Usung Desain Baru, Kawasaki KLR650 2022 Makin Nyaman Dipakai Offroad

28/01/2021

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Kawasaki KLR650 2022 merupakan motor dual purpose terbaru dari Kawasaki yang menawarkan perubahan pada desain, sasis, dan teknologi mekanikalnya untuk membuat pengendaranya makin nyaman saat berpetualang.

Kawasaki KLR650 2022 merupakan motor jenis adventure terbaru dari Kawasaki. Sejumlah perubahan sudah dilakukan untuk membuatnya makin siap diajak berpetualang ke alam liar atau sekedar bermain offroad ringan di akhir pekan.

Bisa jadi, Kawasaki KLR650 merupakan pilihan baru bagi Anda yang sedang mencari motor dual purpose dengan desain menarik dan kemampuannya yang layak diandalkan. Apalagi harganya juga tidak semahal motor sejenis dari produsen Eropa.

Kawasaki KLR650 2022 headlamp

Lampu depan bentuknya mirip Z Series

>>> Tuk-Tuk Digeber di Sirkuit Nurburgring, Apa Jadinya?

Motor Sport Dua Alam yang Tampil Keren

Tidak bisa dipungkiri, Kawasaki memang piawai dalam menyodorkan motor-motor berdesain rupawan. Tak terkecuali dengan KLR650 sebagai motor baru Kawasaki di awal tahun ini. Lihat saja bagian lamp depannya yang menyerupai Seri Z yang notabene berjenis sport atau naked. Sementara motor dual purpose dari produsen lain umumnya menghadirkan lampu bulat atau kotak yang cenderung membosankan.

Kemudian sedikit ke belakang, sebagain tubuhnya ditutup fairing. Lekukannya juga menarik dan punya fungsi tambahan untuk menutup komponen lain dibagian dalamnya dari cipratan lumpur atau lemparan batu saat Anda bermain offroad dengan motor ini. Lalu di atas lampu juga ada tambahan windshield yang bisa dipanjangkan 51 mm untuk kenyamanan ekstra selama berkendara. Perlindungan berikutnya juga ada di bagain bawah blok mesin.

Kawasaki KLR650 2022 engine

Mesinnya juga sudah disuntikkan beberapa komponen baru

>>> Ganti Oli Mobil Tapi Beda Merek Amankah?

Selanjutnya posisi setang dan footstep juga diperhitungkan agar bikers tetap merasa nyaman walau melaju dengan Kawasaki KLR650 2022 dalam waktu lama. Dari balik firing juga sudah tersimpan tangki berkapasitas 23 liter. Bentuk tangki ini pun didesain ulang agar selaras dengan lekuk fairing.

Pakai Sasis Baru

Selain desain yang sedikit sudah mendapat pembaruan, Kawasaki KLR650 2022 juga menggunakan sasis baru. Rangkanya pakai model semi-double-cradle, dan subframe sekarang dibuat menjadi satu bagian untuk membuat sasis lebih rigid. Hal baru berikutnya adalah suspensi depan yang pakai telescopic 41 mm ditambah adjustable Uni-Trak.

Kawasaki KLR650 2022 ABS

Ada yang versi versi non ABS dan ABS serta yang full aksesoris offroad

>>> Review Jeep Cherokee Trailhawk 2020: Mobil Off-road Legendaris Pelibas Jimny

Mesinnya tetap berkapasitas 652 cc tapi ada beberapa teknologi baru. Antara lain rasio kompresi kini 9,8:1, cam pakai part baru, sistem direct fuel injection baru, serta sistem pembuangan gas yang juga lebih dioptimalkan. Untuk penghenti laju mesin ini, roda depan dibekali cakram diameter 300 mm, sementara di roda belakang ukurannya 240 mm namun lebih tebal dari cakram depan.

Kawasaki KLR650 2022 ini sudah tersedia untuk pasar di Amerika Serikat (AS) dengan harga USD 6.699 (Rp 92 jutaan) untuk yang non ABS dan USD 6.999 (Rp 97 jutaan) untuk yang tipe ABS. Kalau mau yang versi Adventure lengkap dengan berbagai aksesoris offroad, maka bisa tebus seharga USD 7.999 (Rp 110 jutaan). Setelah AS dan Eropa, Kawasaki juga berniat memasarkan KLR650 2022 ini di Asia. Indonesia?

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top