Apa Itu F1 Sprint di Grand Prix Inggris?

15/07/2021

Event - Promosi

3 menit

Seri Grand Prix Inggris 2021 akan menjadi lahan uji coba F1 Sprint. Ini yang harus Anda ketahui mengenai format revolusioner di sirkuit Silverstone tersebut.

FIA Formula One (F1) akan menguji coba format Sprint Qualifying untuk pertama kalinya di musim balap 2021. Uji coba tersebut dilakukan di sirkuit Silverstone, Inggris yang merupakan salah satu sirkuit tertua dan penuh sejarah di F1.

Sebagian penggemar balap jet darat ini masih belum mengetahui, apa sebenarnya F1 Sprint ini? Berikut Cintamobil.com berikan panduan mengenai format baru kualifikasi ini.

Apa Itu F1 Sprint?

Secara sederhana, format ini merupakan balapan mini dengan jarak tempuh 100 km (300 km adalah jarak Grand Prix biasa) pada Sabtu sore, satu hari menjelang balapan utama.

>>> Mazda Tunda Luncurkan Mesin Rotary Range Extender MX-30, Ada Apa?

Gambar F1 Sprint Race

Seri balap Inggris akan menjadi uji coba pertama balap F1 sprint di kalender 2021

Singkat, cepat, dan tanpa kerumitan strategis seperti Grand Prix, F1 Sprint, seperti namanya, dirancang untuk menjadi ajang 'lari cepat' jarak dekat bagi para pembalap Formula 1. Uji coba format ini akan dilakukan di sirkuit Silverstone, Inggris pada Sabtu sore pukul 16.30 setempat (22.30 WIB).

Sebelum itu, akan ada sesi FP1 (Free Practice pertama) pada Jumat (16/7), yang dilanjutkan dengan sesi kualifikasi. Hasil tiga ronde kualifikasi tersebut akan menentukan posisi start pada Sprint.

Di hari Sabtu (17/7), para pembalap akan mengikuti sesi FP2 selama 60 menit sebelum Sprint. Format ini mengharuskan para pembalap untuk menempuh jarak 100 kilometer tanpa diperbolehkan masuk ke pit stop untuk mengganti ban.

Gambar Pit Stop

Pembalap hanya boleh masuk pit untuk memperbaiki kerusakan, tidak boleh mengganti ban

Mereka diizinkan saling menyalip demi mendapatkan posisi terbaik, dan urutan finish di akhir Sprint akan menjadi posisi grid mereka pada balapan utama, Grand Prix di hari Minggu (18/7).

>>> Koleksi Mobil Bintang Film Space Jam, LeBron James

Apakah Para Pembalap Mendapat Poin?

Berbeda dengan balapan utama, sesi Sprint hanya memberi poin bagi pembalap yang finish di top 3. Posisi pertama akan mendapat 3 poin, posisi kedua 2 poin, dan posisi ketiga hanya mendapat 1 poin.

Pembalap yang finish pertama juga akan menjadi pemegang pole Grand Prix, tak peduli di mana ia menyelesaikan sesi kualifikasi. Setelah itu, Grand Prix Inggris akan dilaksanakan 52 lap seperti biasa.

Gambar Lewis Hamilton Silverstone

Lewis Hamilton berharap untuk mengulangi kesuksesan di Silverstone

Setelah Silverstone, Sprint kedua akan diadakan di sirkuit Monza yang berkecepatan tinggi pada bulan September, setelah itu akan ada sesi ketiga yang belum ditentukan oleh FIA.

FIA kemudian akan menilai hasil akhir dari ketiga sesi Sprint tersebut dan melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak. Jika formatnya secara umum dianggap sukses, maka kemungkinan akan diperluas untuk musim balap 2022.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top