IIMS 2021: Husqvarna EE 5 dan KTM SX-E 5, Motor Trail Mini Bertenaga Listrik

21/04/2021

Event - Promosi

5 menit

PT Premium Motorindo Abadi memamerkan dua model motor trail mini bertenaga listrik yaitu Husqvarna EE 5 dan KTM SX-E 5 di IIMS 2021 yang keduanya sudah bisa dipesan.

Di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021, PT Premium Motorindo Abadi memajang dua motor listrik dari merk Husqvarna dan KTM, yaitu Husqvarna EE 5 dan KTM SX-E 5. Keduanya berjenis motor trail mini tapi tanpa mesin bakar.

Sumber tenaganya ada dari baterai listrik jenis lithium-ion cell dan motor listrik. Meskipun mungil dan pakai baterai listrik, namun diklaim motor ini juga sanggup dipacu di lintasan balap tanah.

>>> IIMS 2021 : Italjet Dragster Hadir di Indonesia, Harganya Mulai Rp 137 Juta

Spesifikasi Motor Listrik Husqvarna EE 5 dan KTM SX-E 5

KTM SX-E 5 IIMS 2021

KTM SX-E 5 yang dipajang di IIMS 2021

Kedua motor listirk mini ini menggunakan baterai berkapasitas 21 Ah yang dikombinasikan dengan electric motor 48 V -BDLC Motor with Outer Rotor. Baterai serta motor listrik trail tersebut mampu menghasilkan tenaga puncak 5 kW pada 3.900 rpm dengan torsi 13,8 Nm.

Dengan baterai itu, motor bisa digunakan hingga selama 2 jam dengan cara berkendara santai. Namun jika dipakai untuk balap, maka baterai dapat bertahan selama 25 menit. Jangan khawatir jika baterai habis, sebab pengisian daya listrik hanya butuh sekitar 90 menit hingga kondisi full charge.

"Meskipun kecil tapi spesifikasinya memang sudah untuk kompetisi," kata Alex Samosir, PR KTM Husqvarna Indonesia.

Ia menjelaskan, kedua motor ini diposisikan bagi pembalap-pembalap cilik yang mau berkompetisi di balap grasstrack atau enduro. Sehingga ketinggian jok motor juga bisa disetel dari 665 mm menjadi 615 mm tergantung postur tubuh rider pemula yang menunggangi motor ini.

Baterai Husqvarna EE5

Baterai yang bisa dicas selama 90 menit

>>> Pilihan Mobil Listrik Murah di Indonesia Saat Ini

Untuk pengendara disediakan enam mode berkendara yang setiap modenya menghasilkan karakteristrik yang berbeda. EE 5 dan SX-E 5 juga dilengkapi fitur Kill Switch. Teknologi ini akan memungkinkan arus listrik diputus otomatis ketika pengendara mengalami kecelakaan. Fitur ini terhubung dengan pijakan kaki kiri pengendara, dimana ketika terdeteksi motor terjatuh, maka fitur akan memutus arus listrik di motor sehingga mesin otomatis mati.

Harga Husqvarna EE 5 dan KTM SX-E 5

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika meskipun kecil, namun motor ini sudah sangat siap dipakai balapan. Suspensinya sendiri pakai WP Suspension XACT air forks dengan travel 205 mm di depan dan 185 mm di belakang. Kemudian sistem pengeremannya sudah pakai disck brakeberdiameter 160 mm pada roda bagian depan dan belakangnya.

Husqvarna EE5 Spesifikasi

Ditujukan buat pembalap cilik dalam melatih skill

>>> Review DFSK Gelora E 2020: Mobil Listrik Serbaguna Pertama Di Kelasnya

Perihal harga, baik motor listrik Husqvarna maupun KTM ini dibanderol Rp 106.000.000 off the road. Harga itu juga belum termasuk alat charger dan juga baterai cadangan. Jika ingin paket lengkap beserta charger dan 1 unit baterai cadangan, maka harganya di kisaran Rp 140.000.000.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top