikan tangan dingin siswa/i SMK?

Mobil E-Formula buatan SMKN 3 Mataram ini mengikuti pameran nasional oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) dalam acara IEMS 2021 dengan tema ”Inovasion For Better Future e-Mobility”, di kawasan Puspitek Serpong pada tanggal 24-26 November 2021.

>>> Yakin Mau Beli Mobil Listrik? Simak Dulu Kajian Ini

 “Alhamdulillah SMKN 3 Mataram pada event tersebut mendapat kehormatan untuk menghadirkan E-Formula R-ONE_SMEKTI. Ini bukan suatu kebetulan semata atau sesuatu yang datang tiba-tiba. Melainkan bentuk penghargaan yang diberikan oleh teman-teman panitia atas dedikasi dan sumbangsih SMKN 3 Mataram yang selama 2 tahun terakhir ini konsen dalam pengembangan kendaraan listrik,” tutup Ruju Rahmad, selaku Kepala Sekolah SMKN 3 Mataram.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top