Ini Pelanggaran Paling Banyak Ditilang Polisi Semarang di Hari Pertama Operasi Zebra

05/11/2018

Event - Promosi
Ini Pelanggaran Paling Banyak Ditilang Polisi Semarang di Hari Pertama Operasi Zebra
Operasi Zebra 2018 yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia mulai 30 Oktober 2018 menghasilkan banyak catatan pelanggaran dan tindakan tilang. Seperti yang dilangsungkan di kota Semarang Jawa Tengah, hari pertama Operasi Zebra 2018 mencatatkan sebanyak 537 penindakan.

Foto lalu lintas Jalan Pandanaran Semarang

Jalan Pandanaran Semarang yang selalu padat kendaraan

Selain tujuh pelanggaran utama yang jadi incaran polisi di Operasi Zebra 2018, Polrestabes Semarang memprioritaskan penindakan terhadap enam pelanggaran yang sering terjadi wilayah ibu kota Jawa Tengah tersebut, yaitu pelat nomor, knalpot, strobo, rotator, jam operasional dan ubah warna kendaraan. Upaya ini terbukti membuahkan hasil, dari enam hal tersebut pelat nomor penjadi pelanggaran paling banyak ditilang.

Dituturkan Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi, petugas mencatatkan 83 penilangan karena pelat nomor yang dimodifikasi di hari pertama Operasi Zebra, disusul dengan 25 penilangan karena knalpot brong dan 19 penilangan karena melanggar jam operasional. Untuk strobo, rotator dan modifikasi warna kendaraan, petugas belum menemui pelanggaran tiga hal tersebut di hari pertama operasi.

"Total ada 537 penindakan kemarin, sebanyak 410 pelanggaran lainnya tergolong pada penindakan lain-lain seperti tidak membawa SIM, STNK, melawan arus, menerobos lampu, dan lain sebagainya," tutur AKBP Yuswanto Ardi kepada media, Rabu (31/10/2018).

Khusus untuk kendaraan berat seperti truk dan mobil angkutan lain, Polrestabes Semarang fokus pada kendaraan yang kelebihan muatan, kelebihan dimensi, dan pelanggaran jam operasional. Ini dilakukan sebab pelanggaran-pelanggaran tersebut satang rawan menyebabkan kecelakaan, kemacetan hingga kerusakan jalan.

>>> Polisi Semarang Gelar Operasi Zebra Candi 2018 Mulai 30 Oktober - 12 November

Foto Operasi Zebra 2018 di kota Semarang

Operasi Zebra 2018 Kota Semarang menyasar semua jenis pelanggaran

"Yang pertama terkait over dimensi, over loading, kelebihan ukuran dan kelebihan muatan," tuturnya. "Masih sering kami melihat kendaraan berat yang melintasi kelas jalan yang seharusnya memang tidak diperuntukan untuk mereka. Nah itu sangat rawan adanya kerusakan jalan, kecelakaan, hingga kemacetan," katanya melanjutkan.

Tidak dijelaskan di mana saja titik Operasi Zebra 2018 Kota Semarang digelar, polisi hanya memastikan operasi digelar sesuai prosedur seperti dilengkapi plang operasi, surat tugas serta digelar di lokasi yang tidak membahayakan pengendara. Selain itu, operasi juga dilakukan dengan patroli yang dilengkapi surat tugas untuk meminimalisir pelanggaran.

"Razia tentu akan dilengkapi dengan surat perintah, plang operasi, dan memilih lokasi yang tidak membahayakan pengendara," kata Kasat Lantas Polretabes Semarang.

Karena itu disarankan kepada semua pengendara yang ingin melintas di kota Semarang dan sekitarnya supaya mematuhi aturan berlalu lintas serta membawa kelengkapan surat-surat berkendara seperti SIM dan STNK.

>>> Ini 7 Pelanggaran Paling Diincar Polisi di Operasi Zebra 2018

Foto Operasi Zebra 2018 Semarang di salah satu ruas jalan Semarang

Operasi Zebra 2018 di Kota Semarang dilaksanakan hingga perbatasan timur

>>> Berita informasi otomotif paling aktual hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top