Inilah 6 Jeep Gladiator Modifikasi keren dari ajang Easter Jeep Safari 2019

10/04/2019
Ajang Easter Jeep Safari 2019 merupakang ajang kumpul serta main off-road bareng yang selalu ditunggu penggila Jeep dan Off-road di Amerika. Seperti setiap tahunnya, Easter Jeep Safari juga menampilkan jip konsep modifikasi keren hasil kolaborasi Jeep dan Mopar. Khusus untuk tahun 2019, Easter Jeep Safari menampilkan Jeep Gladiator konsep modifikasi yang tetap bisa dijadikan inspirasi bagi Anda dalam memodfikasi Jeep Wrangler JK atau bahkan JL.

Setiap tahunnya, para penggila off-road dan Jeep di Amerika Serikat mengadakan acara kumpul dan main off-road bareng pada event Easter Jeep Safari. Untuk tahun ini, Easter Jeep Safari 2019, kawasan perbukitan Moab yang terletak di Utah, Amerika tetap dipilih sebagai tempat suci untuk salah satu acara bertema 4x4 terbesar di dunia tersebut. Selain main off-road bareng, Easter Jeep Safari 2019 juga menjadi kesempatan bagi Jeep dan Mopar untuk menampilkan parade jip modifikasi buatan mereka kehadiran jip modifikasi di Easter Jeep Safari ini sudah menjadi tradisi sejak 2002 lalu.

>>> Baca juga: FOCI Chapter Batam Tandai Eksistensi Ferrari Owners Club Indonesia di kota Batam

Foto Jeep Wrangler JK di pintu masuk Moab, Utah

Easter Jeep Safari 2019 tetap diselenggarakan di daerah perbukitan Moab yang terletak di negara bagian Utah, Amerika Serikat

>>> Simak pula: Review Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

Namun sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Jeep dan Mopar hanya menampilkan Jeep Gladiator modifikasi pada Easter Jeep Safari 2019. Dengan absennya Jeep Wrangler JL, terlihat jelas bahwa Jeep dan Mopar sedang fokus untuk mempersiapkan Jeep Gladiator ke hadapan public, termasuk konsep modifikasi dan komponen aftermarketnya. Bahkan produsen winch legendaris, Warn, memamerkan produk terbarunya, Warn Rubicon yang dibuat khusus untuk Jeep Wrangler JL dan Jeep Gladiator JT.

Foto para penggemar off-road dan Jeep di ajang Easter Jeep Safari 2019

Selain acara kumpul bareng, Easter Jeep Safari menjadi ajang presentasi parade jip konsep keren hasil kolaborasi Jeep dan Mopar

>>> Klik sini untuk simak Review Jeep Gladiator 2020

Meski hanya memamerkan Jeep Gladiator, namun parade jip modifikasi di Easter Jeep Safari 2019 ini tetap bisa menjadi inspirasi bagi Anda pemilik Jeep Wrangler JK atau bahkan Jeep Wrangler JL, karena toh Jeep Gladiator menggunakan platform dan wajah yang sama dengan Jeep Wrangler JL dan masih ada kemiripan dengan sang kakak, Jeep Wrangler JK. Penasaran? Yuk lihat penampilan enam Jeep Gladiator keren hasil modifikasi Jeep dan Mopar pada ajang Easter Jeep Safari 2019 yang Cintamobil.com sajikan khusus untuk Anda. Silakan menikmati!

1. Jeep Five-Quarter

Foto Jeep Five-Quarter warna abu-abu di ajang Easter Jeep Safari 2019

Meski berpenampilan retro, Jeep Five-Quarter menggunakan mesin V8 bertenaga 700 hp

>>> Tertarik membangun jip untuk off-road? Cek Jeep Wrangler dengan harga terbaik hanya ada di Cintamobil.com

Jeep Five-Quarter dibangun dengan platform dari jip pick-up militer yakni Jeep M715 tahun 1968, yang merupakan versi militer dari Jeep Gladiator generasi pertama. Nama Five-Quarter diambil dari julukan tentara Amerika tentang kemampuan daya angkut dari Jeep M715 yang mencapai 1,25 ton atau kerap disapa “Five-Quarter”. Jeep mempertahankan sasis aslinya yang telah diperkuat dan dimodifikasi. Tujuannya tak lain agar siap meredam performa dari mesin V8 Hemi berkapasitas 6.200 cc supercharger bawaan dari Dodge Challenger Hellcat. Mesin yang dinamakan Hellcrate ini mampu menyemburkan tenaga hingga 700 hp yang disalurkan lewat transmisi otomatis 3 percepatan.

Pada bagian kaki-kaki lebih kekar dengan gardan Dana hasil racikan workshop Dynatrac tipe Pro-rock 60 depan dan 80 di belakang, ban besar berprofil 40 inci yang membungkus pelek model beadlock berukuran 20 inci. Jeep dan Mopar juga membuatkan bak alumunium yang dilapis kayu agar terlihat retro plus lampu LED dengan bentuk yang sama dengan bawaan Jeep M715. Kemudian atapnya dipotong agar lebih pendek 3,5 inci plus menambahkan soft-top yang bisa dilepas.

>>> Review Jeep Renegade 2019: Pakai Mesin Baru dan Tambah Fitur

2. Jeep J6

Gambar menunjukkan mobil Jeep J6 berwarna biru dilihat dari sisi depan

Sepintas terlihat mirip dengan Jeep Gladiator, Jeep J6 sejatinya dibuat dari sasis Jeep Wrangler JL

Jeep dan Mopar sebenarnya menggunakan sasis Wrangler JL Unlimited untuk Jeep J6. Namun pada bagian kabin tengah dan bagasinya dilepas dan dibuatkan versi bak ala pick-up single cabin. Sosok Jeep J6 mengingatkan para penggemarnya pada Jeep Honcho keluaran tahun 1978 yang juga menggunakan warna yang sama, yakni Brilliant Blue. Jeep J6 masih menggunakan mesin V6 Pentastar 3,6 liter bertenaga 285 hp.

