IIMS 2021: Ada Royal Enfield Himalayan Gemini T14 Rally Dakar

21/04/2021

Event - Promosi

5 menit

Royal Enfield Himalayan Gemini T14 yang terinspirasi dari motor reli dakar ini merupakan milik vlogger otomotif Den Dimas yang berkolaborasi dengan Thrive Motorcycles.

Indonesia International Motor Show (IIMS) selalu jadi kesempatan bagi para Agen Pemegang Merek (APM) untuk menghadirkan sesuatu yang istimewa. Tak terkecuali dengan Royal Enfield Indonesia yang di IIMS 2021 memamerkan Royal Enfield Himalayan Gemini T14 Rally Dakar.

Motor ini merupakan hasil kolaborasi antara Thrive Motorcycles bersama vlogger otomotif Den Dimas. Yang menarik, motor ini sebenarnya hasil modifikasi, tetapi dibangun dengan menggunakan teknik 3D-printing untuk menghasilkan cetakan bodi yang sangat presisi.

>>> IIMS 2021: 3 Motor Listrik NIU Sudah Bisa Dipesan, Harga Mulai Rp 23 Jutaan

Basisnya Royal Enfield Himalayan 2019

Royal Enfield Himalayan Gemini T14 IIMS 2021

Modifikasi Royal Enfield Himalayan yang unik

Adapun basic dari motor modifikasi ini adalah Royal Enfield Himalayan lansiran 2019 milik Den Dimas. Ia menunjuk Thrive Motorcycles untuk bisa menghadirkan sesuatu yang beda pada motornya. Namun Den Dimas ingin agar proses modifikasi itu tidak sampai memotong rangka bawaan Himalayan.

Alhasil, Thrive menciptakan ide untuk membuat dengan teknik 3D Printing sehingga tidak perlu membentuk dan membengkokkan lembaran logam. Proses pertama yang dilakukan adalah menopot panel bodi serta spatbor untuk kemudian dipindai demi proses olah digital.

"Kami lalu memasukkan sentuhan desain Dakar Rally untuk sepeda motor Den Dimas, karena kami yakin ini menjadi kombinasi sempurna dengan rangka pabrikan Royal Enfield. Setelah itu, kami mencetak panel depan baru dan menggabungkan panel bodi samping dengan spakbor belakang sebagai satu kesatuan,” kata Barata Dwiputra (Design & Fabrication), Co-founder Thrive Motorcycle melalui keterangan tertulisnya.

>>> Modifikasi McLaren 720S Pakai Bodykit 3D Printing Bertenaga 900 Hp

Terinspirasi dari Porsche 911 RS Rally Team Tahun 1984

Royal Enfield Himalayan Gemini T14 Den Dimas

Bodinya dicetak pakai 3D printed

>>> Review Citroen C3 R5 2019, Secanggih Versi WRC?

Barata lebih lanjut menuturkan, setelah rposes pencetakan bodi selesai maka ditambahkan juga beberapa elemen baru. Seperti lampu sein THRV terbaru, Footpegs THRV Odipus Mk 2, Stang Aluminium THRV Scrambler 7/8, Knalpot Stainless Kustom THRV, Sistem Kunci Kursi Cetak 3D, Brace Headlight 3D Printed, Tail tidy, Undertail Cover, dan Passenger Footstep Cover.

Sementara untuk livery yang ada di motor Himalayan Gemini T14 ini, ternyata Thrive terinspirasi dari Porsche 911 RS. Yaitu mobil edisi khusus yang dirancang oleh Porsche untuk Rothmans Rally Team untuk berlomba di musim 1984.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top