Jakarta Auto Week 2020 Jadi Jurus Gaikindo Genjot Penjualan Mobil di RI

19/08/2020

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Jakarta Auto Week 2020 Jadi Jurus Gaikindo Genjot Penjualan Mobil di RI
Gaikindo telah mengumumkan bahwa pameran GIIAS 2020 batal. Sebagai gantinya, pameran Jakarta Auto Week 2020 dihelat untuk menggenjot penjualan mobil di RI.

Pameran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 resmi dibatalkan. Langkah ini diambil sehubungan dengan waktu persiapan yang amat singkat. 

Padahal, untuk membuat pameran sebesar GIIAS 2020 dibutuhkan waktu persiapan yang cukup lama. Sebagai gantinya, Gaikindo telah menyiapkan pameran lain yakni Jakarta Auto Week. Batalnya penyelenggaran GIIAS 2020 juga sekaligus menambah daftar panjang pameran otomotif yang batal di tengah pandemi. Seperti diketahui, sederet pameran otomotif di dunia terpaksa bata

>>> GIIAS 2020 Batal, Gaikindo Siapkan Jakarta Auto Week Sebagai Gantinya

Jakarta Auto Week untuk Genjot Penjualan

Berbeda dengan GIIAS, Jakarta Auto Week 2020 sendiri digelar untuk menggenjot penjualan mobil yang tengah lesu diterpa badai pandemi. 

“Seperti yang kita ketahui GIIAS fokus mengedepankan ajang peluncuran produk dan teknologi terbaru dari industri otomotif. Sedang Gaikindo Jakarta Auto Week tujuannya adalah untuk menggenjot penjualan mobil baik existing product ataupun yang baru diluncurkan pada pelaksanaan pameran,” ungkap Ketua Penyelenggara Gaikindo Rizwan Alamsjah dalam keterangannya. 

Gaikindo Jakarta Auto Week

Jakarta Auto Week diharap bisa meningkatkan penjualan mobil yang tengah lesu

Sejumlah pabrikan sudah menyatakan kesiapannnya untuk mengikuti pameran yang digelar pada 21-29 November 2020 itu. Misalnya Toyota dan juga Daihatsu. Sementara pabrikan lain masih menanti prosedur dari pameran itu sendiri. 

>>> Mulai Membaik, Penjualan Mobil di Indonesia Bulan Juli 2020 Melonjak

Pameran ini diharapkan bisa kembali menggairahkan pasar otomotif di Tanah Air yang dalam beberapa bulan terakhir anjlok. 

"Sebelum Covid, kita sudah ada pengalaman dan result pameran bagus. Saat ini belum ada benchmark, tapi melihat masih ada demand dan minat masyarakat tentang otomotif. Harapannya pameran dapat mendukung industri otomotif nasional," ujar Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy saat dihubungi Cintamobil.com, Rabu (19/8/2020).

>>> Digelar saat Pandemi, Bangkok Motor Show 2020 Sedot 1 Juta Pengunjung

Diharapkan Bisa Menggairahkan Industri Otomotif dalam Negeri

Sayangnya, Anton masih menutup rapat informasi terkait peluncuran model baru dari Toyota di Jakarta Auto Week 2020. Bukan rahasia lagi kalau ada sederet pabrikan yang memang memanfaatkan pameran untuk merilis mobil baru. 

Tapi tampaknya hal itu tak akan dilakukan oleh PT Astra Daihatsu Motor. Direktur Marketing PT ADM, Amelia Tjandra menegaskan tak akan ada model baru yang diluncurkan dalam waktu dekat. termasuk di pameran Jakarta Auto Week. 

Daihatsu nantinya di pameran tersebut akan memiliki sejumlah penawaran menarik bagi konsumen. 

"Untuk menunjukan komitmen Daihatsu sebagai anggota dan berharap bisa menggairahkan penjualan otomotif," jelas Amelia saat diminta tanggapannya terkait pameran Jakarta Auto Week. 

Bangkok Motor Show digelar saat pandemi

Pengunjung Bangkok Motor Show menggunakan masker

Berbeda dengan Indonesia, Thailand justru tetap nekat menggelar pameran Bangkok Motor Show saat masa pandemi. Tentunya seluruh pengunjung wajib menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Bahkan Menteri Kesehatan Thailand sempat mengunjungi pameran guna memastikan para pengunjung aman dan terhindar dari Covid-19. 

>>> Jangan lupa klik sini untuk membaca berita terkini lainnya 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Malaysia Autoshow 2020 Batal Dihelat

17/06/2020

Pasar mobil

3 menit

MARii penyelenggara Malaysia Autoshow 2020 umumkan pameran otomotif tersebut di tahun ini batal diselenggarakan. Pandemi Covid-19 kembali jadi penyebabnya.

Lihat juga

Ancaman Covid-19 Tak Akan Batalkan SEMA 2020

19/07/2020

Event - Promosi

5 menit

Panitia penyelenggara memastikan jika pameran SEMA 2020 tetap akan dilaksanakan November mendatang. Meskipun saat ini jumlah korban Covid-19 di Amerika terus bertambah dalam jumlah yang cukup banyak.

Lihat juga

British Motor Show 2020 Resmi Batal Digelar karena Covid-19

17/05/2020

Pasar mobil

3 menit

British Motor Show yang dijadwalkan dihelat bulan Agustus 2020 di Farnborough International Exhibition batal digelar. Pandemi Covid-19 jadi penyebabnya.

Lihat juga

Terganggu Wabah Corona, Gaikindo Pastikan Revisi Target Penjualan Mobil 2020

29/03/2020

Pasar mobil

3 menit

GAIKINDO bakal merevisi target penjualan mobil 2020 mengingat situasi negeri yang masih darurat wabah Corona. Berapa yang ingin dicapai GAIKINDO tahun ini?

Lihat juga

Serius Jualan di Indonesia, Morris Garages (MG) Gabung GAIKINDO

23/01/2020

Mobil baru

3 menit

Morris Garages (MG) menunjukkan keseriusannya berjualan mobil di Indonesia dengan mendaftar di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

Lihat juga
 
back to top