Hasil Kualifikasi MotoGP Austria 2021: Jorge Martin Pole Position Lagi

15/08/2021

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Pebalap Pramac Racing Ducati, Jorge Martin sedang berada di atas angin. Setelah menjadi pole sitter di Styria, ia juga mengamankan grid pertama di GP Austria.

Jorge Martin yang berhasil menjuarai seri MotoGP Styria pekan lalu berharap untuk meneruskan hasil positifnya di Austria. Ia pun tampil konsisten di kualifikasi sejak awal sesi Q1 dan terus berada di posisi teratas.

Hingga sesi Q1 berakhir,  tidak ada rider lain yang mampu menyamai catatan waktu pebalap berusia 23 tahun ini. Padahal Jorge Martin kesulitan pada sesi Free Practice bahkan sempat mengalami crash.

Rossi Kembali Tak Bertaji

Banyak yang berharap Valentino Rossi yang akan pensiun di akhir musim MotoGP 2021 dapat memperbaiki performa balapnya sebagai kenang-kenangan yang manis bagi para penggemar setia The Doctor.

>>> Gara-gara Geber Motor, Maverick Vinales Dilarang Balap Oleh Yamaha

Gambar Valentino Rossi

Valentino Rossi belum bisa memberikan hasil positif bagi para penggemarnya di penghujung karier

Sayangnya, ia hanya sanggup menempati posisi ke-8 pada Q1, tertinggal 0,742 detik dari pebalap tercepat dalam sesi tersebut, Jorge Martin. Dengan hasil tersebut, Rossi harus puas untuk start di posisi 18 grid.

Pebalap KTM Tech 3, Miguel Oliveira yang mampu menggeser Alex Rins di menit-menit akhir Q1 akhirnya lolos ke Q2 untuk menemani The Martinator. Berikut hasil kualifikasi 1 (Q1) MotoGP Austria 2021:

Gambar Hasil Q1 MotoGP Austria

Hasil Q1 MotoGP Austria 2021

>>> Valentino Rossi Bakal Lanjut Balap GT3 Tahun Depan?

Quartararo Amankan P2

Lanjut ke sesi kualifikasi 2 (Q2), para pebalap langsung memacu motornya dari awal sesi. Jorge Martin tampil gemilang sepanjang kualifikasi dan memulai Q2 dengan menempati posisi 1.

Gambar Fabio Quartararo

Fabio Quartararo sempat pecahkan rekor lap Red Bull Racing sebelum dipatahkan kembali oleh Martin

Meski begitu, Fabio Quartararo yang saat ini menjadi pemimpin klasemen pebalap di musim MotoGP 2021 menggeser posisi Martin sekaligus memecahkan rekor lap Red Bull Ring dengan catatan waktu 1 menit 22,677 detik.

Martin dengan Desmosedici GP yang tunggangi tak tinggal diam, ia terus memperbaiki performanya dan berhasil mematahkan rekor dari Quartararo dengan catatan waktu 1 menit 22,643 detik di detik-detik terakhir sesi Q2.

Dengan lap tersebut, ia pun meraih pole position di Red Bull Ring disusul Fabio Quartararo di posisi 2, Francesco Bagnaia di posisi 3, dan Johann Zarco serta Marc Marquez yang menggenapkan posisi 5 teratas. Berikut hasil kualifikasi 2 (Q2) MotoGP Austria 2021:

Gambar Hasil Q2 MotoGP Austria

Hasil Q2 MotoGP Austria 2021

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top