Jelang Lebaran, Waktu Singgah Pengunjung Rest Area Jalan Tol Cuma 30 Menit

14/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Mengantisipasi adanya lonjakan arus mudik Lebaran 2020, Jasa Marga akan membatasi waku pengunjung berada di dalam rest area jalan tol maksimal 30 menit.

Lebaran sebentar lagi, meskipun pemerintah sudah mengeluarkan peraturan larangan mudik Lebaran, namun sejumlah pihak meyakini, gelombang arus mudik akan tetap terjadi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada Lebaran 2020 puncak arus mudik diperkirakan bakal dimulai H-7 hingga H-3 Hari Raya Idul Fitri. Itu artinya puncak arus mudik akan terjadi 17-21 Mei 2020.

>>> Ini Rekayasa Lalu lintas Imbas Longsor di Tol Cipularang

Untuk itulah sejumlah pihak terkait sudah mempersiapkan akan kemungkinan adanya lonjakan arus mudik Lebaran 2020. Termasuk pihak Jasa Marga yang sudah mempersiapkan beberapa rest area jalan tol yang biasanya selalu digunakan para pemudik untuk beristirahat selama perjalanan.

Rest Area Beroperasi Normal

Pemeriksaan suhu pengunjung rest area

Beroperasi normal namun ada protokol keamanan kesehatan

Tita Paulina Purbasari, Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT Jasamarga Related Business (JMRB) mengemukakan jika menjelang musim mudik Lebaran 2020 maka seluruh rest area jalan tol yang dikelolanya akan tetap beroperasi 24 jam seperti biasa.

>>> Cari mobil baru buat persiapan Lebaran dan mau diskonnya yang menarik? Klik disini aja

Menurut dia, beroperasinya rest area secara normal juga berlaku bagi fasilitas di dalamnya, seperti toilet, sarana ibadah, area parkir, SPBU, Pujasera, dan sarana lainnya.

"Kami memastikan rest area di ruas milik Jasa Marga Group tetap beroperasi secara normal 24 jam, termasuk fasilitas di dalamnya. Khusus untuk Pujasera, ada yang beroperasi selama 24 jam, kata Tita melalui keterangan tertulisnya.

Pengunjung Dibatasi 30 Menit

Parkir rest area

Pengunjung dibatasi 30 menit dan ada parking distancing

Meski buka seperti biasa, namun Tita menegaskan jika pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian setempat demi mengurangi kerumunan masa di dalam rest area. "Kami akan memberlakukan buta-tutup rest area," ujarnya.

>>> Klik disini untuk mendapatkan pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap buat dipakai silaturahmi saat Lebaran

Selain itu selama musim mudik Lebaran 2020, semua pengunjung di wilayah rest area di jalan tol akan dibatasi waktu kunjungannya maksimal 30 menit. Pihak JMRB pun akan melakukan parking distancing dengan cara membatasi area parkir hanya 50 persen dari kapasitas parkir biasanya.

"Para tenant diimbau untuk hanya melayani pesanan take away, sehingga waktu 30 menit yang diberikan bagi pengunjung rest area akan dapat digunakan secara efektif," tegasnya.

Tak lupa ia pun menekankan, protokol standar kesehatan selama masa pandemi Covid-19 tetap akan diberlakukan bagi pengujung rest area. Diantaranya wajib menggunakan masker dan dilakukan pengecekan suhu tubuh baik kepada petugas atau para karyawan tenant maupun pengujung.

>>> Berita otomotif menarik lainnya menjelang Lebaran ada disini

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top