HM9-SV, Jam Tangan Seharga Ferrari Berdesain Mesin Mobil Retro

23/01/2021

Event - Promosi

5 menit

HM9-SV merupakan jam tangan buatan perusahaan Swiss yang memiliki desain seperti mesin mobil era tahun 1940-1950-an namun menggunakan material emas dan kristal safir. Selain itu jam tangan ini hanay dibuat 20 unit.

HM9-SV merupakan jam tangan yang unik namun harganya setara mobil sport. Memang untuk mendefinisikan menarik dari sebuah jam tangan terkadang sulit untuk ditentukan standar nilainya. Karena sering kali desain yang semakin unik dan semakin rumit proses pembuatannya, maka nilai dari jam tangan itu akan semakin mahal.

Misalnya yang belum lama ini diumukan oleh Maximilian Büsser and Friends (MB&F). Rumah desain jam tangan dari Swiss itu memperkenalkan model terbaru dari seri Horological Machine N°9 yang dinamakan HM9-SV (Sapphire Vision). Sebenarnya tipe jam tangan ini sudah diperkenalkan pada tahun 2018 dengan nama HM9 Flow, namun kini datang dengan desain yang lebih baru.

>>> Bugatti Chiron Tourbillon Jam Tangan Mewah Seharga Mobil Aslinya

Terinspirasi Desain Mesin Mobil Tahun 1940-1950-an

Jam Tangan HM9-SV

Desainnya menonjol sehingga bagian dalam jam bisa dilihat dari semua sisi

HM9-SV memiliki desain yang berbeda dari model Horological Machine N°9 sebelumnya dari MB&F. Secara garis besar, modelnya tetap pakai tema yang sama yakni terinspirasi desain mesin otomotif dari tahun 1940-1950-an. Namun Sapphire Vision ini menggunakan tambahan kristal safir.

Selain itu, bentuk desain mesin mobil retro pada HM9-SV juga kini dibuat lebih menonjol dan mungkin menjadi desain jam tangan yang dibuat seperti ini untuk pertama kalinya. Dengan desain yang lebih menonjol layaknya sebongkah mesin mobil secara utuh itu memungkinkan pengguna mendapat pandangan sangat jelas terhadap gerakan internal mekanisme jam dari semua sisi, bukan hanya dari bagian atas atau belakang layaknya jam tangan lain.

>>> Hati-Hati Wahai Pekerja, Kurang Waktu Tidur Membuat Resiko Kecelakaan Meningkat Dua Kali Lipat

Hanya Dibuat 20 Unit

HM9-SV MB&F

Materialnya terbuat dari emas dan dipoles agar lebih mengkilap

>>> Review BMW M4 Competition Individual 2019: BMW M4 Dibuat Lebih Bergaya

Selain tambahan kristal safir, hampir seluruh komponen pada jam tangan HM9-SV ini menggunakan material yang sangat berkualitas. Misalnya kerangka jam tersebut menggunakan emas putih atau emas merah yang diberi proteksi casing tambahan. Sementara permukaan luarnya memakai kaca anti gores.

Selain itu seluruh permukaan yang berupa sambungan juga diberi pelindung gasket karet. Ini demi menjaga HM9-SV bisa tahan air sampai kedalaman 30 meter. Bahkan MB&F mengklaim kalau para penyuka olah raga laut seperti para peselancar atau penyelam juga tidak perlu khawatir saat menggunakan jam tangan tersebut.

Supaya seluruh hasil unit jam tangan HM9-SV ini sangat presisi, untuk pembuatan satu unitnya saja butuh waktu sekitar 350 jam atau lebih dari 15 hari. Itu karena setiap komponen sebelum dirakit terlebih dulu dipoles supaya penampilannya terlihat lebih berkilau.

MB&F menawarkan empat model HM9-SV, yakni dua model menggunakan kerangka emas berwarna merah 18 karat dengan mesin berwarna hitam atau biru, serta dua lagi menggunakan rangka emas putih 18 karat dengan mesin warna merah atau ungu. Masing-masing model HM9-SV ini cuma diproduksi 5 unit, dan satu unitnya dibanderol USD 440.000 atau kira-kira Rp 6 miliar. Wah setara harga Ferrari bekas nih!

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top