Jadilah Pengendara Bijak, Jalanan Sepi Bukan Buat Ngebut

04/05/2020

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Jadilah Pengendara Bijak, Jalanan Sepi Bukan Buat Ngebut
Saat berada di jalan jadilah pengendara bijak yang mematuhi aturan lalu lintas. Misalnya saat Anda melintas di jalanan sepi bukan berarti bisa bebas ngebut.

Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta imbauan kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah aja rupanya masih diabaikan oleh sebagian orang. 

Aktivitas di luar rumah yang berkurang praktis membuat jalanan kosong. Momen itu lah yang dimanfaatkan oleh sebagian pengendara untuk ngebut menggeber mobilnya di jalan. Semenjak aturan PSBB ditetapkan, tercatat sudah ada tiga kecelakaan tunggal akibat pengemudi kebut-kebutan di jalan.

Jalan Sepi Bukan Berarti Bebas Ngebut

Pertama adalah mobil BMW, kemudian Nissan GT-R yang dikendarai Wakil Jaksa Agung, dan terbaru McLaren alami slip di Tol Jagorawi hingga kondisinya ringsek. 

>>> Mengapa Mobil Bisa Terbakar usai Menabrak seperti Nissan GT-R di Cibubur?

"Setiba di Tol Jagorawi Km. 43.00 jalur B, diduga pengemudi kurang hati-hati sehingga kemudian kendaraan mengalami slip, kemudian keluar ke bahu jalan tol," ujar Kasat Lantas Polres Bogor Kota Kompol Fajar Hari Kuncoro dalam keterangannya. 

McLaren ringsek

McLaren alami kecelakaan di Tol Jagorawi

Padahal saat masa PSBB harusnya masyarakat lebih baik berada di rumah. Dan bila ingin keluar tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pokok. 

Jalanan kosong memang menggiurkan bagi para pengemudi untuk ngebut. Apalagi yang punya hobi menggeber mobilnya dengan kecepatan tinggi. Apalagi didukung dengan mobil yang juga memiliki tenaga besar. 

>>> Jalan Sepi Malah Dipakai Ngebut, Suzuki Swift Ini Terbang Setinggi 7 Meter

"Kalau dia punya SIM harusnya dia sudah tahu peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam hal ini polisi ya. Jadi ketika dia ngebut dia pikir itu sepi, justru di situlah bahayanya tinggi," ungkap Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana dalam kesempatan video conference, Jumat malam (1/5/2020). 

Bahaya Mengintai Kapanpun

Kecelakaan memang bisa terjadi kapan saja. Disebutkan Sony, di jalanan yang sepi kendaraan potensi kecelakaan pun mungkin saja terjadi. 

"Ketika sepi, jangan pernah merasa aman lah. Kalau kita bicara fatality, pas lagi kosong, bukan pas lagi macet. Terbukti banyak fatality, kemarin BMW, kemudian Wakil Jaksa Agung segala macem terus ada juga yang nggak masuk di media di tol Jelupang mobil sports konvoi tabrakan beruntun," terang Sony. 

Jalanan Jakarta sepi

Jalanan sepi memang menggiurkan untuk ngebut

>>> Alasan Aneh, Pengemudi di Inggris Ini Ngebut Untuk Menghindari Virus Corona

Jalanan yang sepi selama masa PSBB harusnya bukan dijadikan ajang untuk pengemudi ngebut hingga menggeber mobilnya pada kecepatan tinggi. Sebaiknya Anda tetap waspada dan lebih bijaksana saat harus berkendara keluar rumah selama masa PSBB. 

Selama masa PSBB, memang ada sejumlah aturan yang wajib dipatuhi pengendara. Selain mengenakan masker, tempat duduk di dalam mobil pun tak bisa sembarangan dan hanya diizinkan mengangkut 50% dari kapasitas seharusnya.

Untuk mobil sedan berkapasitas lima orang maksimal diisi oleh tiga orang. Sementara untuk mobil jenis MPV yang berkapasitas tujuh orang, paling banyak diperbolehkan mengangkut empat orang. 

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya ada di sini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Saat PSBB Truk Juga Dicek Untuk Memastikan Tidak Ada Penumpang Gelap

29/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Polisi serius melakukan pengawasan larangan mudik lebaran, bahkan kendaraan pengangkut barang harus diperiksa untuk memastikan tidak ada penumpang gelap.

Lihat juga

5 Risiko yang Bisa Timbul karena Mobil Jarang Dipakai akibat PSBB

18/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Aturan PSSB yang resmi diberlakukan pemerintah daerah membuat mobil Anda menjadi jarang digunakan. Tetapi apakah Anda tahu resiko dari mobil jarang dipakai?

Lihat juga

Lagi di Rumah Aja, Yuk Coba Sendiri Cek Kondisi Mobil Selama PSBB

23/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Aturan PSSB yang resmi diberlakukan pemerintah daerah membuat mobil Anda menjadi jarang digunakan. Iseng-iseng, yuk coba sendiri cek kondisi mobil selama PSBB.

Lihat juga

Bagaimana Nasib Pengiriman Mobil ke Pelanggan Selama PSBB?

19/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah Pusat dan Daerah telah memberlakukan aturan PSBB guna memutus penyebaran Covid-19. Lalu bagaimana nasib pengiriman mobil ke pelanggan selama PSBB?

Lihat juga

SIM-STNK Habis Selama Masa PSBB, Bisakah Klaim Asuransi Mobil?

27/04/2020

Event - Promosi

3 menit

SIM dan STNK merupakan syarat mengajukan klaim asuransi. Lantas bisakah pengendara mengajukan klaim asuransi mobil jika SIM dan STNK habis selama masa PSBB?

Lihat juga
 
back to top