Honda CBR600RR Tricolor Resmi Dijual, Harganya Rp 550 Juta

17/02/2021

Event - Promosi

5 menit

Honda CBR600RR Tricolor Resmi Dijual, Harganya Rp 550 Juta
AHM secara remsi merilis Honda CBR600RR Tricolor. Motor ini menjadi varian Tricolor kedua yang diperkenalkan Honda di Indonesia setelah CBR1000RR-R Fireblade.

Honda CBR60RR Tricolor menjadi varian terbaru dari Honda CBR600 yang ada di Indonesia. Motor ini secara resmi diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM), Selasa (16/02/2021). Dan nantinya Honda CBR600RR Tricolor akan dijual di jaringan dealer BigBike Honda.

Warna Tricolor dianggap merepresentasikan semangat dan pengaplikasian teknologi balap yang ada pada CBR600RR. Selain motor ini Honda CBR1000RR-R Fireblade juga hadir dengan varian Tricolor.

>>> Paten Motor Listrik Honda Terkuak, Pakai Basis CB125R

Bukan Sekedar Warna Baru

Honda CBR600RR Tricolor 2021 Front

Varian Tricolor kedua dari Honda CBR di Indonesia

Keiichi Yasuda, President Director mengatakan ada beberapa inovasi desain, teknologi dan fitur yang dikembangkan pada CBR600RR ini.

"Kami ingin mengajak Anda semua untuk merasakan kesenangan hidup terbaik dengan perpaduan sempurna dari kegembiraan, adrenalin, dan kepuasan berkendara dengan semangat balap yang dirasakan secara bersamaan saat berkendara," ujar Yasuda melalui keterangan tertulisnya.

Honda CBR600RR Tricolor memiliki desain fairing dengan headlight baru yang lebih agresif dengan minim area frontal untuk menghadirkan koefisien drag yang lebih kecil. Penyematan winglet dengan teknologi aerodonamis yang terinspirasi dari RC213V di MotoGP, secara efektif memberikan down force saat berakselerasi.

Honda CBR600RR Tricolor 2021 Rear

Desainnya direvisi untuk kenikmatan berkendara yang lebih baik

>>> Tips Pasang Baut Roda Aftermarket: Jangan Asal Murah atau Desain yang Menarik

Posisi dan desain tangki bahan bakar dibuat lebih rendah untuk memberikan area yang makin luas bagi pengendara saat menunduk guna meningkatkan aerodinamika. Di area belakang, model ini memiliki desain knalpot yang compact dengan posisi lubang knalpot yang terletak di tengah untuk memberikan kesan ramping sekaligus menjadi ciri khas CBR600RR.

Nyaman Buat di Trek atau Jalan Raya

Varian tricolor ini tetap menggunakan mesin yang sama dengan CBR600RR, yaitu mesin 599 cc DOHC 4 silinder dengan tenaga 121 PS pada 14.000 rpm dengan torsi 64 Nm di 11.500 rpm. Ada beberapa erubahan pada komponen mesin termasuk di antaranya desain camshaft dan crankshaft guna meningkatkan percepatan putaran, bentuk inlet port, memperbesar diameter throttle bore, optimalisasi ukuran pipa knalpot hingga ubahan pada pengaturan bukaan katup (valve timing).

Motor ini juga dilengkapi assist/slipper clutch, yang membuat pengoperasian tuas kopling semakin ringan. Lalu ada pula throttle by wire guna mendapatkan bukaan gas yang makin presisi, Inertial Measurment Unit (IMU), Honda Selectabe Torque Control (HSTC), dan Engine Control Unit (ECU).

Honda CBR600RR Tricolor Ride

Ada banyak fitur penunjang pengendalian yang lebih baik

>>> Review Honda Odyssey 2021: Kepraktisan Maksimal Khusus Pasar Jepang

Terdapat tiga mode berkendara yang memberikan kenyamanan dan sensasi berkendara yang tinggi, yakni Fast Riding, Fun Riding, dan Comfortable Riding. CBR600RR juga memberi opsi bagi pengendara untuk membuat mode berkendara sendiri sesuai karakter berkendaranya melalui dua slot yang dapat mengatur tenaga (5 level), HSTC (9 level+off), wheelie control (3 level+off), dan engine brake (3 level).

Untuk perangkat keselamatannya, Honda CBR600RR Tricolor menggunakan double disc brake 310mm plus ABS dengan kaliper 4 piston di roda depan. Sedangkan pada roda belakang dilengkapi rem cakram 220 mm berkaliper piston tungal plus ABS. Selain itu ada pula Honda Electronic Steering Damper (HESD) dengan tiga mode penyetelan (hard, medium, soft).

Motor ini siap dipesan melalui jarinagn delaer BigBike Honda yang ada di kota-kota besar di Indonesia dengan harag Rp 550.000.000 on the road Jakarta.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top