Indonesia Diecast Expo 2018, Mainan Mobil untuk Segala Usia

05/11/2018

Event - Promosi
Indonesia Diecast Expo 2018, Mainan Mobil untuk Segala Usia
Tak hanya anak-anak muda, tetapi bapak-bapak hingga mereka yang sudah memiliki cucu ikut hadir di ICE BSD dari hari Sabtu hingga Minggu (3-4/11) lalu. Jangan bingung, convention hall kebanggaan warga Tangerang tersebut memang sedang mengadakan Indonesia Diecast Expo (IDE) 2018.

Bertajuk ‘Age Doesn’t Matter’, berbagai diecast (atau biasa dikenal dengan mobil mainan) menjadi sasaran para penggemar hingga penggila garis keras yang datang dari seluruh penjuru Indonesia. Memang, gelaran IDE 2018 merupakan pameran diecast paling besar yang ada di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Berbagai mobil mainan dari segala merek, mulai dari Matchbox, Maisto, hingga tak ketinggalan yang paling dicari oleh pecinta diecast adalah yaitu Hot Wheels yang langka. Bahkan pameran ini juga memberikan kesempatan bagi penggila diecast untuk mencari diecast langka yang dilelang dalam IDE 2018. Mulai dari diecast Ferrari dengan nomor cantik, Honda EF, MiniGT Honda Type R, hingga Hot Wheels Batman official IDE yang hanya ada satu di dunia.

Ajang temu kangen komunitas

Meskipun hanya berupa mainan, jangan salah, diecast sudah menjadi salah satu industri yang cukup menjanjikan di Indonesia. Bahkan, sudah banyak komunitas-komunitas pecinta diecast di Indonesia yang ikut serta memamerkan koleksi mereka pada gelaran IDE kali ini.

Gambar yang menunjukan Komunitas Diecaster BataviaGambar yang menunjukan Komunitas diecast Land RoverGambar yang menunjukan diecast Volkswagen

Berbagai komunitas turut meramaikan IDE 2018

Sebagai gelaran terbesar diecast di Indonesia, IDE 2018 juga menjadi ajang dimana komunitas dari seluruh Indonesia saling bertemu dan bertegur sapa. Salah satunya Batavia Diecaster yang memamerkan koleksinya, Tak lupa komunitas pecinta Land Rover tak ketinggalan membawa koleksinya ke IDE yang memasuki gelaran kelima.

>>> Naik Toyota Kijang Innova, Jokowi Hadiri Pameran Motor Terbesar Di Indonesia

Komunitas pecinta diecast juga membawa diorama untuk membawa kesan nyata dalam memamerkan koleksi mereka. Berbagai diecast terpampang nyaman di jalanan serta parkiran mini dengan segala ceritanya. Jika masih kurang, ada manusia mini juga yang membuat diorama menjadi lebih menarik mata.

Gambar yang menunjukan diorama diecast pesepedaGambar yang menunjukan diorama diecast seorang anak dan ayahnyaGambar yang menunjukan diorama diecast pekerja

Ada banyak diorama yang menghadirkan cerita untuk setiap diecast

>>> Dapatkan semua berita event mobil terbaru internasional hanya di sini

Hot Wheels menjadi rebutan

Salah satu yang menarik dalam gelaran IDE 2018 kali ini adalah bagaimana pengunjung sangat antusias dengan semua promo dan diskon yang diberikan. Salah satunya diecast dengan merek Hot Wheels yang menyediakan berbagai promo menarik. Tampak dalam satu booth yang khusus menyediakan ribuan diecast Hot Wheels untuk pengunjung disesaki pecinta diecast Tanah Air. Terlihat antrean mengular hingga beberapa sisi booth.

Gambar yang menunjukan antrean booth Hot WheelsGambar yang menunjukan pengunjung Hot Wheels

Antrean booth Hot Wheels yang mengular keluar

Panitia memang memberikan peraturan khusus bagi pengunjung yang ingin membeli (bahkan memborong) berbagai diecast yang dipajang. Panitia membatasi pengunjung yang masuk ke dalam booth untuk menghindari penumpukan atau berdesak-desakan di dalam booth.

>>> Ingin mencari mobil baru dan bekas? Intip di listing Cintamobil.com

Hot Wheel merupakan mobil mainan yang dijual dengan skala 1:64, 1:43, 1:18 dan 1:50 oleh pembuat mainan Amerika Mattel pada tahun 1968. Jangan macam-macam dengan Hot Wheels jika tidak ingin dipandang sinis oleh pecinta diecast. Merek yang pernah bekerja sama dengan NASA ini tak pernah sepi pembeli, bahkan sejak awal perusahaan ini didirikan. Mattel memperkirakan bahwa lebih dari 4 miliar mobil telah diproduksi dan mengklaim bahwa delapan mobil dibeli setiap detik.

Gambar yang menunjukan anak-anak melihat diecastGambar yang menunjukan anak-anak bermain diecast

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga terlihat bersuka ria memainkan diecast mereka

Sesuai dengan tema IDE 2018 kali ini, diecast memang bukan hanya umur, tapi hobi dan kesenangan pribadi. Mulai dari tua dan muda, laki-laki bahkan perempuan terlihat menikmati gelaran yang hanya diselenggarakan dua hari ini. Ternyata benar, untuk diecast, age doesn’t matter!

Lelang Dan Temu Kangen Jun Imai 

Di hari terakhir pelaksanaan The 5th Shopee IDE 2018 ini juga dilelang Event Car resmi yaitu mobil ’55 Chevy Bell Air Gasser, Morris Mini dan Tomica Honda Civic Type-R,  serta lelang amal diecast-diecast 9donasi dari para kolektor dan komunitas diecast. Hasil lelang tertinggi yang tercatat pada hari kedua ini adalah Rp 21 Juta untuk Official Event Car The 5th Shopee IDE 2018, Hot Wheels Morris Mini No. 1/100 yang diusung oleh Henry Halim, seorang diecaster asal kota Solo, Jawa Tengah.

foto henry halim pemenang lelang ide 2018

Henry Halim, pemenang lelang Hot Wheels Morris Mini No. 1/100

Sebelumnya, pada malam Sabtu (3/11) juga berlangsung acara “An Evening with Jun Imai” yang diselenggarakan oleh International Datsun Diecast (IDD) di Hotel Grand Zuri, BSD City. Pada acara ini diecaster yang telah terdaftar dapat bertemu langsung dengan Jun Imai yang merupakan mantan desainer dan Director of Product Design Hot Wheels pada tahun 2004-2018. Pada kesempatan ini pula, dilelang Hot Wheels Custom Datsun 240Z yang didesain oleh Jun Imai secara eksklusif untuk acara ini dan berhasil dilelang hingga Rp 21 Juta. “Hasil lelang ini akan sepenuhnya didonasikan kepada yayasan yang peduli pada anak-anak Indonesia, yang juga dipilih oleh Jun Imai,” tutup Feldani Effendy, selaku Public Relations The 5th Shopee IDE 2018.

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top