Ini Bintarti, Wanita yang 'Merawat' Puluhan Ribu Armada Blue Bird

21/04/2021

Event - Promosi

5 menit

Bintarti merupakan sosok Kartini masa kini. Sebagai Vice President Teknik PT Blue Bird Tbk, ia bertanggung jawab 'merawat' puluhan ribu armada Blue Bird.

Perempuan kini memegang peranan penting di bidang apapun. Banyak sekali perempuan hebat Indonesia yang menjadikan Kartini sebagai inspirasi dalam menjalani karier maupun berkarya sehingga mampu memberikan manfaat kepada khalayak luas.

Salah satunya Bintarti A.Yulianto, selaku Vice President Teknik PT Blue Bird Tbk. Bintarti merupakan sosok Kartini masa kini. Siapa sangka ia memikul tanggung jawab untuk merawat puluhan ribu armada Blue Bird yang berlalu lalang di jalan.

Bintarti

Ini Bintarti, Sosok Kartini Masa Kini

>>> Sosok Inspiratif Kartini di Balik Mobil Tesla

Rawat Puluhan Ribu Armada Blue Bird

Bintarti mampu mengordinasikan pengelolaan perawatan puluhan ribu kendaraan secara terjadwal, yang  sangat memerlukan kedisiplinan, sistem yang handal, dan tentu saja kualitas kepemimpinan yang kuat dalam lingkungan kerja yang notabene semuanya pria.

“Saya merasa enjoy saja bekerja dengan rekan-rekan teknik yang seluruhnya pria, karena dari saat kuliah pun, teman saya kebanyakan juga pria. Dan sebetulnya, masalahnya bukan terletak pada wanita atau pria, dalam dunia kerja ataupun dalam kegiatan yang lain, kunci utama adalah perlunya kita memiliki "mindset" yang sama. Apabila (telah) ada kesamaan pemahaman, etos kerja, saling memahami the do's and the don'ts; rekan laki atau wanita pada dasarnya sama,” kata Bintarti dalam siaran pers yang diterima Cintamobil, Rabu (21/4/2021). 

Bintarti membawahi ribuan karyawan di Divisi Perawatan Bluebird serta memegang tanggung jawab penuh terhadap kesiapan armada dari Bluebird Group dalam melayani masyarakat. Kesiapan armada mulai dari pengecatan sesuai identitas perusahaan, pemasangan atribut, hingga sistem service/maintenance merupakan tanggung jawab dari Bintarti guna memastikan kenyamanan dan keamanan para pelanggan setia dari titik penjemputan hingga titik pengantaran. 

Bintarti

Puluhan ribu armada Blue Bird 'dirawat' Bintarti

Bintarti tak tangan hampa dalam menangani perawatan puluhan ribu armada Blue Bird itu. Berbekal ilmu Teknik Nuklir yang diembannya saat kuliah di Universitas Gadjah Mada, Bintarti mampu melaksanakan tugas yang berhubungan dengan urusan teknik pula. 

Dunia teknik dan berkutat dengan penanganan perawatan puluhan ribu kendaraan dan ribuan kolega yang semuanya pria - otomatis menjadikan Bintarti tenggelam dalam 'dunia pria'. Tapi itu tak lantas menghalangi kinerjanya. Dalam beberapa kesempatan Bintarti justru merasakan aspek positif dapat menyampaikan sesuatu hal atau pemikiran secara lebih direct, straight to the point, terbuka kepada rekan kerja pria yang sangat mendukung dan sesuai budaya dan tuntutan kerja yang ada.

>>> Studi: Ini Penyebab Pengemudi Wanita Rentan Cedera dalam Kecelakaan

Blue Bird Siap Masuk Era Mobil Listrik

Terlebih lagi, seluruh aspek kehidupan - termasuk bisnis dan industri - saat ini mengalami perubahan yang sangat cepat, sehingga mereka yang tidak melakukan perubahan akan menjadi dinosaurus dan tidak relevan. Bagi Bintarti, tantangan utama ke depan adalah perubahan-perubahan yang bersifat "quantum leap", sehingga kita tidak bisa hanya mempersiapkan diri terhadap perubahan-perubahan linier yang biasa, namun harus siap membuat lompatan agar mampu bertahan. 

“Saat ini misalnya, industri transportasi sedang fokus terhadap kesiapan mobil listrik, namun mungkin dalam sepuluh tahun ke depan, tidak menutup kemungkinan akan hadirnya teknologi mobil yang baru, yang menjadikan apa yang kita siapkan saat ini menjadi obselete. Oleh karena itu, kita harus tetap bergerak maju dan tanpa henti untuk terus menghadirkan inovasi-inovasi yang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar maupun konsumen,” imbuhnya.

Bintarti juga menambahkan bahwa Ia merasa beruntung karena dalam perjalanan awal kariernya di Bluebird berkesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan pendiri Bluebird yaitu Ibu Mutiara Fatimah Djokosoetono yang telah menanamkan nilai-nilai dan sikap untuk mandiri. 

“Saya tidak akan pernah lupa, bagaimana Ibu Mutiara menanamkan rasa memiliki dan motivasi dengan memberikan perhatian-perhatian kecil, tantangan dan juga kepercayaan. Hal ini yang menjadi pedoman serta nilai-nilai yang saya selalu terapkan baik di lingkungan kerja maupun di keluarga,” ujar Bintarti. 

Pengalaman serta pelajaran hidup yang diperoleh selama ini telah menjadikan Bintarti sebagai salah satu perempuan Indonesia yang sukses di bidang karier, bahkan di industri yang selama ini dikenal lekat dengan laki-laki. 

“Sikap mandiri dan terus tangguh menjadi faktor kunci di dalam langkah emansipasi perempuan. Tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam berbakti terhadap negara dan memberikan manfaat kepada khalayak luas. Kepada setiap perempuan Indonesia, teruskan perjuangan dalam menciptakan karya bagi keluarga dan bangsa. Semangat!” tutup Bintarti. 

>>> Dubai untuk Pertama Kalinya Rekrut Wanita Jadi Pengemudi Bus

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top