Kabar Gembira, Jembatan Suramadu Sekarang Gratis Untuk Semua Kendaraan

29/10/2018

Event - Promosi
Jembatan penyeberangan Suramadu resmi dicabut statusnya sebagai jembatan tol mulai Sabtu, 27 Oktober 2018, mulai pukul 16.28 WIB oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dengan demikian pengendara kendaraan bermotor baik motor maupun mobil tidak perlu lagi membayar untuk menyeberang melalui jembatan tersebut alias gratis.

Foto Para pemotor dan mobil melintas di Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu vital bagi akifitas warga Surabaya dan Madura

Para pengguna jalan yang sering melintas di Jembatan Suramadu , khususnya warga Madura, Surabaya dan sekitarnya kini bisa tersenyum lebar. Mulai 27 Oktober 2018 pukul 16.28 semua yang melintas melalui jembaran sepanjang 5,4 kilometer tersebut tidak lagi harus membayar setelah statusnya sebagai jalan tol dicabut Presiden RI Joko Widodo.

"Dengan mengucap Bismilllahirrahmanirrahim, jalan Tol Suramadu sore hari ini kita ubah jadi non tol biasa," kata Jokowi di lokasi Jembatan Suramadu, Sabtu (27/10/2018) pukul 16.10 WIB.

>>> Pemeliharaan Sampai Desember 2018, Intip Jalur Alternatif Tol Jagorawi

Hadir dalam acara pembebasan tarif Jembatan Suramadu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Staf Khusus Presiden Johan Budi, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono serta puluhan tokoh agama dan masyarakat Surabaya dan Madura.

Langkah Presiden membebaskan tarif Jembatan Suramadu ini diambil setelah mendengarkan berbagai masukan dari banyak kalangan seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, Ikatan Keluarga Madura dan juga para pengguna jembatan. Diharapkan dengan digratiskannya melintas di Jembatan Suramadu bakal memberikan dampak signifikan bagi perkembangan ekonomi di wilayah Surabaya, Madura dan sekitarnya dari berbagai sektor.

"Kita harapkan dengan menjadi jembatan non-tol biasa petumbuhan ekonomi, investasi akan datang semakin banyak. Properti, tourisme berkembang di Kabupaten Surabaya, pertumbuhan ekonomi betul-betul kelihatan," kata dia.

>>> Ingin membeli mobil baru? Berikut daftar harga yang ditawarkan oleh Cintamobil.com di sini

Foto Presiden Joko Widodo di Jembatan Suramadu

Status Jembatan Suramadu sebagai jalan tol resmi dicabut, masyarakat bisa melintas tanpa harus membayar

Jembatan Suramadu sebelumnya dioperasikan oleh PT jasa Marga (Persero) Tbk melalui cabang Surabaya-Gempol dengan tarif terakhir sebagai berikut:

Golongan I Sedan, jip, pick up/truk kecil, dan bus Rp 15.000
Golongan II Truk dengan dua gandar Rp 22.500
Golongan III Truk dengan tiga gandar Rp 30.000
Golongan IV Truk dengan empat gandar Rp 37.500
Golongan V Truk dengan lima gandar Rp 45.000

Dengan beralihnya status menjadi jalan umum, pengelolaan Jembatan Suramadu sepenuhnya ditangani oleh negara dengan biaya dari APBN. Sebagai payung hukum, penetapan tarif gratis ini dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 98 Tahun 2018 tentang Jembatan Surabaya-Madura. Pasal 1 Perpres tersebut tertera, pengoperasian Jembatan Suramadu sebagai jalan tol diubah menjadi jalan umum tanpa tol.

>>> Baca berita lalu lintas yang lain di Cintamobil.com

Foto keindahan Jembatan Suramadu di malam hari

Pemandangan indah Jembatan Suramadu malam hari

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top