Ini Syarat Menonton WSBK dan MotoGP Langsung di Sirkuit Mandalika

13/10/2021

Event - Promosi

3 menit

Menjelang seri balap WSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Pemerintah Republik Indonesia telah mengumumkan jumlah penonton langsung dan persyaratannya.

Sirkuit Mandalika sudah mencapai tahap perampungan terakhir, dan seperti yang kita tahu, World Superbike (WSBK) dan MotoGP telah menjadwalkan seri balap di sirkuit yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini.

Seri balap WSBK Mandalika akan dilaksanakan pada 21 November 2021. Sementara MotoGP Mandalika akan direncanakan untuk terselenggara pada 20 Maret 2022. Kedua ajang motorsport international itu dipastikan akan menyita perhatian wisatawan lokal dan mancanegara.

Untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus positif COVID-19, Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengumumkan jumlah penonton yang diperbolehkan dan persyaratannya melalui Konferensi Pers yang disiarkan pada kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Gambar Sirkuit Mandalika

Pembangunan sirkuit sudah memasuki tahap akhir dan siap digunakan

>>> Bocoran Kalender MotoGP 2022, Mandalika Dijadwalkan di Bulan Maret

Wajib Divaksin 2 Kali

Menko Airlangga menyebutkan bahwa Sirkuit Mandalika akan menyelenggarakan tiga ajang motorsport di sisa tahun 2021. Ketiganya akan dibuka untuk ditonton secara langsung.

"Nantinya ada tiga rangkaian event di Mandalika, yakni Asia Talent Cup (ATC), WorldSBK, dan persiapan MotoGP 2021," ungkap Airlangga.

ATC akan digelar satu pekan sebelum WSBK Indonesia yaitu pada12-14 November 2021.Sedangkan rangkaian acara WSBK dijadwalkan terselenggara pada 19-21 November 2021.

"Mengenai jumlah penonton, telah diputuskan hanya 25 ribu orang dengan syarat sudah menerima dua dosis vaksin dan sudah karantina untuk kru serta tim selama lima hari," tambahnya.

Gambar MotoGP

Tak hanya WSBK, tahun ini Mandalika juga menyelenggarakan pre-season test MotoGP

Menko Airlangga juga menyebutkan bahwa pihak penyelenggara diwajibkan untuk membentuk Satgas Protokol Kesehatan untuk mengawasi pelaksaan WSBK Mandalika, termasuk penyediaan masker gratis oleh Satgas dan TNI Polri.

Sebagai informasi, Sirkuit Mandalika memiliki kapasitas penonton sebanyak 197.500, kami sendiri belum mengetahui apakah pembatasan 25.000 penonton itu juga berlaku untuk MotoGP yang terselenggara di tahun 2022.

>>> BMW i4 M50 Jadi Safety Car Balap Motor Listrik MotoE

Harga Tiket Belum Diumumkan

Meski batas penonton sudah diumumkan, sayangnya pihak penyelenggara belum membuka harga tiket WSBK yang akan mulai dijual pekan depan. Kalau Anda memang tertarik untuk menonton, sebaiknya Anda memantau perkembangan terbaru mengenai penyelenggaraan ajang motorsport ini.

Sudah pasti tiket tersebut akan diperebutkan oleh para penggemar balap motor baik itu di dalam negeri maupun mancanegara. Jangan lupa untuk mencari tiket pesawat dan akomodasinya ya!

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top