Hebat, Suzuki Swift Jadi Model Pertama Peraih Penghargaan ICOTY Selama Tiga Generasi Berturut-Turut

25/12/2018

Event - Promosi
Share this post:
Hebat, Suzuki Swift Jadi Model Pertama Peraih Penghargaan ICOTY Selama Tiga Generasi Berturut-Turut
Kebanggaan besar diraih Maruti Suzuki India. Salah satu model andalannya, Suzuki Swift kembali meraih penghargaan Indian Car of the Year (ICOTY) 2019 sekaligus dinobatkan sebagai model pertama yang meraih penghargaan ICOTY selama tiga generasi berturut-turut.

Ajang penghargaan Indian Car of the Year (ICOTY) 2019 ke-14 yang digelar bulan Desember 2018 ini menorehkan catatan baru bagi Maruti Suzuki India setelah All New Suzuki Swift atau Suzuki Swift generasi ketiga masuk dalam daftar peraih penghargaan bergengsi tersebut. Torehan ini makin membanggakan sebab Suzuki Swift jadi model pertama di India yang berhasil meraih penghargaan serupa selama tiga generasi berturut-turut. Suzuki Swift generasi pertama memenangkan penghargaan ICOTY 2006, diikuti generasi kedua yang meraih penghargaan ICOTY 2012.

>>> Baca review Suzuki Swift 2017 di sini!

Foto All New Suzuki Swift tampak dari depan

All New Suzuki Swift meraih penghargaan ICOTY 2019

Bersaing dengan Honda Amaze, Honda CR-V, Hyundai Santro, Mahindra Alturas G4, Mahindra Marazzo, Toyota Yaris dan Suzuki Ertiga, All New Suzuki Swift sukses mendapatkan penilaian tertinggi dari tim dewan juri yang terdiri dari 11 majalah mobil dan 18 jurnalis otomotif di India yaitu Yogendra Pratap (Auto Today), Rahul Ghosh (Auto Today), Dhruv Behl (Auto X), Ishan Raghava (Auto X), Aspi Bhathena (Car India), Sarmad Kadri (Car India), Sirish Chandran (Evo India), Aninda Sardar (Evo India), Kartik Ware (Motoring World), Raunak Ajinkya (Motoring World), Abhay Verma (Overdrive),  Rohit Paradkar (Overdrive), Girish Karkera (Top Gear), Agasti Kaulgi (Top Gear), Muralidhar Swaminathan (The Hindu Business Line), Pablo Chaterji (Man’s World), Hani Musthafa (Flywheel) dan Vikrant Singh (CarWale).

Suzuki Swift memang sangat disukai warga India. Mobil ini masuk kategori hatchback premium dengan tampilannya yang sporty, performa luar biasa, mudah dalam perawatan serta ramah lingkungan. Dibekali mesin berkapasitas 1.200 cc tenaga yang dihasilkan maksimum 61 Kw (82 Hp) dan torsi maksimum 113 Nm.

>>> Di Jepang 5 Bintang, Uji Keselamatan Suzuki Swift Buatan India Hanya 2 Bintang

Foto Penghargaan Icoty 2019 untuk Suzuki Swift

Dari sisi penjualan, Suzuki Swift juga cukup luar biasa. Sejak diluncurkan tahun 2005 hingga November 2018 tercatat sebanyak dua juta unit telah terjual di pasar India. Ini berkebalikan dengan penjualan Suzuki Swift di pasar Indonesia dimana Swift gagal bersaing dengan model lain milik kompetitor. Sejak April 2017, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang jadi agen tunggal pemegang merek (APM) sekaligus distributor memilih menghentikan distribusi Suzuki Swift. Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda SIS bakal menjual lagi Suzuki Swift di Indonesia.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif baca di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top