Namun pada bagian kaki-kakinya sudah menggunakan lift-kit berkuran 2 inci, ban off-road berprofil 37 inci yang membalut pelek berukuran 17 inci.  Kit pengangkat 2-inci, ban 37-inci, dan roda beadlock 17-inci. Sementara pada bagian wajah dibuat lebih kekar dengan bumper bergaya stinger, lengkap dengan lampu LED tambahan dan winch sebagai piranti recovery-nya.

>>> Review Jeep Compass 2019: Urban SUV Mewah Dari Pabrikan Legenda

3. Jeep Wayout

Gamabr menunjukkan mobil Jeep Wayout berwarna abu-abu dilihat dari sisi samping

Jeep Wayout mengedepankan kendaraan penjelajah di medan off-road

Jeep Wayout dibuat dengan konsep dan fungsi sebagai Jeep yang digunakan dalam ajang off-road overland, sehingga modifikasinya tidak terlalu ekstrim. Jeep dan Mopar menambahkan tenda atap (roof tent) yang menampung dua orang yang terpasang di atap bagian tengah hingga pada bagian bak belakang Jeep Gladiator ini. Oleh karena itu, pada bagian bak belakangnya juga dibuatkan roof rack sebagai dudukan roof tent-nya sekaligus sebagai tempat penyimpanan alat recovery. Jeep Wayout menggunakan pelek ‘kaleng’ custom berukuran 17 inci yang dibalut ban A/T dengan profil 37 inci. Selain itu, ada winch Warn dengan kemampuan menarik beban hingga 6 ton sebagai alat recovery yang terpasang di depan plus lampu sorot tambahan dan snorkel.

>>> Review Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019, spesifikasi dan harganya

4. Jeep Flatbill

Gambar menunjukkan tampilan mobil Jeep Flatbill berwarna hijau muda dilihat dari sisi samping

Jeep Flatbill menggunakan konsep pick-up pengangkut motor cross yang keren

Nama "Flatbill" diambil dari salah satu desain topi yang populer digunakan oleh para pembalap motorcross atau atlet X-Games. Jeep dan Mopar membangun Jeep Gladiator satu ini dengan konsep sebagai pick-up pengangkut motor di ajang balap motorcross. Modifikasinya terbilang minimalis dan hanya mengandalkan aspek grafis keren dari penggunaan cutting sticker. Jeep Flatbill menggunakan pelek beadlock berukuran 20 inci yang dibalut ban M/T profil 40 inci. Selain itu, kekuatan kaki-kakinya sudah lebih kuat lewat pemakaian as roda buatan Dynatrac Pro-Rock 60 di depan dan belakang.

>>> Jika Anda sedang mencari mobil Jeep, silakan klik sini untuk mendapat beberapa saran terbaik dari profesional kami

5. Jeep JT Scrambler

Gambar mobil Jeep JTScrambler  berwarna putih dilihat dari sisi depan

Jeep JT Scrambler dibuat untuk menghormati pick-up legendaris buatan Jeep pada tahun '80-an, CJ8 Scrambler

Jeep dan Mopar lagi-lagi menggunakan tema pick-up retro keren pada Jeep JT Scrambler. Inspirasi tampilannya sendiri diambil dari sosok pick-up legendaris, Jeep CJ-8 Scrambler. Oleh karena itu, pada bagian eksterior dipenuhi dengan permainan grafis retro lewat penggunaan warna Punk'N Metallic Orange dan Nacho. Sementara pada bagian atapnya, menggunakan warna cokelat yang terinspirasi dari Jeep CJ-8 Scrambler keluaran tahun 1982 yang digunakannya untuk inspirasi. Mirip dengan konsep Easter Jeep Safari lainnya, Jeep JT Scrambler juga dibekali sederet modifikasi seperti lift-kit 2 inci, ban profil37 inci dan pelek ukuran 17 inci yang dicat warna perunggu.

>>> Suka Bertualang? Berikut 5 Pilihan Mobil Jeep Bekas di Indonesia

6. Jeep Gladiator Gravity

Gambar menunjukkan tampilan mobil Jeep Gladiator Gravity berwarna orange dilihat dari sisi depan

Jeep Gladiator Gravity dibuat sebagai katalog berjalan buat komponen aftermarket buatan Mopar

>>> Klik sini untuk simak review terlengkap tentang Jeep Gladiator 2020

Jeep Gladiator Gravity memiliki tampilan paling minimalis dibanding Jeep Gladiator modifikasi lainnya pada ajang Easter Jeep Safari 2019. Jeep dan Mopar pada dasarnya membuat Jeep Gladiator Gravity layaknya etalase dari katalog komponen aftermarket buatan mereka. Mopar sendiri telah menggunakan sederet komponen aftermarket dan aksesori senilai US$ 8.000 atau sekitar Rp 113 juta! Komponen aftermarket dan aksesori tersebut meliputi ban profil 35 inci, pelek alloy berukuran 17-inci, high performance exhaust kit, cold air intake dan steel rock rails atau biasa dikenal dengan foot step. Pada bagian tampilan, Mopar membekalinya dengan lampu sorot LED, roof rail, cargo barriers dan pintu tubular yang membuatnya berpenampilan lebih maskulin.

>>> Perbaharui informasi Anda tentang berita otomotif terkini hanya di Cintamobil.com

Pratomo FJ

Ulasan anda

berita lain

Review mobil terbaru