Gara-gara Ikuti Aplikasi Peta Digital, Mobil Ini Terjun ke Sungai

23/01/2021

Event - Promosi

5 menit

Akibat mengikuti arahan dari aplikasi peta digital, pengemudi pengantar paket ini malah terjun ke sungai bersama mobilnya. Bahkan petugas harus menggunakan alat berat khusus untuk mengeluarkan mobil tersebut.

Aplikasi peta digital dirancang untuk membantu para petualang atau pengemudi untuk menemukan jalur menuju titik lokasi tertentu. Namun sebaiknya jangan terlalu percaya pada peta digital yang bisa terpasang di ponsel ini. Sudah cukup banyak korban dari navigasi online tersebut yang malah berakhir petaka.

Kali ini korban dari dari aplikasi navigasi menimpa sebuah pengemudi kendaran kargo. Dilaporkan oleh Autoevolution, Jumat (22/01/2021) sopir ini mengalami nasib tragis saat ia akan mengirimkan paket yang terakhir di hari naas tersebut.

>>> Korban Google Maps, Pengemudi Ini Terjebak di Hutan Terutup Salju Selama 2 Hari

Mobilnya Tenggelam di Sungai

Mobil terjun ke sungai

Si sopir sampai berteriak meminta pertolongan

Kejadian ini terjadi pada 19 januari 2021, ketika seorang sopir perusahaan kargo di Inggris hendak mengantarkan paket yang terakhir. Demi menemukan alamat untuk penerima paket itu, ia menggunakan aplikasi peta digital. Namun entah bagaimana, mobil yang ia kemudikan terjebak di sungai di Weardale.

Si sopir sempat berusaha untuk mengeluarkan kendaraannya dari sungai itu. Namun ternyata gagal. Ia pun keluar dari mobil dan menaiki atapnya lalu berteriak minta tolong. Penduduk setempat yang melihat si sopir langsung menghubungi petugas layanan darurat. Tetapi karena van yang ia kendarai cukup berat, maka untuk menariknya ke permukaan dibutuhkan alat khusus.

>>> Jangan Panik! Fitur Google Maps Baru Berikan Peringatan Ketika Bencana

Terjadi Kesalahan pada Aplikasi

Aplikasi Google Maps

Aplikasi navigasi di mobil ini memerintahkan untuk menyebrangi sungai

>>> Review Mercedes-Benz B 200 Urban 2013: Mobil Mercedes-Benz Khusus Keluarga Urban di Indonesia

Pihak berwajib setempat yang telah menyelidiki kasus ini menilai jika penyebab si sopir bisa terjun ke sungai karena peta digital yang ada di mobil tersebut. Padahal hanya beberapa ratus meter dari sungai itu ada jembatan yang bisa dilalui untuk menyebrangi sungai dengan aman.

"Jelas kita harus memasang tanda-tanda agar kejadian ini tidak terulang lagi. Karena bukan hanya nyawa pengemudi dan paket yang rusak, tapi juga nyawa dari petugas terancam. Satu-satunya kesalahan di kejadian ini adalah sistem navigasi satelit di kendaraan itu," kata John Shuttleworth, Anggota Dewan Durham Country untuk Weardale.

Sayangnya pihak berwajib tidak menyebutkan apa peta navigasi digital yang digunakan sopir tersebut. Apakah Google Maps, Waze, atau Apple Maps.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top