Jembatan Suramadu Ditutup Selama PSBB Surabaya, Benarkah?

04/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Jembatan Suramadu Ditutup Selama PSBB Surabaya, Benarkah?
Selama pelaksanaan PSBB Surabaya, muncul kabar Jembatan Suramadu ditutup sementara bagi umum. Benarkah hal ini? Pihak kepolisian pun memberikan keterangannya.

Protokol tindakan demi mencegah penyebaran virus corona telah dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah. Satu diantaranya dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Bersakal Besar (PSBB). Dan saat ini hampir sebagian besar kota-kota di Indonesia telah menerapkan PSBB, termasuk juga Surabaya.

>>> Ini Penyebab Macet Parah di Hari Pertama PSBB Di Kota Surabaya

PSBB Surabaya telah berjalan sejak 28 April 2020 lalu. Sejumlah aktifitas warga pun dibatasi, termasuk mobilitas menggunakan kendaraan umum dan pribadi. Namun belakangan berkembang kabar jika Jembatan Suramadu ditutup untuk umum selama masa periode PSBB.

Bukan Ditutup Namun yang Melintas Dibatasi

Jembatan Suramadu

Semua yang melintas di Jembatan Suramadu akan ditanyakan kepentingannya

Dari kabar yang beredar di media sosial dna melalui pesan berantai WhatsApp, mencuat isu jika jembatan tersohor yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura itu akan dtutup untuk umum. Jembatan Suramadu ditutup selama masa PSBB di wilayah Surabaya dan Jawa Timur demi mengurangi penyebaran virus corona.

>>> Cek harga mobil baru dengan diskon dan promo menariknya cukup klik disini aja

Menanggapi maraknya isu tersebut, Kapolres Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum langsung akat bicara. Menurutnya kabar Jembatan Suramadu ditutup adalah kabar yang tidak benar. "Tidak benar kalau ditutup total. Kita batasi," jelasnya seperti Cintamobil.com kutip dari laman NTMC Polri, Senin (04/05/2020).

Ia melanjutkan, setiap orang atau pengendara yang akan melintas jembatan tersebut nantinya akan ditanyakan dahulu perihal kepentingannya. Hal ini sesuai Peraturan Walikota Surabaya dan Peraturan Gubernur Jawa Timur tentang pelaksanaan PSBB.

Menurut Ganis, jika ada kendaraan yang akan melintas di Jembatan Suramadu tanpa kepentingan mendesak, maka akan diminta putar balik. "Kita beri pengecualian misal kendaraan yang mengangkut logistik atau kebutuhan bahan pokok, bahan bakar, obat-obatan, juga pekerja di bidang logistik yang sudah ada surat tugas boleh lewat," tambahnya.

Ada Jam Malam di Surabaya

Monumen Surabaya

Warga Surabaya dilarang keluar rumah sejak pukul 21.00 hingga 04.00

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas yang paling lengkap dan paling murah ada disini

Lebih lanjut Ganis menekankan, pembatasan mobilitas masyarakat juga akan diberlakukan lewat jam malam. Semua warga diimbau untuk tetap ada di rumah mulai pukul 21.00 WIB hingga 04.00 WIB dinihari. "Kalau yang keluar ya harus ada kepentingan jelas," tegasnya.

Pemberlakukan jam malam PSBB ini berlaku di beberapa wilayah di Jawa Timur, seperti Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Jika melanggar maka akan dikenai sanksi sesuai Undang-Undang tentang Karantina Kesehatan. Pada Pasal 93 tertulis, jika ada yang melanggar maka akan diancam pidana penjara paling lama 4 bulan 2 minggu.

>>> Berita lainnya terkait virus corona di Indonesia ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Terapkan Physical Distancing, 4 Jalan di Surabaya Ditutup Sementara

17/04/2020

Pasar mobil

5 menit

Ada empat ruas jalan di Surabaya ditutup sementara sejak pekan ini. Hal tersbeut demi penerapan physical distancing demi memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Lihat juga

Berlakukan PKM, Dua Jalan Penting di Kota Semarang Ditutup 24 Jam

01/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Menyusul diberlakukannya Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM), Pemerintah Kota Semarang kembali membatasi akses warga dengan menutup dua jalan penting selama 24 jam.

Lihat juga

Pemerintah Larang Mudik, Jalan Tol Tak Ditutup tapi Dibatasi

22/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Pemerintah secara resmi telah melarang mudik. Sejumlah skema pun disiapkan termasuk sejumlah jalur mudik di tol dibatasi. Hanya kendaraan logistik boleh lewat.

Lihat juga

Test Drive di Rumah Aja, Ini Mobil Yang Bisa Anda Jajal di Surabaya

23/04/2020

Jual beli

4 menit

Siapa bilang test drive mobil saat PSBB lebih sulit? Anda bisa melakukan test drive di rumah aja kok. Bagi Anda yang tinggal di Surabaya, mobil-mobil ini bisa Anda jajal tanpa harus meninggalkan kawasan komplek.

Lihat juga

Harga Suzuki Baleno 2020: Harga & Promo Baleno November Terbaru

01/11/2020

Suzuki

Suzuki New Baleno terbaru ini baru saja diluncurkan pertengahan bulan Desember 2019 lalu, apakah sedan value for money ini layak dimiliki? Dan berapa harga Suzuki Baleno ini?

Lihat juga
 
back to top