Hasil Sprint Race F1 Italia 2021: Valtteri Bottas Jadi yang Tercepat

12/09/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Seri balap F1 Italia 2021 menjadi penyelenggaraan Sprint Race kedua dalam kalender musim ini. Valtteri Bottas berhasil jadi yang tercepat di kandang Ferrari.

Start dari urutan pertama, pebalap Mercedes-AMG Petronas, Valtteri Bottas berhasil menjadi yang tercepat pada sesi sprint race atau sprint qualifying ini. Verstappen menjadi yang tercepat kedua, disusul oleh Daniel Ricciardo di posisi ketiga.

Sebagai pengingat, seri balap dengan sprint race atau sprint qualfying terdiri dari sesi latihan, sesi kualifikasi untuk posisi grid pada sprint qualifying, dan balapan utama di akhir pekan yang posisi grid-nya ditentukan berdasarkan posisi finis sprint.

Gambar Valtteri Bottas

Setelah dipastikan hengkang dari Mercedes, Bottas justru bisa tampil tanpa beban

>>> Valtteri Bottas Resmi Bergabung Dengan Tim Alfa Romeo Musim Depan

Lewis Hamilton Finis di Luar Top 3

Valtteri Bottas tampil dominan dan sanggup melenggang di posisi terdepan selama sesi sprint berlangsung. Lewis Hamilton yang start dari posisi kedua melakukan kesalahan saat balapan dimulai yang membuatnya harus kehilangan beberapa posisi.

Max Verstappen juga tampil cukup baik sepanjang sesi sprint meski gagal mengejar Valtteri Bottas. Daniel Ricciardo finis di urutan ketiga meski jaraknya cukup jauh dari kedua pebalap tercepat di sirkuit yang kerap dijuluki 'The Temple of Speed'.

Gambar Daniel Ricciardo

Nampaknya ritme balap Daniel Ricciardo sudah mulai kembali

Performa Ricciardo sepanjang musim balap F1 2021 memang mengundang banyak kritik. Ia dianggap mengalami kemunduran meski bergabung dengan tim yang memiliki mobil lebih cepat dibanding Renault yang ia kendarai musim lalu. Nampaknya Ricciardo perlahan-lahan mulai bangkit dan bisa tampil maksimal di McLaren.

Sementara itu, rekan satu tim Ricciardo, Lando Norris finis di urutan keempat, diikuti Hamilton yang harus puas finis di urutan kelima. Sedangkan duo pebalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz finis di urutan keenam dan ketujuh.

Tentu para Tifosi berharap bahwa salah satu pebalap Ferrari bisa mengamankan podium di balapan utama, namun Ferrari SF21 yang dikendarai oleh Leclerc dan Sainz tidak sekompetitif Mercedes, Red Bull Racing, bahkan McLaren.

Gambar Charles Leclerc

Charles Leclerc jadi pebalap Ferrari terakhir yang bisa mengangkat trofi di hadapan para tifosi

>>> Mahal Banget! Segini Biaya Perbaikan Mobil Balap F1 Kalau Rusak

Tak sedikit yang memuji kedua pebalap Ferrari yang bisa tampil konsisten untuk bersaing di midfield sehingga sang kuda jingkrak bisa bertengger di posisi tiga klasemen konstruktor musim balap F1 2021.

Max Verstappen Pole Position

Meski Valtteri Bottas tampil sebagai yang tercepat dan berhasil mengemas tiga poin tambahan, sayangnya ia harus merelakan pole position Grand Prix Italia 2021 kepada Max Verstappen.

Pasalnya, Bottas mendapat penalti grid karena memakai mesin keempat yang artinya sudah melebihi batas bebas penalti. Dengan itu, otomatis Ricciardo juga naik posisi dan akan start dari posisi kedua.

Gambar Max Verstappen

Verstappen punya kesempatan untuk memperbesar jarak dari Hamilton di klasemen pebalap

Posisi start tersebut menjadi yang terbaik untuk tim McLaren selama 3 tahun terakhir. Fernano Alonso di tahun 2018 menjadi pebalap McLaren terakhir yang bisa start dari baris terdepan.

Pebalap lain yang patut diperhatikan di seri balap F1 Italia 2021 adalah Antonio Giovinazzi yang akan start dari urutan kedelapan. Selain sebagai pebalap tuan rumah, ia juga sedang berusaha keras agar bisa bertahan di Formula 1 di tahun depan.

>>> Istri Michael Schumacher Beberkan Kondisi Sang Legenda F1

Hingga saat ini, kontrak sang pebalap yang akan berakhir tahun depan masih belum diperpanjang oleh Alfa Romeo. Kabarnya, pabrikan asal Italia ini sudah bersiap-siap untuk mencari pengganti Giovinazzi.

Berikut hasil sprint qualifying F1 Italia 2021:

Gambar F1 Sprint Italia

Hasil Sprint Qualifying F1 Italia 2021

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top