Juara Dunia Formula E Keturunan Indonesia Diam-diam Ditaksir Tim F1

18/08/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Juara Dunia Formula E Keturunan Indonesia Diam-diam Ditaksir Tim F1
Baru setahun memperkuat tim Mercedes-EQ di ajang Formula E dan menjadi juara dunia, Nyck de Vries, pebalap keturunan Indonesia dirumorkan hijrah ke F1.

Prestasi Nyck de Vries di dunia motorsport memang sudah tak diragukan lagi. Di tahun 2019, ia berhasil menjuarai ajang Formula 2 bersama ART Grand Prix. Musim selanjutnya, ia membalap untuk Mercedes-EQ di Formula E dan berhasil menjuarai musim balap 2020-2021.

Tentu hasil cemerlang tersebut membuat reputasi pebalap Belanda keturunan Indonesia ini kian menanjak. Tidak heran jika sudah ada beberapa tim di Formula 1 yang tertarik untuk merekrut de Vries.

Perjalanan de Vries Menuju F1

Gambar Nyck de Vries Karting

Nyck de Vries memulai karier di karting dan langsung menjuarai ajang balap pertamanya

Nyck de Vries memulai kariernya sejak usia 13 tahun di ajang World Series Karting. Di musim pertamanya, ia langsung menjuarai ajang balap go-kart tersebut. Sukses dengan open wheeler kecil, ia naik kelas ke Formula Renault Eurocup di tahun 2014 dan lagi-lagi menjuarai ajang balap yang ia ikuti.

>>> Juara Dunia Formula E, Nyck de Vries Ternyata Keturunan Indonesia!

Kariernya semakin melejit setelah naik kelas ke GP3 dan selanjutnya ke ajang F2 di tahun 2017. Di Formula 2, ia sempat menjadi rekan satu tim Sean Gelael yang merupakan pebalap asli Indonesia.

Meski belum mencapai hasil maksimal ia terus berusaha di F2 sampai akhirnya ia bergabung ke ART Grand Prix dan menjadi juara di tahun 2019. Di tahun 2020, ia pindah ke Formula E dengan bergabung di tim Mercedes-EQ sekaligus menjadi pebalap cadangan dan test driver untuk tim Mercedes-AMG Petronas F1.

Gambar Nyck de Vries

Tak butuh waktu lama untuk de Vries menjuarai ajang balap Formula listrik

Setelah menjadi juara di ajang balap Formula listrik, namanya pun mulai masuk ke dalam bursa pebalap F1 untuk tahun 2022.

Ditaksir Oleh Tim Williams dan Aston Martin

Rumor ini sudah santer terdengar bahkan sebelum ia memastikan gelar kampiun Formula E untuk musim 2020-2021. Nama Nyck de Vries mulai sering diisukan untuk masuk ke dalam bursa pebalap F1 musim 2022.

Mengingat bahwa Mercedes diisukan akan melepas Valtteri Bottas dan menggantikannya dengan George Russell, de Vries disebut-sebut akan merapak ke tim Williams yang sebelumnya diperkuat oleh Russell dari tahun 2019.

>>> Mercedes-Benz Siapkan G-Class Bertenaga Listrik, Meluncur Tahun Ini

Gambar George Russell

Jika George Russell jadi pindah ke Mercedes, ada kemungkinan de Vries direkrut oleh tim Williams F1

Mercedes sendiri saat ini dikenal cukup dekat dengan tim F1 yang didirikan oleh Sir Frank Williams tersebut. Itu dii luar faktor bahwa tim yang bermarkas di Inggris ini merupakan pemasok power unit bagi Williams.

Jika Russell jadi ditarik ke Mercedes dan tidak ditukar guling dengan Bottas, de Vries diyakini cocok untuk menggantikan pebalap Inggris berusia 23 tahun tersebut.

Tak hanya Williams, muncul rumor bahwa ada pembicaraan antara de Vries dengan tim Aston Martin Cognizant  F1 Team. Tim tersebut juga menggunakan power unit Mercedes-AMG F1 M12 di Formula 1 musim ini.

Mengingat kontrak Lance Stroll berakhir di musim ini, bukan tidak mungkin de Vries akan menemani sang juara dunia 4 kali, Sebastian Vettel di tim yang sedang naik daun itu.

>>> Valentino Rossi Pernah Hampir Jadi Pebalap F1 Lho!

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top