Honda NT1100 Sedang Dipersiapkan, Pakai Mesin Africa Twin

09/02/2021

Event - Promosi

5 menit

Honda NT1100 diketahui sedang dipersiapkan, hal ini terkuak dari pengajuan paten desain yang diajukan Honda untuk motor touring tersebut. namun yang menarik, trnyata motor touring ini pakai rangka dan mesin dari Honda Africa Twin.

Honda NT1100 bakal jadi motor touring baru dari Honda. Hal itu diketahui saat pabrikan Jepang tersebut belum lama ini mendaftarkan nama NT1100 sebagai hak merk dagang terbaru mereka. NT sebenarnya bukan model baru bagi Honda, karena model ini terkenal sebagai motor touring legendaris produsen berlambang sayap mengepak tersebut.

Nama NT sudah digunakan Honda motorcycle selama 15 tahun sejak pertama kali diperkenalkan pada 1998 melalui NT650V Deauville. Resepnya sangat senderhana, yaitu menggunakan mesin yang kuat, durabilitasnya diakui, jinak untuk dipakai siapa pun, nyaman untuk dikendarai, dan dibungkus oleh desain cukup sporty.

>>> Tampilan Honda Forza 250 Makin Mewah, Kini Dibanderol Rp 83,81 Juta

Wujud Lain dari CRF Africa Twin?

Honda CB1000X

Paten desainnya sudah diajukan oleh Honda

Meskipun tipe NT diposisikan sebagai motor touring, namun nyatanya penjualan produk tersebut tidak terlalu sukses. Sehingga NT-Series harus dihentikan penjualannya di tahun 2013. Namun Honda kini tampaknya membuka kembali file lama mereka dan berniat membangunkan lagi NT-Series.

Dikutip dari Visordown, Selasa (09/02/2021), hal itu terkuak dari pengajuan merk dagang oleh Honda yang tertulis "NT1100". Namun yang menarik, diprediksi Honda NT1100 merupakan jelmaan lain dari CRF Africa Twin. Mengingat motor adventure Honda tersbeut sudah menjadi paket lengkap untuk menjadi motor dual purpose alias bisa onroad maupun offroad yang bisa dibawa kemanapun Anda ingin berpetualang. Ini sejalan dengan keinginan Honda yang akan menggunakan mesin yang tangguh pada NT-Series terbaru.

>>> Etika Membuka Pintu Mobil Agar Tidak Bikin Orang Celaka

Pakai Mesin dan Rangka Africa Twin

Desain Honda NT1100

Rangka dan mesinnya identik dengan CRF Africa Twin

>>> Review Mercedes-Benz GLB 2019: SUV Kompak Bergaya Petualang yang Elegan

Prediksi akan Honda NT1100 yang pakai jeroan Africa Twin terungkap dari gambar paten desain motor tersebut. Dari desain itu terlihat jelas motor ini pakai sistem kaki-kaki, rangka, dam mesin yang identik dengan kepunyaan Africa Twin. Sehingga rasanya NT1100 hanya akan menadi wujud lain Africa Twin namun dengan baju yang berbeda.

Kemudian dari gambar paten itu juga terungkap jika Honda tetap memakai gearbox DCT. Sehingga bisa dipastikan NT1100 juga akan hadir dengan memakai gearbox model ini. Namun untuk detil teknologi mesin lainnya masih belum bisa terungkap.

Banyak yang memprediksi Honda NT1100 akan lahir tahun ini, setidaknya di akhir 2021 atau awal 2022. Benarkah demikian? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top