Huawei Luncurkan Petal Maps, Aplikasi Navigasi Digital Pesaing Google Maps

23/10/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Huawei Luncurkan Petal Maps, Aplikasi Navigasi Digital Pesaing Google Maps
Mengingat pengguna Huawei tak bisa menikmati layanan yang disediakan Google termasuk Google Maps, maka diluncurkanlah Petal Maps sebagai aplikasi navigasi peta digital.

Saat mengemudi dan ingin mendapat informasi terkait rute tercepat ke suatau tujuan demi menghindari kepadatan lalu lintas, satu diantaranya Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps. Namun sejumlah pengguna perangkat lansiran Huawei mengeluhkan tak bisa mengunduh dan menjalankan aplikasi peta digital dari Google tersebut akibat adanya perselisihan hukum antar kedua perusahaan itu.

Karenanya pabrikan perangkat elektronik asal Cina ini pun memberikan alternatif aplikasi lain untuk bisa digunakan para pelanggannya. Terutama para pengemudi yang membutuhkan navigasi digital saat berkendara. Aplikasi peta digital dari Huawei itu dinamakan Petal Maps dan diklaim memiliki kemampuan lebih baik dibanding aplikasi navigasi buatan Google.

>>> Google Maps Bisa Terhubung dengan Fitur Adaptive Cruise Control

Petunjuk Navigasinya Sederhana dan Tawarkan Mode 2D serta 3D

Huawei Petal Maps interface

Pada beberapa negara muncul informasi rute transportasi umum

Dikutip dari Autoevolution, Jumat (23/10/2020), Petal Maps memang dibuat sebagai kompetitor dari Google Maps. Ini karena sebagian besar perangkat Huawei tak bisa mengunduh dan memasang sejumlah aplikasi besutan Google. Tak heran kalau antarmuka dari Petal Maps menurut sejumlah pengamat teknologi dibuat mirip dengan peta dari Google. Mungkin ini untuk memudahkan penggunanya yang terbiasanya dengan Google Maps.

Aplikasi peta digital dari Huawei ini menampilkan navigasi kepada penggunanya untuk arah belokan demi belokan yang sederhana, sama seperti yang dilakukan Google Maps. Selain itu tampilannya juga bisa dalam bentuk 2D atau 3D, dan ada fitur line assist untuk memberikan peringatan kepada pengemudi untuk tetap berkendara di lajur yang aman.

Petal Maps juga tersedia dalam beberapa bahasa, seperti bahasa Inggris, Cina, Perancis, Spanyol, Jerman, dan Italia. Untuk negara dan kota-kota tertentu, dalam tampilan peta juga akan ditunjukkan arah bagi pejalan kaki serta rute jika ingin naik transportasi umum. Namun Huawei berjanji, kedepannya fitur ini akan berlaku untuk semua penggunanya diseluruh dunia.

>>> Ragam Aplikasi Otomotif Menarik Sebagai Tambahan Fitur Mobil

Privasi Pengguna Dijamin Lebih Aman

Petal Maps 3D

Banyak yang menilai tampilan aplikasi peta digital dari Huawei ini mirip Google Maps

>>> Review Jaguar XE 2015: Mengadaptasi Teknologi Luar Angkasa

Selanjutnya fitur yang juga penting dan sudah diaplikasikan pada peta digital dari Huawei ini adlaah air gesture. Fitur ini memungkinkan aplikasi dapat diakses tanpa harus menyentuh perangkat Huawei yang terpasang peta digital tersebut. Ini akan memudahkan saat pengguna sedang berada di balik kemudi sehingga konsentrasi tak berfokus untuk pengoperasian pada perangkat.

Kelebihan lainnya dari Petal Maps yang diklaim Huawei adalah adanya perlindungan privasi untuk para penggunanya. "Kami menghormati privasi pengguna. Mengenai data pribadi, data lokasi pengguna, akan dilindungi secara aman dengan E2EE (end-to-end encryption) dan tambahan teknologi perlindungan privasi canggih lainnya yang sduah kami siapkan," tulis keterangan resmi Huawei.

Perusahaan juga menyatakan kalau aplikasi peta digital ini sudah mulai tersedia di Huawei AppGallery dalam versi Beta. Namun yang versi full dengan fitur lengkap akan tersedia menyusul dengan pengumuman berikutnya.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top