Jelang Lebaran Polisi Terus Perketat Penjagaan Jalur Tikus

09/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Jelang Lebaran Polisi Terus Perketat Penjagaan Jalur Tikus
Petugas di pos penyekatan larangan mudik akan memperketat penjagaan menjelang Lebaran, terutama bagi pada pemudik lewat jalur tikus yang masih nekat.

Pemerintah menegaskan larangan untuk mudik Lebaran ke kampung halaman tetap berlaku. Kelonggaran aturan hanya bisa diberikan kepada beberapa pihak yang memang mengharuskan untuk berpergian. Jika selain itu, maka akan diminta paksa putar balik ke rumah masing-masing.

>>> Kapan Pelanggar PSBB dan Mudik Dikenakan Denda Rp 100 Juta?

Menyadari akan semakin tiba musim mudik Lebaran 2020, polisi bakal meningkatkan kewaspadaan disetiap pos penjagaan Operasi Ketupat Covid-19 2020. Hal ini disampaikan langsung oleh Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Perketat Penjagaan di Jalur Tikus

Penjagaan mudik Lebaran

Pos penjagaan akan semakin diperketat terutama di jalur-jalur tikus yang sering digunakan pemudik

Listyo menegaskan, jika ia telah meminta jajarannya untuk mengawasi secara ketat alur perjalanan mudik masyarakat. Bukan hanya di jalur tol namun juga jalur non tol namun juga pemudik lewat jalur tikus juga akan dipantau.

"Awasi secara ketat klaster pekerja migran, rembesan pemudik dan industri yang berpotensi meningkatkan penyebaran COVID-19. Kami juga waspadai jalur tikus dan penyelundupan pemudik serta memperketat pengamanan menjelang Lebaran," ucapnya seperti dikutip Cintamobil.com dari Laman NTMC Polri, Sabtu (09/05/2020).

Sanksi Denda dan Pidana Mulai Diberlakukan

Larangan mudik Lebaran

Selain diminta putar balik, petugas mulai memberikan sanksi

>>> Cari mobil bekas impian menjelang Lebaran tapi mau tetap #dirumahaja? Klik ada disini!

Secara terpisah Ketua Satgas V Gakkum Operasi Aman Nusa II Polri, Brigjen Fedy Sambo menekankan, mulai 8 Mei hingga 31 Mei 2020 mendatang selain diminta putar balik, para pelanggar larangan mudik Lebaran akan dikenakan denda dan kurungan penjara 1 tahun. Sanksi tersebut bakal diberlakukan bagi setiap pelangagr yang terjaring di pos penjagaan yang ada di jalan tol, maupun pemudik lewat jalur tikus.

Menurut dia, ketentuan ini merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 tentang pengendalian transportasi selama masa mudik Idul Fitri 1441 Hijriyah dalam rangka penyebaran Covid-19. "8-31 Mei kepada pelanggar bisa dikenakan sanksi selain putar balik, yakni denda atau kurungan penjara 1 tahun. Adapun cakupan wilayahnya yaitu zona merah Covid-19, wilayah dengan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan gabungan wilayah dengan PSBB," ucap Ferdy.

>>> Berita menarik lainnya seputar otomotif selalu ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Ini Syarat yang Boleh Pergi ke Luar Daerah di Tengah Larangan Mudik

06/05/2020

Event - Promosi

6 menit

Pemerintah secara resmi telah melarang mudik Lebaran 2020. Namun masih ada beberapa kalangan yang boleh pergi ke luar daerah dengan memenuhi syarat tertentu.

Lihat juga

Mobil Barang Bawa Penumpang Saat Larangan Mudik, Sanksi Bisa Berlipat

29/04/2020

Pengemudian

3 menit

Mobil barang dilarang membawa penumpang untuk bebas melintas saat larangan mudik. Awas, jika melanggar sanksinya bisa lebih berat dari pelanggaran biasa!

Lihat juga

Selain Angkutan Logistik, Deretan Kendaraan Ini 'Kebal' Aturan Larangan Mudik

26/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Angkutan logistik termasuk dalam pengecualian kendaraan yang tak dikenai larangan mudik. Tapi selain itu ada juga deretan kendaraan yang 'kebal' aturan mudik.

Lihat juga

Profil Toyota Yaris WRC 2018

17/08/2018

Editor rate:

Setelah absen lebih dari 18 tahun, Toyota kembali ke arena World Rally Championship dengan mengandalkan Toyota Yaris 2017 sebagai basisnya. Apa saja kesaktian Toyota Yaris WRC 2018 yang telah menyumbangkan 4 kemenangan bagi Toyota?

Lihat juga

Update/ Pembaruan harga mobil Nissan Serena terbaru November Di Indonesia

01/11/2020

Nissan

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) meresmikan All New Nissan Serena pada Selasa (19/2) ini di Jakarta. Generasi kelima dari keluarga Nissan Serena ini menawarkan pendekatan tampilan baru, teknologi mutakhir, dan harga yang menarik. Nah kira-kira berapa harga Nissan Serena ini?

Lihat juga
 
back to top