Jokowi Ingatkan Mudik Dilarang, Tapi Transportasi Boleh Jalan Terus

18/05/2020

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan bahwa mudik tetap dilarang. Jokowi menegaskan yang tak dilarang adalah transportasi yang masih boleh beroperasi.

Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu mengumumkan langsung bahwa masyarakat dilarang mudik ke kampung halaman pada Libur Lebaran kali ini. Larangan tersebut dikeluarkan untuk mencegah penyebaran virus corona yang jumlahnya kian bertambah. 

Larangan mudik pun dimuat dalam Peraturan Menteri Perhubungan No.25 tahun 2020. Seluruh transportasi umum pengangkut penumpang tak boleh beroperasi dan juga kendaraan pribadi dibatasi pergerakannya. 

>>> Ini Syarat yang Boleh Pergi ke Luar Daerah di Tengah Larangan Mudik

Jokowi Ingatkan Mudik Tetap Dilarang

Presiden Jokowi

Jokowi saat mengingatkan soal larangan mudik

Belum lama ini, pemerintah merilis Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Namun dengan adanya surat edaran tersebut membuat sejumlah transportasi umum yang sempat dilarang untuk mendukung larangan mudik kini boleh beroperasi lagi. 

Masyarakat diizinkan menggunakan transportasi untuk pergi ke luar daerah asalkan memenuhi persyaratan tertentu. Tapi perlu diingat, meski sejumlah transportasi boleh beroperasi lagi mudik tetap dilarang. 

"Perlu diingat juga bahwa yang kita larang itu mudiknya bukan transportasinya, karena transportasi untuk logistik, untuk urusan pemerintahan, kesehatan untuk urusan kepulangan pekerja migran kita dan juga urusan ekonomi esensial masih bisa berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat," ungkap Jokowi dalam Ratas Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 di Istana Merdeka, Senin (18/5/2020). 

>>> Kapan Pelanggar PSBB dan Mudik Dikenakan Denda Rp 100 Juta?

Jokowi juga menambahkan dalam dua pekan ke depan pihaknya masih fokus untuk tetap memastikan larangan mudik bisa berjalan dengan efektif. Untuk itu, orang nomor wahid di Indonesia tersebut meminta bantuan dari pihak kepolisian dan juga TNI agar bisa mengawasinya di lapangan. 

Polisi lakukan pengawasan

Polisi dan TNI diminta ikut mengawasi soal larangan mudik

Adapun, mereka yang berniat berpergian ke luar daerah dan bukan mudik harus memenuhi sederet persyaratan berikut. 

Persyaratan Pengecualian

a. Persyaratan Perjalanan orang yang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta: 
- Menunjukan surat tugas bagi Aparatur Sipil Negara, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia yang ditandatangani oleh minimal Pejabat setingkat Eselon 2
- Menunjukan surat tugas bagi pegawai Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah/Unit Pelaksana Teknis/Satuan Kerja/Organisasi nonpemerintah/Lembaga Usaha yang ditandatangani oleh Direksi/Kepala Kantor
- Menunjukkan hasil negatif Covid-19 berdasarkan PCR Test/Rapid Test atau surat keterangan sehat dari dinas kesehatan/rumah sakit/puskesmas/klinik kesehatan
- Bagi yang tidak mewakili lembaga pemerintah atau swasta harus membuat surat pernyataan yang ditandatangani di atas material dan diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat
- Menunjukkan identitas diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah)
- Melaporkan rencanan perjalanan (jadwal keberangkatan, jadwal pada saat berada di daerah penugasan, serta waktu kepulangan)

>>> Mobil 7 Penumpang Bakal Tetap Jadi Incaran Orang Indonesia

b. Persyaratan perjalanan pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya sakit keras atau meninggal dunia: 
- Menunjukkan identitas diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah)
- Menunjukan surat rujukan dari Rumah Sakit untuk pasien yang akan melakukan pengobatan di tempat lain
- Menunjukan surat keterangan kematian dari tempat almarhum/almarhumah (untuk kepentingan mengunjungi keluarga yang meninggal dunia)
- Menunjukkan hasil negatif Covid-19 berdasarkan PCR Test/Rapid Test atau surat keterangan sehat dari dinas kesehatan/rumah sakit/puskesmas/klinik kesehatan

>>> Pilihan promo dan diskon mobil baru semua merk ada disini

c. Persyaratan Repatriasi Pekerja Migran Indonesia, Warga Negara Indonesia dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri, serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh pemerintah sampai ke daerah
- Menunjukkan identitas diri (KTP atau tanda pengenal)
- Menunjukkan surat keterangan dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BPPM) atau surat keterangan dari perwakilan RI di luar negeri (untuk penumpang dari luar negeri)
- Menunjukan surat keterangan dari Universitas atau Sekolah  (untuk Mahasiswa dan Pelajar)
- Menunjukkan hasil negatif Covid-19 berdasarkan PCR Test/Rapid Test atau surat keterangan sehat dari dinas kesehatan/rumah sakit/puskesmas/klinik kesehatan
- Proses pemulangan harus dilaksanakan secara terorganisir oleh lembaga pemerintah, pemerintah daerah, swasta, dan universitas. 

>>> Ada pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap disini

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top