Hasil Kualifikasi F1 Belgia: Max Verstappen Pole, Russell Tampil Apik

29/08/2021

Event - Promosi

4 menit

Share this post:
Hasil Kualifikasi F1 Belgia: Max Verstappen Pole, Russell Tampil Apik
Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen meraih pole position di sesi kualifikasi yang diwarnai hujan. George Russell tampil cemerlang dan mengalahkan Hamilton.

Sepanjang akhir pekan ini, cuaca Sirkuit Spa-Francorchamps memang sulit ditebak. Memasuki sesi kualifikasi pada hari Sabtu (28/8), sirkuit sepanjang 7.004 kilometer tersebut diguyur oleh hujan lebat yang membuat pebalap harus menanggung risiko cukup tinggi untuk mencatatkan lap cepat.

Terbukti hanya ada 1 pebalap yang konsisten mencatat waktu lap di bawah 2 menit selama kualifikasi, yaitu Max Verstappen yang akhirnya mengamankan pole position dengan mencetak waktu 1 menit 59,765 pada sesi kualifikasi ketiga (Q3).

George Russell Tampil Luar Biasa

Performa tim Williams Racing selama setengah musim balap ini memang jauh dari kata memuaskan. Namun pebalap muda mereka, George Russell akhirnya mulai menunjukkan alasan mengapa dirinya dijunjung tinggi sebagai calon juara di masa depan.

Gambar George Russell & Max Verstappen

Russell memberi selamat pada Verstappen yang mencatat waktu lebih baik dari dirinya

>>> George Russell Jalani Tes Pakai Mobil Mercedes, Pastikan Kepindahan?

George Russell berhasil mencatat waktu tercepat kedua di belakang Max Verstappen, mengalahkan sang juara dunia, Lewis Hamilton yang akan start dari posisi ketiga.

Catatan waktu 2 menit 86 milidetik milik Russell mengantar Williams ke baris terdepan untuk pertama kalinya di musim ini. Ini menjadi hasil positif bagi tim yang memasuki masa keterpurukan di tahun 2020.

Dengan hasil ini, Russell menuai banyak pujian dan keputusan tim Mercedes-AMG Petronas F1 yang terus menunda kepastian sang pebalap muda untuk menjadi rekan setim Lewis Hamilton pun mulai dipertanyakan.

Sesi Kualifikasi Penuh Risiko

Karena hujan deras menggenangi lintasan Spa-Francorchamps, sesi kualifikasi F1 Belgia 2021 sempat ditunda sekitar 12 menit. Begitu para pebalap diperbolehkan masuk ke lintasan, mereka memulai Q3 dengan menggunakan ban basah.

Gambar George Russell

Perjudian Williams berbuah manis saat Russell membayarnya dengan penampilan cemerlang

>>> Seri Balap F1 Jepang 2021 Dibatalkan, Akan Dipindah ke Amerika?

Namun, tim Williams Racing mengambil risiko dengan menggunakan ban intermediate untuk kedua pebalap mereka, George Russell dan Nicholas Latifi. Perjudian yang cukup besar mengingat aspal sirkuit masih sangat licin.

Namun, perjudian tersebut ternyata berhasil, Russell dan Latifi mampu mencetak waktu yang cukup cepat di awal sesi. Beberapa pebalap pun kembali ke pit untuk menggani ban basah mereka dengan ban intermediate.

Dengan kondisi trek yang licin, tim papan tengah maupun bawah pun punya kesempatan besar untuk bersaing dengan tim papan atas. Karena itu George Russell punya kesempatan besar untuk bertarung demi pole position dan membuktikan bahwa dirinya layak untuk mendapat mobil yang lebih kencang di musim depan.

Gambar Lando Norris

McLaren yang dikemudikan Norris terpeleset di tikungan Eau Rouge

Pebalap McLaren, Lando Norris mengalami crash cukup parah saat memacu mobilnya di tikungan Eau Rouge. Pebalap yang mulai konsisten menjujukkan hasil baik ini melintir saat menanjak di chicane dan menabrak dinding pembatas sirkuit hingga berputar beberapa kali di atas aspal yang licin.

Mobil berwarna oranye yang ia kendarai rusak parah, namun beruntung Norris tak mengalami cedera yang terlalu parah. Sebastian Vettel yang berada di belakangnya sempat berhenti untuk memastikan kondisi sang pebalap.

>>> F1 2020 dan Game Balap EA Kini Bisa Dimainkan Gratis di Xbox Game Pass

Crash Norris ini membuat marshall mengibarkan red flag dan sesi kualifikasi pun dihentikan cukup lama sampai lintasan dirasa sudah aman. Rekan setim Norris, Daniel Ricciardo diam-diam mulai terbiasa dengan mobil McLaren dan berhasil menyelesaikan sesi kualifikasi di urutan keempat.

Berikut hasil kualifikasi F1 Belgia 2021:

Gambar Hasil Kualifikasi F1 Belgia 2021

Hasil kualifikasi Grand Prix Belgia 2021

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top